Yuk, Mengenal Istilah Asing dalam Dunia Teknologi!

Yuk, Mengenal Istilah Asing dalam Dunia Teknologi!
info gambar utama

Milenial dan teknologi memberi kesan tentang dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Milenial begitu identik dengan perkembangan teknologi dan teknologi juga begitu identik dengan milenial, terutama media sosial. Adanya peningkatan terhadap penggunaan teknologi secara komprehensif ini telah membentuk budaya dialektika baru di kalangan masyarakat. Budaya membaca dan menulis sudah beralih menjadi komunikasi digital di tengah-tengah masyarakat saat ini. IPTEK kemudian merupakan fenomena yang tidak dapat terpisahkan dari kondisi masyarakat saat ini. Hampir semua kebutuhan sehari-hari terlibat dalam proses teknologi, mulai dari pendidikan, pekerjaan, infrastruktur, dan penyebaran informasi.

Secara harfiah, teknologi adalah kemampuan teknik yang berlandaskan pengetahuan pengetahuan ilmu eksakta, yang berdasarkan proses teknis. Dan, di dalam teknologi itu sendiri, terdapat banyak topik yang perlu Kawan ketahui juga sebagai berikut ini!

Baca juga: Mengenal Chat GPT, Ketahui Manfaat dan Etika Penggunaannya!

Internet of Things (IoT)

Internet of Things, atau IoT, adalah sistem perangkat komputasi yang saling terkait, mesin mekanik dan digital, objek, hewan, atau manusia yang dilengkapi dengan pengidentifikasi unik (UID) dan kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia dengan komputer.

Dilansir dari techtarget.com, Internet of Things dapat berupa seseorang dengan implan monitor jantung, hewan ternak dengan transponder biochip, mobil yang memiliki sensor bawaan untuk mengingatkan pengemudi ketika tekanan ban rendah atau objek yang dapat diberi alamat Protokol Internet (IP).

Adapun, Internet of Things sendiri berguna dalam membantu orang hidup dan bekerja lebih praktis. Internet of Things juga sangat penting dalam bisnis, untuk membantu sistem mereka dan kinerja pasokan serta operasi logistik.

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI)

Secara sederhana, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) adalah bidang yang menggabungkan ilmu komputer dan kumpulan data yang kuat, untuk memungkinkan pemecahan masalah. Dilansir dari ibm.com, juga mencakup subbidang pembelajaran mesin dan pembelajaran mendalam, yang sering disebutkan bersamaan dengan kecerdasan buatan. Disiplin ini terdiri dari algoritme AI yang berupaya membuat sistem pakar yang membuat prediksi atau klasifikasi berdasarkan data masukan.

AI adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar dan bertindak seperti manusia. Baru-baru ini, ada ChatGPT misalnya yang lagi ramai dibincangkan. Sama seperti Internet of Things, AI juga digunakan dalam berbagai bidang, seperti perbankan, kesehatan, transportasi, dan industri.

ChatGPT | Foto: swa.co.id
info gambar

Teknologi Blockchain

Blockchain juga dapat didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang berfokus pada penggunaan terbaik dari teknologi komputasi. Menurut dailysocial.id, tujuannya adalah untuk membuat kumpulan grup atau, seperti namanya, blockchain, serangkaian blok yang terhubung satu sama lain. Kumpulan blok atau catatan data ini kemudian diamankan dan ditautkan menggunakan prinsip kriptografi.

Adapun, prinsip teknologi blockchain juga mencakup prinsip transparansi karena blockchain bersifat transparan. Sifat ini berarti bahwa semua yang terkandung dalam blockchain dapat dilihat oleh orang lain, yang secara kolektif bertanggung jawab atas pengoperasian setiap tindakan mereka. Selain itu, teknologi blockchain juga bebas dari biaya transaksi, salah satunya adalah bebas dari biaya infrastruktur.

Baca juga: Kawa Daun Khas Sumatra Barat, Minuman Olahan Tanaman Kopi yang Bukan Kopi

Teknologi 5G

Teknologi ini adalah generasi terbaru dari teknologi jaringan seluler yang menawarkan kecepatan internet yang jauh lebih cepat dan lebih andal. 5G jauh lebih cepat dan lebih andal daripada jaringan 4G yang populer saat ini dan berpotensi mengubah cara kita menggunakan internet untuk mengakses aplikasi, jejaring sosial, dan informasi. Misalnya, teknologi seperti mobil berkemudi otomatis, aplikasi game canggih, dan media streaming langsung yang membutuhkan koneksi data berkecepatan tinggi yang sangat andal akan mendapat manfaat besar dari konektivitas 5G.

Permintaan yang sangat tinggi terhadap teknologi 5G ini juga menandakan betapa pentingnya 5G dalam perkembangan teknologi saat ini. Pada saat yang sama, dilansir dari aws.amazon.com, dengan kecepatan tinggi, kapasitas besar, dan latensi rendah, 5G dapat membantu mendukung dan menskalakan beberapa aplikasi seperti kontrol lalu lintas yang terhubung ke cloud, pengiriman drone, obrolan video, dan game berkualitas konsol saat bepergian. Manfaat dan aplikasi 5G juga sangat beragam, mulai dari pembayaran global dan tanggap darurat hingga pendidikan jarak jauh dan tenaga kerja seluler. 5G memiliki potensi untuk mengubah dunia kerja, ekonomi global, dan kehidupan masyarakat

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini