INA-LAC 2023 Promosikan NTB ke Pasar Potensial Amerika Latin dan Karibia

INA-LAC 2023 Promosikan NTB ke Pasar Potensial Amerika Latin dan Karibia
info gambar utama

Pemerintah mempromosikan berbagai potensi perdagangan, pariwisata, dan investasi Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kepada negara-negara Amerika Latin dan Karibia dalam Forum Bisnis Road to Indonesia–Latin America and the Caribbean (INA-LAC) 2023.

Acara yang berlangsung pada 21–23 Juni 2023 itu diawali dengan diskusi energi terbarukan bersama Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA). Pihaknya mengungkapkan sejumlah potensi menjanjikan yang dimiliki NTB pada sektor energi surya, angin, dan biomassa

Mengutip laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (22/6), NTB memiliki peluang besar untuk menjalin kerja sama dengan Uruguay, Argentina, dan Brasil dalam bidang tersebut di masa depan.

Dalam kesempatan itu juga, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) bergabung untuk menjajaki kerja sama pengembangan energi terbarukan dengan universitas di Uruguay serta negara-negara lain di Amerika Latin dan Karibia.

Pada hari kedua, pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri memaparkan konsep Forum Bisnis INA-LAC 2023 di sela-sela Focus Discussion on INA-LAC Business Forum 2023. Kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk menjaring pandangan serta masukan dari masing-masing perwakilan negara.

NTB Punya Sirkuit Internasional Lagi Selain Mandalika, Sudah Tahu?

Dari seminar hingga pariwisata

Road to INA-LAC juga menggelar rangkaian kegiatan menarik lainnya, mulai dari seminar promosi Provinsi NTB, pengenalan platform digital INA-Access kepada UMKM NTB, hingga kunjungan ke destinasi wisata andalan seperti Desa Sade dan Sirkuit Mandalika.

Seminar promosi Provinsi NTB melibatkan banyak pihak terkait, di antaranya Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, hingga Asosiasi Tur dan Agensi Perjalanan Indonesia.

Kunjungan ke Sirkuit Mandalika untuk mempromosikan pariwisata eco-sport sekaligus menjadi agenda pada hari terakhir agenda multilateral tersebut. Selain itu, pemerintah juga mengajak delegasi untuk menjelajah wisata budaya melalui Desa Sade.

Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif bagi negara-negara Amlatkar dan Pemerintah Daerah NTB agar dapat mengoptimalkan peluang kerja sama yang menguntukan seluruh pihak.

Wisata Sambil Mengenal Satwa di NTB, Bisa Pilih Mau ke Lombok Wildlife Park atau Mini Zoo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini