300 Pasar Murah Digelar di Seluruh Indonesia Jelang Iduladha, Cek Lokasi di Sini

300 Pasar Murah Digelar di Seluruh Indonesia Jelang Iduladha, Cek Lokasi di Sini
info gambar utama

Badan Pangan Nasional (Bapanas) Indonesia menggelar pasar murah serentak di 341 titik yang tersebar di 300 kabupaten/kota se-Indonesia. Upaya ini dilakukan sebagai langkah untuk menjaga daya beli masyarakat melalui penyediaan pasokan pangan dengan harga terjangkau jelang Iduladha 1444 Hijriah.

“Masyarakat di sekitar provinsi dan kabupaten/kota, bisa mendapatkan kebutuhan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau untuk mempersiapkan pelaksanaan hari raya Iduladha," kata I Gusti Ketut Astawa, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas, Minggu (25/6/2023).

Sementara itu, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menyampaikan bahwa peluncuran GPM bersamaan dengan pemecehan Rekor MURI untuk kategori pangan yang diadakan di lebih dari 300 titik pelaksanaan berbeda.

“Peluncuran GPM nasional pada hari ini menjadi aksi nyata peran kita semua dalam menjaga inflasi pangan, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pelaku usaha pangan, petani, dan peternak,” ungkap Arief dalam sambutannya pada acara peresmian GPM di Jakarta, Senin (26/6/2023).

Pemerintah Batasi Operasional Angkutan Barang Selama Libur Iduladha 1444 H

GPM dilaksanakan serentak pada 26-28 Juni 2023 dan ini menjadi yang terbesar di dunia, kata Arief, bahkan jumlahnya akan terus bertambah karena beberapa daerah akan melaksanakannya lebih dari satu hari.

“Jumlah titik GPM bertambah terus, tadi malam bahkan sudah sampai 343, tapi yang terdaftar di Rekor MURI Dunia Indonesia hanya 341,” tambahnya.

Dia melanjutkan, pasar murah nasional ini akan menjual berbagai bahan pangan pokok di bawah harga pasar, mulai dari beras, telur, cabai, bawang-bawangan, daging ayam, daging sapi, gula, minyak goreng, hingga sayur dan buah-buahan.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lokasi atau alamat pelaksanaan GPM, dapat memantau instagram @badanpangannasional atau media sosial pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dan dinas urusan pangan setempat. Selain itu, masyarakat juga bisa langsung menghubungi dinas urusan pangan di daerah masing-masing.

Harga Pangan Terpantau Stabil Jelang Iduladha, Berikut Rinciannya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini