Legenda Chelsea Turun Tangan agar Indonesia Tampil Ciamik di Piala Dunia U-17 2023

Legenda Chelsea Turun Tangan agar Indonesia Tampil Ciamik di Piala Dunia U-17 2023
info gambar utama

Indoneaia sedang mempersiapkan diri untuk tampil di Piala Dunia U-17 2023. Legenda Chelsea pun turun tangan.

Indonesia telah ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan Peru. Artinya, Indonesia berhak mengirimkan Timnas U-17 untuk berlaga di ajang tersebut pada November mendatang.

Indonesia pun mempersiapkan diri. Salah satu langkah awalnya adalah dengan menjaring pemain melalui seleksi. Di seleksi inilah legenda Chelsea turun tangan untuk membantu Indonesia mendapatkan pemain-pemain terbaik.

Zahra Muzdalifah, Pesepak Bola Perempuan Indonesia yang Bermain di Liga Jepang

Dibantu Dennis Wise

Legenda Chelsea yang dimaksud adakah Dennis Wise. Ia terjun langsung dalam proses seleksi pemain yang dilaksanakan di Stadion Madya, Jakarta pada 5 hingga 7 Juli 2023.

Wise ikut serta karena seleksi ini ternyata tidak hanya untuk Timnas U-17 Indonesia, tetapi juga Garuda Select. PSSI telah menyinergikan seleksi kali ini agar pemain yang terpilih bisa membela timnas sekaligus mengikuti Garuda Select.

Garuda Select adalah program pembinaan pemain yang sudah berlangsung sejak 2019. Dalam program ini, pemain muda yang terpilih akan mengikuti agenda latihan dan pertandingan di luar negeri seperti Inggris dan Italia selama beberapa bulan.

Dennis Wise sendiri adalah Direktur Teknik Garuda Select. Pria yang dulunya adalah pemain legendaris Chelsea dan Timnas Inggris itu memang biasa terjun langsung mulai dari tahap seleksi hingga pendampingan para pemain Garuda Select di luar negeri.

Seleksi Timnas U-17 Indonesia dan Garuda Select diikuti oleh 132 pemain. Nantinya, pemain yang terpilih akan melengkapi kerangka tim yang sudah terbentuk dari Timnas U-16 Indonesia.

"Kami mencari pemain-pemain yang sesuai dengan kebutuhan di tim. Karena kita juga sudah memiliki kerangka tim adalah pemenang U-16 AFF 2022. Kemudian sekarang kita mencari pemain-pemain yang akan kita beri kesempatan terutama melihat juga kebutuhan dan ini sebagai penyempurnaan ya tim yang sudah ada," ujar Pelatih Timnas U-17 Indonesia Bima Sakti, seperti diwartakan laman resmi PSSI.

Setelah seleksi tuntas dan pemain telah dipilih, agenda selanjutnya adalah pemusatan latihan. PSSI sudah merencanakan agar Timnas U-17 menjalani pemusatan latihan sampai ke Eropa.

"PSSI mendukung penuh Garuda Select dan saat ini sinkronisasi dengan persiapan tim U-17 Indonesia. Apalagi mulai 10 Juli pemusatan latihan tim U-17 dimulai dan nanti juga ada persiapan di Eropa sebelum tampil di Piala Dunia U-17," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Timnas Putri U-19 Indonesia Menatap Piala AFF

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini