Intip Puncak Peringatan 68 Tahun Konferensi Asia-Afrika, Ada Kegiatan untuk Publik!

Intip Puncak Peringatan 68 Tahun Konferensi Asia-Afrika, Ada Kegiatan untuk Publik!
info gambar utama

Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri, bekerja sama dengan Museum KAA Direktorat Diplomasi Publik menggelar rangkaian kegiatan Puncak Kegiatan 68 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 17-18 April 2023 di Kompleks Gedung Merdeka Bandung dan Hotel Savoy Homann.

Peringatan 68 Tahun KAA kali ini membawakan tema besar “Road to 2025: Towards Stronger Asia-Africa”. Acara Jamuan Teh Petang yang menjadi pembuka kegiatan telah digelar pada tanggal 17 April 2023.

Mengutip laman resmi Kementerian Luar Negeri, Jamuan teh ini berkonsep iftar, serta menyajikan sejumlah pertunjukan seni budaya sebagaimana yang ditampilkan pada saat pelaksanaan KAA 1955.

Kemudian pada hari ini, Selasa (18/4/2023), acara dilanjutkan dengan Upacara Pengibaran 109 Bendera Negara-negara Peserta KTT Asia Afrika dan 1 Bendera PBB. Bendera yang dikibarkan ini juga merujuk pada perhelatan KAA 1955.

Pengibarannya sendiri melibatkan lebih dari 400 anggota Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung. Seperti diketahui, keterlibatan kelompok pramuka ini merupakan kali kedua dalam tradisi pengibaran bendera di Museum KAA pasca pandemi.

Bendera-bendera negara-negara peserta KTT Asia Afrika ini akan dikibarkan di area Kompleks Gedung Merdeka Bandung selama dua pekan, yakni hingga Minggu (30/4/2023). Untuk selanjutnya, bendera akan diturunkan kembali oleh Anggota Pramuka.

Adapun sejumlah pejabat diplomatik dari Perwakilan Negara Asing di Indonesia yang hadir, antara lain Duta Besar Sri Lanka, Duta Besar Nigeria, Duta Besar Afrika Selatan, Duta Besar Tunisia, Duta Besar Yordania, Wakil Duta Besar Iraq, Counsellor Kedubes Arab Saudi, Counsellor Kedubes Thailand, serta Sekretaris Kedua Kedubes Malaysia.

Acara pengibaran bendera tersebut juga mengundang kehadiran Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, beserta unsur-unsur pejabat publik terkait.

Turut hadir pula dalam acara ini, Perwakilan Pejabat Pratama dari Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik serta Direktorat Jenderal Asia , Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri RI.

Rangkaian kegiatan Puncak Peringatan KAA ini dapat disaksikan publik secara daring melalui platform Zoom dan kanal YouTube resmi Museum KAA @AsiAfricaMuseum.

Selain acara yang bersifat resmi, dalam perhelatan 68 Tahun KAA kali ini, juga diselenggarakan berbagai kegiatan publik yang akan berlangsung hingga Juli 2023. Beberapa kegiatan tersebut di antaranya Asian-African Conference Model, Jelajah Malam Museum KAA, serta Bandung Historical Study Games.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini