Cara Berinteraksi Dengan Orang Yang Baru Kita Temui

Cara Berinteraksi Dengan Orang Yang Baru Kita Temui
info gambar utama

Dalam berinteraksi kadang memerlukan keterampilan tersendiri agar komunikasi berlangsung akrab, interaktif dan dua arah. ketika berinteraksi juga tidak terbatas pada ucapan, tetapi mencakup perasaan dan keadaan.

dalam melakukan Komunikasi terkadang lebih sulit jika dilakukan dengan orang yang baru saja kita kenal. Kita cenderung canggung dan tidak berani membuka topik obrolan. Bahkan, percakapan menjadi kurang menarik . Berinteraksi dengan orang baru tidak seperti berbicara dengan orang yang sudah kita kenal. Ada batasan dan etika dalam memulai percakapan.

Berikut tips sederhana untuk berinteraksi dengan orang yang baru kita kenal!

1. Pasang Ekspresi Ramah, Antusias, dan Senyum

Dalam melakukan perbincangan dengan orang yang baru kita kenal, menunjukan ekspresi wajah yang excited akan memunculkan impressi yang baik, menunjukkan bahwa kita sangat antusias saat berbicara dengan orang yang baru di kenal, sangat penting untuk memunculkan kesan pertama yang baik terhadap kita, jangan sampai terlihat jutek dan memberikan ekpresi yang buruk. Kemudian kita bisa tersenyum sedikit ketika hendak berbicara dengan orang lain, karena akan mencerminkan kalau kita orang yang ramah dan asyik.

2. Basa-Basi Tentang Kondisi yang Sedang Dialami

kita harus memanfaatkan situasi untuk membuat topik pembicaran kepada orang yang ingin kita ajak berinteraksi. Misalkan orang tersebut terlihat kerepotan dan kesulitan, kita bisa bertanya tentang kesulitannya dan menawarkan bantuan. Selesai membantunya, biasanya akan terjadi komunikasi antara kita dan orang tersebut, entah hanya sekedar basa basi menanyakan nama dan lain-lain. Pada tahap ini, kamu bisa menanyakan hal yang membuatnya repot. Mungkin kamu juga bisa basa-basi tentang hal yang sempat kamu alami dan hal yang membuatmu kesulitan.

10 Startup dengan Pelopor Anak Muda Indonesia

3. Ajukan Pertanyaan yang Menarik

Sekali lagi, pertanyaan memiliki peran besar dalam sebuah komunikasi dan interaksi. Bahkan, kita mungkin akan kesulitan berinteraksi dengan siapapun tanpa mengajukan pertanyaa. akan tetapi penting untuk memastikan bahwa kita mengajukan pertanyaan yang sangat menarik untuk membuka obrolan, pertanyaan menarik bisa sesuai dengan hobi, atau mengenai hal-hal baru atau sedang terjadi.

4. Fokus Pada Topik Pembicaraan

Dalam melakukan komunikasi dengan orang baru, kita harus fokus dengan arah pembicaraan kita, fokus saat mengobrol akan membuat kita akan lebih natural dalam mengembangkan topik obrolan. fokus mengobrol juga sebagai bukti bahwa kita menghargai lawan bicara. Upaya yang bisa di lakukan untuk membuat kita tetap fokus ketika mengobrol ialah dengan tidak bermain ponsel, ketika mengobrol kita harus menatap mata lawan bicara sebagai tanda bahwa kita benar-benar mendengarkan cerita orang tersebut.

5. Dengarkan Jawaban Mereka Secara Tanggap

Jika kita benar-benar tertarik untuk mengenal dan berinteraksi dengan seseorang, kita tidak bisa hanya dengan bertanya kepada mereka. kita juga harus memperhatikan jawaban mereka. kita dapat menggunakan keterampilan mendengarkan aktif untuk menunjukkan kepada lawan bicara kitac bahwa kita memiliki minat sungguh-sungguh pada apa yang mereka katakan.

Mendengarkan aktif berarti kita berpartisipasi dalam percakapan bahkan ketika kita tidak berbicara. Bagaimana cara melakukannya. Cobalah mendengarkan secara aktif dab seksama dengan melakukan kontak mata, berbalik atau condong ke arah orang yang berbicara, mengangguk atau membuat suara menegaskan saat mendengarkan, menunggu untuk berbicara sampai mereka selesai, menyatakan kembali atau berempati dengan apa yang mereka katakan.

6. Membicarakan Tentang Dirimu Sendiri

Pada dasarnya, ketika memulai percakapan degan orang baru kita memiliki niat untuk memperluas pertemanan, untuk merealisasikan hal itu cobalah dengan banyak memperkenalkan diri sendiri dan berbagi hal tentang kita. Hal ini dapat membantu lawan bicara merasa lebih nyaman karena bisa mengenal kita dengan lebih baik.

Impian Putri Ariani Asah Bakat di The Juilliard School New York Segera Terkabul

7. Berikan Pujian Kepada Lawan Bicara

Memuji seseorang adalah salah satu tips yang sangat efektif dan paling baik untuk membuat mereka menyukai kita, akan tetapi kita harus membuat pujian tersebut terdengar tulus dan natural, pujian yang tulus dapat membantu kita mengenal seseorang dengan lebih baik. pujian pun akan menjadi bentuk apresiasi kita terhadap orang yang sedang kita ajak berbicara.

Referensi: Yoursay Suara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini