Wushu Indonesia Berguru ke China demi Mengulang Sukses di Asian Games

Wushu Indonesia Berguru ke China demi Mengulang Sukses di Asian Games
info gambar utama

Wushu Indonesia kini menyambut ajang Asian Games 2023. Para atlet pun dikirim ke China untuk berguru.

Di China, para atlet wushu yang terpilih melakoni pemusatan latihan di bawah arahan pelatih dari Indonesia dan China. Adapun pemusatan latihan itu akan dilangsungkan hingga menjelang Asia Games 2023. Dengan demikian, durasi pemusatan latihannya adalah sekitar 3 bulan.

Seperti diketahui, Asian Games 2023 juga akan digelar di China, tepatnya Kota Hangzhou pada 23 September-8 Oktober. Bagi Indonesia, wushu adalah cabang olahraga yang dijagokan untuk mendulang medali.

Ada 15 atlet yang dikirim ke pemusatan latihan di China. Mereka terdiri delapan atlet taolu dan tujuh atlet sanda. Para atlet pun sudah berangkat ke China sejak Selasa (27/6) lalu.

"Timnas wushu Indonesia menjalani TC selama 3 bulan dan tidak akan kembali lagi ke Indonesia dan langsung bertanding. Kami akan memanfaatkan waktu persiapan yang panjang ini untuk bisa mencapai target di Asian Games Hangzhou nanti," ujar Pelatih Kepala tim wushu Indonesia, Novita, seperti diwartakan ANTARA.

Atlet wushu Indonesia tidak hanya akan melahap menu latihan selama di China. Mereka juga punya jadwal uji coba demi tampil maksimal di Asian Games 2023.

Atlet ASEAN Paragames Berprestasi Terima Bonus dari Presiden, Total 320 M

Misi Mengulang Sukses

Seperti disinggung Novita, tentu Indonesia bukan tanpa target dalam pengiriman atlet ke China ini. Indonesia sudah punya yang diusung di Asian Games 2023 nanti.

Misi itu adalah mengulang sukses di Asian Games 2018. Sebagaimana diketahui, saat itu Indonesia yang berstatus tuan rumah mampu mendapat meraih medali 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

"Saya berharap timnas wushu Indonesia bisa mengulang sukses di Asian Games 2018 lalu," ujar Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto.

Di Asian Games 2018, koleksi 5 medali yang didapat membuat Indonesia berada di posisi ketiga klasemen perolehan medali cabor wushu. Peringkat pertama ditempat China 12 medali dan Iran (6) medali.

Daftar atlet wushu Indonesia untuk Asian Games 2023:

Taolu putra: Edgar Xavier Marvelo, Seraf Naro Siregar, Harris Horatius, Nicholas

Taolu putri: Nandhira Mauriska, Alysa Mellynar, Eugenia Diva Widodo, Tasya Puspa Dewi

Sanda putra: Laksamana Pandu Pratama, Bintang Reindra Nada Guitara Bayu Raka Putra, Samuel Marbun, Harry Brahmana

Sanda putri: Rosa Beatrice Malau, Tharisa Dea Florentina

Giliran Timnas Bola Voli Putra Indonesia Beraksi di AVC Challenge Cup 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini