Solo dan Misinya untuk Jadi Pusat Tari Dunia

Solo dan Misinya untuk Jadi Pusat Tari Dunia
info gambar utama

Kota Solo kini punya sebuah misi penting, yakni menjadi pusat tari dunia. Akankah misi itu dijalankan dengan sukses?

Sebuah acara menarik tersaji pada akhir April 2023 lalu. Pada Sabtu (29/4), diadakan Solo Menari yang menghadirkan pentas seni di hadapan masyarakat Solo yang mengambil tempat di berbagai titik seperti Pasar Triwindu, Pasar Gede, hingga Balai Kota Surakarta.

Solo Menari merupakan acara tahunan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Tari Sedunia. Acara ini juga menjadi bagian dari Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pentas Tari Massal Bedhayan Naradipta menjadi pembuka Solo Menari 2023. Lalu, dilaksanakan kirab gunungan dari Pura Mangkunegaran menuju Koridor Ngarsapura. Kemudian serangkaian pentas tari lanjutan pun digelar di lokasi-lokasi berbeda.

Ada ratusan penari yang ikut serta dalam Solo Menari. Acara ini pun sukses besar dan memberikan dampak positif bagi pariwisata Solo. Kunjungan ke Solo mengalami peningkatan karena daya tarik acara ini.

"Minimal ini jadi perhatian bagi kementerian. Efeknya bagi ekonomi jelas, Solo Menari terpromosikan di tingkat pusat. Ke depan banyak penari yang datang ke Solo," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta Aryo Widyandoko seperti dilansir ANTARA.

Kini, Solo pun punya misi ambisius, yakni menjadi pusat tari Indonesia, bahkan dunia. Aryo Widyandoko menjelaskan jika misi ini akan menghasilkan peningkatan kepada ekonomi lokal.

Tari Maena dari “Ono Niha”, Tarian Sederhana Diiringi Syair Pantun Kaya Makna

Diapresiasi Menparekraf

Solo Menari 2023 yang berjalan lancar dan berdampak positif menuai apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Apresiasi datang karena konsep acara ini bisa dibilang unik dan berbeda dari yang lainnya.

"Saya ucapkan selamat pada Solo Menari. Ini idenya sangat tidak biasa karena sangat berbeda dari yang lain dengan menjadikan Pasar Gede sebagai lokasi acara," ujar Sandiaga.

"Jadi lokasi acaranya tidak pernah terpikir sebelumnya. Yang biasa selalu di gedung pertemuan, tapi ini di pasar. Jadi kita bisa dengar langsung apa yang dibutuhkan masyarakat, sekaligus melihat langsung kegembiraan masyarakat yang mendapatkan hiburan yang ditampilkan di depan mereka," lanjutnya.

Oleh karena itu, Sandiaga pun berharap Solo Menari 2023 bisa membuka lapangan kerja baru di Solo. Ujungnya, ekonomi pun turut bertumbuh.

Cepetan Alas, Tari Rakyat dari Kebumen yang Tercipta dari Penderitaan Penjajahan



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini