Jajaki Potensi Tenaga Kerja, 60 Pebisnis Jepang Hadiri Forum Bisnis KBRI Tokyo

Jajaki Potensi Tenaga Kerja, 60 Pebisnis Jepang Hadiri Forum Bisnis KBRI Tokyo
info gambar utama

Kedutaan Besar RI di Tokyo sukses menyelenggarakan Forum Bisnis Ketenagakerjaan dengan tujuan untuk mempromosikan keunggulan tenaga kerja Indonesia di Kota Hokkaido, Jepang.

Forum tersebut diketahui merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Persahabatan Indonesia-Jepang (IJFD) yang berlangsung pada 18–20 Juni untuk memperingati 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Diberitakan Antara, Kamis (22/6/2023), sekitar 60 pebisnis Jepang menghadiri pertemuan bertajuk Business Forum on the Potential of Indonesian Human Resources itu.

Perwakilan perusahaan Jepang berkesempatan untuk medalami potensi penerimaan sumber daya manusia Indonesia di tempat mereka melalui networking session yang sekaligus menjadi penutup forum.

Turut hadir secara daring, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan RI Anwar Sanusi dalam acara tersebut. Adapun PT OS Selnajaya sebagai wakil dari Sending Organization dan Employment Permit Service Provider hadir luring sebagai pembicara.

Kaisar Jepang Kagum dengan Budaya Indonesia, Ingin Tau Lebih Jauh Pengelolaan Air Kuno

Kerja sama terkait ketenagakerjaan

Sebelumnya, RI dan Jepang sudah menjajaki kerja sama terkait upaya membangun sistem informasi pasar kerja, pengawas ketenagakerjaan, serta program terkait pekerja migran.

Dilansir dari Bisnis.com, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mengajukan dua orang penasihat dari Japan International Cooperaion Agency (JICA) untuk membantu terlaksananya kebijakan bidang ketenagakerjaan dan program lain terkait pekerja migran.

Beberapa substansi kerja sama yang menjadi perhatian pemerintah adalah sistem pengawasan ketenagakerjaan dan pertukaran informasi tentang lowongan kerja, termasuk informasi mengenai pemberi kerja yang tidak memenuhi syarat bagi WNI.

Selain, itu rencana kerja sama dengan Jepan ini juga akan melibatkan peran Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) untuk menyediakan pelatihan kerja, seperti keterampilan bahasa, pengenalan budaya, dan teknis guna mendukung kebutuhan pasar kerja luar negeri.

Tampilkan Seni dan Budaya, Intip Kemeriahan Pesta Indonesia di Kota Tenri Jepang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini