7 Pelajaran Hidup yang dapat diambil dari Drakor Reply 1988

7 Pelajaran Hidup yang dapat diambil dari Drakor Reply 1988
info gambar utama

Reply 1988 merupakan salah satu drama Korea yang memiliki rating tinggi dan menjadi favorit banyak orang. Drama ini tayang pada tahun 2015 dengan pemainnya Lee Hye Ri, Park Bo Gum, Go Kyung Pyu, Ryu Jun Yeol, Lee Dong Hwi. Menceritakan kehidupan kelima sahabat yang tinggal di suatu komplek, keluarga mereka pun sudah mengenal baik satu sama lain. Dalam drama ini semua sudut pandang mempunyai bagiannya masing-masing di setiap episode "Reply 1988". Tak heran drama ini menjadi favorit banyak orang karna dalam setiap episode nya mengandung pelajaran hidup yang dapat kita ambil. Berikut penulis rangkum beberapa hal tersebut.

Baca juga: Demam K-Drama di Indonesia, Seperti Apa?

1. Saling Berbagi

Dari drama ini, kawan Gnfi pasti melihat para tetangga yang sering membagikan makanannya, mereka merasa jika satu orang membagikan makanan maka, ia pun harus membagikan makanan juga untuk bisa saling mencicipi makanan yang sudah dibuat oleh para Ibu-Ibu di Reply 1988 ini. Hal ini tentunya menjadi hal yang bisa kita tiru di masa sekarang, apalagi saat ini berbagi kepada tetangga jarang dilakukan.

2. Saling Menolong

Selain saling berbagi, 5 sekawan dan para keluarganya ini pun suka tolong menolong, mereka merasa semua yang tinggal di komplek itu merupakan keluarga, yang tentunya jika ada kesulitan harus dibantu. Salah satunya saat Keluarga Jung Hwan (Ryu Jun Yeol) yang sering memberi makanan bantuan kepada keluarga Deok Sun (Hye Ri).

Caption : Jung Hwa dan Deok Sun
info gambar

3.Persahabatan yang sejati

Kelima sekawan ini tidak dapat dipisahkan, semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Deok Sun merupakan satu-satunya perempuan yang dikenal selalu ceria dan sangat peduli, Jung Hwan yang dikenal cuek, Choi Taek yang polos namun cerdas dan berprestasi, Sun Woo penyayang dan pintar, terakhir Dong Ryeong yang hobi tidur dan usil. Meskipun kelima orang ini mempunyai perbedaan sifat dan perilaku, hal ini tidak memisahkan mereka, justru dari perbedaan tersebut persahabatan mereka begitu berwarna dan saling melengkapi satu sama lain.

4. Jatuh Cinta sama Sahabat Sendiri

Sepertinya perkataan perempuan tidak bisa berteman dengan laki-laki itu benar adanya, karna di Reply 1988 ini Jung Hwan menyukai Deok Sun, Jung Hwan yang cuek berusaha untuk tidak memperlihatkan rasa sukanya kepada Deok Sun, ia takut persahabatan mereka hancur karna rasa suka yang timbul. Di sisi lain, ternyata Choi Taek pun menyukai Deok Sun, berbeda dengan Jung Hwan ia memperlihatkan rasa sukanya terhadap Deok Sun. Dari hal ini, pelajaran yang dapat diambil adalah jangan sampai kita terjebak perasaan dengan sahabat sendiri, jika memang timbul rasa suka makan sebaiknya katakan, jangan sampai menyesal seperti Jung Hwan, ya, Kawan GNFI.

Baca juga: 3 Drama Netflix tentang Kedokteran, Ada yang Menjadi Favoritmu?

5. Menjadi Ibu Bukanlah hal yang mudah

Dalam drama ini, memperlihatkan betapa pentingnya peran seorang Ibu, Ibunya Sun Woo yang harus mencari pekerjaan agar bisa memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya, Ibunya Deok Sun dan Jung Hwan yang selalu memprioritaskan keluarganya. Saat Jung Hwan, kakak dan ayahnya ditinggal oleh Ibunya sementara keluar pun memperlihatkan bahwa tanpa ada Ibunya di rumah maka rumah pun akan terbengkalai dan berantakan. Dari hal ini kita harus menyadari bahwa menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah, harus mengurus kebutuhan rumah tangga dan memastikan semua keadaan anggota keluarga baik-baik saja. Oleh karna itu, mari kita hargai benar-benar perjuangan seorang Ibu.

6. Orang tua yang selalu mengutamakan anak

Orang tua selalu mengutamakan anaknya, hal ini tergambar dari kisah ayahnya Choi Taek yang terlihat kaku namun sebenarnya sangat peduli terhadap Taek. Ia benar-benar ingin melihat Taek hidup dengan baik dan tidak memaksakan diri. Ayahnya seringkali khawatir saat Taek harus meminum obat terus menerus agar bisa fokus berlatih baduk. Dari sini dapat kita lihat bahwa orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya, orang tua tidak ingin melihat anaknya kesulitan apalagi sampai sakit. Mereka akan selalu menjadi rumah kita dalam keadaan apapun.

7. Jalan yang ditempuh setiap orang berbeda-beda

Kelima sahabat ini mempunyai jalan hidup yang berbeda-beda, ada Deok Sun yang akhirnya menjadi pramugari, ada Jung Hwan yang menjadi tentara, Choi Taek menjadi pemain baduk internasional. Jadi, Kawan GNFI jangan pernah takut tidak menjadi apapun, setiap orang mempunyai jalan dan timingnya masing-masing, usaha dan berdoa dengan maksimal agar Kawan GNFI bisa mencapai mimpi yang diinginkan.

Dari 7 hal diatas, Kawan GNFI bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tetap semangat menjadi pribadi yang lebih baik.

Referensi:
en.wikipedia.org/wiki/reply_1988

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

SN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini