8 Rekomendasi Olahan Kunyit yang Lezat untuk Treatment Asam Lambung

8 Rekomendasi Olahan Kunyit yang Lezat untuk Treatment Asam Lambung
info gambar utama

Mengutip informasi dari Halodoc, asam lambung atau dalam literatur kesehatan disebut dengan gastroesophageal (Gerd) merupakan sebuah kondisi dimana asam lambunh naik ke kerongkongan. Dampaknya adalah timbulnya nyeri pada ulu hati, heartburn, dan sakit yang lain. Asam lambung dapat diobati dengan berbagai treatment medis seperti konsumsi obat tertentu. Selain obat kimia, asam lambung juga dipercaya dapat ditangani dengan konsumsi rimpang berupa kunyit.

Berdasarkan informasi yang tertera di laman Grid Health, kunyit merupakan rimpang yang memiliki kandunhan kurkumin (senyawa kuning pada kunyit). Kurkumin pada kunyit bermanfaat dalam hal antioksidan, anti bakteri, anti radang, bahkan anti kanker.

Nah, senyawa ini pun diketahui dapat meredakan gejala asam lambung, Kawan. Antioksidan polifenol dalam kunyit membantu mengantisipasi radang pada kerongkongan yang merupakan asal mula pemicu asam lambung. Selain itu, kunyit juga berperan dalam mengatasi penyakit yang disebabkan oleh luka di lambung (gastritis).

Baca juga: Pahami dan Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian Tubuh, Jangan Asal Kenyang!

Khasiat kunyit yang esensial ini dibarengi dengan rasa kunyit kuat dan lumayan pahit, apalagi warnanya yang mudah menempel dan relatif sulit hilang terkadang menjadikan kita malas untuk mengolahnya. Nah, jangan lewatkan untuk menikmati dan meraskaan kebermanfaatan kunyit dengan cara mudah dan lezat. Berikut rekomendasi olahan kunyit yang lezat untuk bersemangat treatment asam lambung.

Olahan Foto: Pixabay/TheDigitalArtist
info gambar

1. Minuman Kunyit Seduh

Sebagai aktivis diskusi hidup sehat, dokter Zaidul Akbar sering mempresentasikan mengenai manfaat besar kunyit dan cara pengolahannya. Saah satu cara pengolahan kunyit yang enak adalah dibuat minuman kunyit seduh.
Bahan: kunyit, sereh, madu, air
Langkah: kupas dan potong kunyit dan sereh, didihkan air, dan tuang ke wadah berisi potongan kunyit dan sereh tadi. Tunggu hangat-hangat kuku, masukkan madu secukupnya.

Baca juga: Mengenal Keragaman Warga Labuan Bajo yang Jadi Magnet Wisatawan

2. Sup Kunyit

Olahan kunyit menjadi sup kunyit bisa menjadi alternatif untuk mengaburkan rasa strong pada kunyit. Caranya adalah dengan rebus kunyit dalam air mendidih. Kemudian, kuah rebusan tersebut dijadikan dasar kuah campuran bahan sup seperti kentang, wortel, kol, dan bumbu tambahan lain.

3. Nasi Kuning

Menu khas Indonesia nih, Kawan. Olahan kunyit yang lezat juga dapat dilakukan dengan cara mencampur pada nasi menjadi nasi kuning. Unsur rasa kuat pada kunyit tidak terlalu terasa dengan metode pengolahan nasi kuning ini.

4. Campurkan pada Smoothie

Olahan kunyit selanjutnya adalah dengan metode mencampurkan pada pembuatan smoothie, baik itu buah atau sayur. Buah dan/atau sayur dihaluskan bersamaan dengan kunyit. Jadilah smoothie kunyit yang lezat.

5. Parutan Kunyit Campur Madu

Kawan dapat mengolah kunyit dengan cara dikupas dan diparut kemudian diperas dan ditambah madu. Hasilnya akan menjadi minuman kunyit yang khas dengan aroma dan manisnya madu.

Baca juga: Kaisar Jepang Kagum dengan Budaya Indonesia, Ingin Tau Lebih Jauh Pengelolaan Air Kuno

6. Membuat Jelly Kunyit

Salah satu jenis makanan yang mudah dicerna adalah jelly. Nah, rekomendasi olahan kunyit juga dapat diinovasikan dalam pembuatan jelly. Caranya adalah bubuk jelly ditambah air dan dimasak sementara waktu di atas kompor hingga mendidih. Setelah mendidih, masukan dua sendok teh bubuk kunyit original, aduk dan tunggu hingga mengeras.

7. Es Krim Kunyit

Pernahkah Kawan terpikir untuk membuat eskrim kunyit? Di suhu bumi yang akhir-akhir ini naik dan panas, es sering menjadi solusi untuk menyegarkan. Nah, Kawan bisa memanfaatkan kondisi ini untuk mengonsumsi makanan sehat yaitu kunyit dengan cara asyik berbentuk es krim kunyit.

8. Teh Susu Kunyit

Inovasi olahan kunyit yang satu ini unik Kawan. Sebab menggabungkan tiga jenis rasa yang berlatar belakang berbeda yaitu teh, susu, dan kunyit. Pastikan kandungan teh dan susu bersifat aman dan tidak tinggi pengawet, perisa, dan pemanis buatan ya supaya khasiat masing-masing tetap terjaga.
Bagaimana kawan? Apakah cukup memotovasi untuk mulai menyukai kunyit sebagai bahan makanan yang sarat akan manfaat? Yuk mulai dicoba.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini