Tampilkan Seni dan Budaya, Intip Kemeriahan Pesta Indonesia di Kota Tenri Jepang

Tampilkan Seni dan Budaya, Intip Kemeriahan Pesta Indonesia di Kota Tenri Jepang
info gambar utama

Ratusan pengunjung dikabarkan memadati area perbelanjaan di Kota Tenri, Jepang, untuk menyaksikan kemeriahan Pesta Indonesia pada Sabtu (17/6/2023) bersamaan dengan momen akhir pekan di awal musim panas.

Kegiatan yang bertemakan tersebut “Mari Bersentuhan dengan Indonesia” diadakan oleh Alumni Jurusan Bahasa Indonesia Tenri, Asosiasi Persahabatan Indonesia–Tenri, dan Rumah Durian serta bekerja sama dengan KJRI Osaka.

Pesta Indonesia Tenri disebut menjadi salah satu upaya untuk dapat menguatkan hubungan people-to-people antara Indonesia dan jepang. Apalagi pada 2023, kedua negara ini sedang merayakan 65 tahun hubungan diplomatiknya.

Perayaan Pesta Indonesia Tenri diketahui sempat tertunda selama tiga tahun akibat pandemi COVID-19. Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, masyarakat Jepang melalui Walikota Tenri, mengungkapkan kebahagiaanya dan antusias menyambut kegiatan persahabatan dua negara tersebut.

Kuliner Indonesia dan Lagu Betawi Meriahkan Festival Budaya di Finlandia

Pertunjukan seni hingga kuliner Nusantara

Para pengunjung Pesta Indonesia disuguhkan pertunjukan seni dan budaya Indonesia, di antaranya penampilan angklung oleh Grup Pasir Bintang, gamelan Bali oleh Tenri, wayang kulit oleh Grup Magika Maejika.

Selain itu, ada pula penampilan pencak silat oleh Grup Setia Hati, tari Bali oleh Grup Arjuna Srikandi, hingga lagu-lagu Indonesia dan Jepang yang dibawakan oleh Youtuber Icazahra. Uniknya, komunitas sanggar seni yang tampil mayoritas merupakan warga negara Jepang.

Di sela-sela pertunjukan, para pengunjung juga menikmati beragam kuliner khas Nusantara, di antaranya sate ayam, soto ayam, mie goreng, ayam goreng, dadar gulung, dan tahu isi. Sajian ini dibawakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Osaka, Restoran Langit, dan Rumah Durian.

Ragam kuliner tersebut dihadirkan sebagai salah satu upaya mendukung misi Indonesia Spice Up the World (ISUTW) dalam mempromosikan makanan khas Indonesia ke seluruh dunia.

Jurusan Bahasa Indonesia kembali dibuka

Memanfaatkan momen Pesta Indonesia ini, Ketua Alumni Jurusan Bahasa Indonesia se-Jepang, Hishashi Nakanishi, mengumumkan bahwa Tenri University akan kembali membuka jurusan perkuliahan Bahasa Indonesia.

“Setelah sempat ditutup selama 10 tahun, akhirnya jurusan Bahasa Indonesia akan kembalu dibuka dan menerima mahasiswa untuk tahun ajaran 2024,” ungkapnya.

Sebelum menjadi jurusan Bahasa Indonesia di Tenri University, bahasa Indonesia sendiri sebenarnya telah diajarkan di Kota Tenri sejak tahun 1925 di Sekolah Tinggi Bahasa Asing jurusan Bahasa Melayu.

Di Bulgaria, Seni dan Budaya Indonesia Kembali Menunjukkan Pesonanya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini