Juara Umum ASEAN Para Games 2023, Indonesia Berhasil Cetak Sejarah dan Penuhi Target

Juara Umum ASEAN Para Games 2023, Indonesia Berhasil Cetak Sejarah dan Penuhi Target
info gambar utama

Indonesia menuntaskan ASEAN Para Games 2023 dengan menjadi juara umum. Sejarah pun tercipta dan target berhasil dilampaui.

ASEAN Para Games 2023 telah resmi berakhir pada Jumat (9/6/2023). Dengan demikian, tuntas sudah rangkaian pertandingan dari 14 cabang olahraga yang diikuti oleh 1453 atlet dari 11 negara partisipan yang berlaga di Phnom Phenh, Kamboja.

Hasilnya, Indonesia yang turun di 12 cabang olahraga berhasil menjadi juara umum. Indonesia tercatat mendapat 159 medali emas, 148 perak, dan 94 perunggu.

Tour de Bencoolen 2024: Memperingati 2 Abad Traktat London Lewat Balap Sepeda

Sejarah Tercipta, Target Terpenuhi

Pencapaian Indonesia dalam hal raihan medali di ASEAN Para Games 2023 menjadi torehan sejarah baru. Pertama, dengan ini Indonesia berhasil menjadi juara umum ASEAN Para Games tiga kali secara beruntun. Tercatat, Indonesia sebelumnya juga menjadi juara umum di di ASEAN Para Games edisi 2024, 2017, dan 2022.

"Kita sangat bersyukur ini merupakan kebanggaan bahwa, hari ini sudah bisa dipastikan bahwa Indonesia mendapatkan predikat juara umum Asean Para Games 2023 Kamboja, dan ini yang ketiga kalinya berturut-turut," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Kedua, raihan emas Indonesia kali ini adalah yang terbanyak sepanjang partisipasi Indonesia ASEAN Para Games 2023 saat tidak menjadi tuan rumah. Ini mendapat apresiasi dari Menpora bahkan sudah sejak ASEAN Para Games 2023 belum berakhir.

"Yang paling spesial adalah perolehan medali emas kita yang terbanyak. Jumlah emas yang didapat adalah tebanyak sepanjang keikutsertaan Indonesia di Asean Para Games di luar sebagai tuan rumah," kata Dito sehari sebelum penutupan.

Indonesia juga berhasil memenuhi target yang dipasang. Target tersebut adalah yakni menjadi juara umum dengan raihan medali mininal 121 emas, 92 perak, dan 84 perunggu.

Kesuksesan ini hadir tidak hanya berkat para atlet, namun juga berbagai pihak yang turut memberi dukungan. Menpora pun menyampaikan terima kasih kepada suporter dan sponsor yang telah mendukung perjuangan atlet-atlet disabilitas Tanah Air di ASEAN Para Games 2023.

Hal senada disampaikan Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun. Ia bersyukur dan berterimakasih kepada semua pihak atas capaian ini.

"Dengan izin Tuhan, Alhamdulillah Indonesia resmi menjadi juara umum ASEAN Para Games di Kamboja. Hasil ini untuk masyarakat Indonesia. Terima kasih atas kerja keras atlet, pelatih, official dan semua pihak yang terlibat membawa Indonesia juara umum. Kita selalu berusaha mempertahankan gelar juara ini. Mudah-mudahan dengan kerja keras kita bisa meraih prestasi lagi di Thailand," kata Senny Marbun.

Pratama Arhan dan Lemparan Saktinya yang Berbuah Torehan Apik di Sepak Bola Jepang





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini