Manfaat Muesli, Makanan Sehat Tinggi Nutrisi

Manfaat Muesli, Makanan Sehat Tinggi Nutrisi
info gambar utama

Muesli merupakan salah satu santapan yang diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Melansir dari WebMD, muesli merupakan sarapan dengan kandungan gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering. Umumnya, muesli disajikan di pagi hari sebagai sarapan. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya memberi beberapa khasiat, antara lain menyehatkan pencernaan, menjaga rasa kenyang, hingga membantu menjaga kesehatan jantung.

Nah, muesli ini bisa menjadi alternatif Kawan untuk tidak meninggalkan sarapan. Sarapan itu baik untuk support kesehatan tubuh yang berdampak pada efektivitas beraktivitas. Berikut adalah manfaat dari sarapan, seperti peningkatan memori, keterampilan memecahkan masalah yang lebih baik, suasana hati membaik, meningkatkan alarm kewaspadaan, meningkatan konsentrasi.

Sejarah Muesli

Mengutip informasi dari House of Switzerland, muesli pertama kali dikembangkan tahun 1900 oleh dokter berkebangsaan Swiss bernama Maximilian Oskar Bircher-Benne. Muesli sendiri disajikan sebagai makan malam yang memiliki sifat mudah dicerna (Lebendige Kraft).

Baca juga: Pendidikan Seks Usia Dini Bantu Antisipasi Disforia Gender

Selain itu, muesli ini dimanfaatkan sebagai treatment pengobatan penyakit kuning yang dialami Maximilian Oskar Bircher-Benne. Konon, Bircher-Benne juga memanfaatkan muesli untuk terapi penyembuhan masalah perut yang dialami pasiennya. Hal ini ia yakini bahwa makanan yang dimasak dan diproses dengan berbagai tahap menjadikan makanan tersedbut berkurang gizinya (tidak sehat).

Manfaat Kandungan Bahan pada Muesli

Muesli Foto: Pixabay
info gambar

Muesli kaya akan berbagai nutrisi yang berasal dari komponen bahan yang ada di dalamnya, antara lain:

1. Oat

Oat yaitu bahan makanan dengan serat larut yang disebut beta-glucan. Beta-glucan membantu memperlambat pencernaan, menjaga rasa kenyang, dan mengurangi nafsu makan. Oatmeal kaya akan serat, fosfor, tiamin, magnesium, dan seng.

Konsumi serat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, membantu mengontrol kadar gula darah, membantu mempertahankan berat badan yang sehat, membantu mencegah segala jenis kanker, membantu mencegah penyakit jantung, menormalisasi gerakan usus , dan menurunkan risiko kanker usus besar.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber dari lemak tak jenuh (lemak baik) yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Kacang juga mengandung serat, asam lemak omega-3, vitamin E (mencegah penumpukan plak di arteri), l-arginin (memperbaiki kondisi dinding arteri), sterol tanaman (membantu menurunkan kolesterol).

Baca juga: Asia Pasifik Jadi 'Benteng' Kuat Tiktok Hadapi Ancaman Larangan Barat

Beberapa manfaat konsumsi kacang, seperti menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, berpotensi mengurangi peradangan berkaitan dengan penyakit jantung, menurunkan risiko mengalami pembekuan darah, dan masih banyak lagi.

Resep Olahan Muesli

Resep Muesli Foto: Pixabay/ 27707
info gambar

Resep pertama dari laman Minimalist Bakery,yaitu Toasted Pumpkin Muesli atau Muesli labu panggang.

Bahan:
1 1/2 cangkir gandum gulung (bebas gluten untuk pemakan GF)
1/2 cangkir biji labu mentah
1/2 cangkir almond mentah (atau pecan)
1/2 cangkir biji bunga matahari mentah
3 sdm biji rami
2 sdm biji chia (opsional)
1/4 cangkir buah kering (opsional // Saya suka ceri, stroberi, & blueberry)
1/2 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt bumbu pai labu

Bahan pilihan:
susu kacang
Buah (saya suka pisang)
Gula kelapa atau sirup maple

Baca juga: Budaya "Ojigi" di Jepang dan Membungkuk di Korea, Begini Maknanya

Langkah:

  • Panaskan oven dengan suhu 162 derajar selsius.
  • Atur oat, biji labu, almond, dan biji bunga matahari di atas loyang dan sebarkan ke lapisan yang rata. Jika ada kacang atau biji yang sudah dipanggang, jangan tambahkan ke dalam wajan dan simpan untuk ditambahkan nanti.
  • Panggang selama 10-15 menit atau sampai terpanggang ringan dan berwarna cokelat keemasan, aduk sekali di tengah jalan.
  • Keluarkan dari oven dan agak dingin. Kemudian tambahkan ke mangkuk besar.
  • Tambahkan semua bahan yang tersisa: biji rami, biji chia (opsional), buah kering (opsional), kayu manis, dan bumbu pai labu. Aduk untuk menggabungkan.
  • Sajikan muesli dengan susu bebas susu atau yogurt. Buah segar sangat cocok dengan muesli ini karena tidak ada pemanis tambahan.
  • Untuk lebih melembutkan oat, panaskan susu sebelum ditambahkan ke muesli.
  • Cara lainnya, tutupi dengan susu pilihan bebas susu dan biarkan meresap selama 30 menit pada suhu kamar atau tutupi kulkas semalaman.

Resep kedua dari laman Epicuriousyaitu Fruit and Oat Muesli atau Buah dan Oat Muesli.

Bahan:
1 1/4 cangkir oat masak cepat
2/3 cangkir susu rendah lemak (2%)
2/3 cangkir yogurt rendah lemak
1 sendok teh ekstrak vanila
2/3 cangkir jus jeruk segar
1/4 cangkir madu
1 1/2 cangkir apel kupas kulit merah parut (sekitar 2 ukuran sedang)
1 cangkir almond mentah cincang
3 cangkir buah segar cincang (seperti apel, pir, dan jeruk kupas)

Langkah:

  • Campurkan 4 bahan pertama dalam mangkuk besar.
  • Diamkan 5 menit untuk melunakkan oat.
  • Kocok jus jeruk dan madu dalam mangkuk sedang.
  • Aduk apel parut dan almond, lalu 3 cangkir buah cincang.
  • Aduk campuran buah ke dalam campuran oat.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini