Papua Street Carnival 2023: Gelaran Ekonomi Kreatif Generasi Muda Papua

Papua Street Carnival 2023: Gelaran Ekonomi Kreatif Generasi Muda Papua
info gambar utama

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Papua Youth Creative Hub (PYCH) menyelenggarakan Papua Street Carnival 2023 untuk memantik semangat dan kreativitas pemuda di tanah Papua.

“Bertemakan Papua Extravaganza (the East Great Spirit), Papua Street Carnival menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif, serta menjadi cerminan semangat anak muda untuk memajukan Papua,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, dilansir dari laamn resmi Kemenparekraf.

Pagelaran Papua Street Carnival menampilkan lebih dari 116 parade. Mulai dari parade tarian Fuu dengan alat musik Tifa. Kemudian parade 7 wilayah adat Papua yang dibuka dnegan replika Tifa raksasa sepanjang lima meter. Hingga parade busana karnaval yang dirancang oleh pemuda PYCH dengan nuansa flora dan fauna endemik asli Papua.

Menarik mata dunia

Ratusan pengisi acara dan perahu hias yang berasal dari kampung adat dan nelayan setempat turut memeriahkan parade tersebut. Tak hanya menampilkan keragaman seni dan budaya Papua, lebih dari 3.000 pelaku UMKM juga ikut memamerkan produk-produk kreatif lokal.

Ada pula pawai street carnival dengan 20 kendaraan pick up hias yang membawa puluhan 50 parade kostum. Pawai juga diramaikan dengan hiburan marching band pada beberapa titik jalan di sekitar area Kantor Gubernur Jayapura, diikuti oleh pertunjukan tari-tarian hingga stand up comedy.

Menparekraf Sandiaga meyakini Papua Street Carnival yang berada di bawah binaan Badan Intelijen Negara (BIN) itu akan menjadi ikon wilayah baru dengan gelaran acara yang menarik mata dunia.

Melalui PYCH, Anak Muda Papua Ciptakan Merek Laptop dan HP Sendiri

Catatan positif parekraf Papua

Papua Street Carnival 2023 diketahui merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo saat meresmikan PYCH di Jayapura pada 21 Maret 2023 lalu. Dengan ini, pagelaran ekonomi kreatif Papua Street Carnival menjadi yang pertama kali digelar di Papua.

Hal tersebut tentu menjadi catatan sejarah positif bagi pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif Papua mendatang. Untuk itu, pemerintah memastikan pesta rakyat Papua ini dapat menjadi acara tahunan yang berkelas dunia.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo yang hadir untuk meresmikan pesta rakyat tersebut menilai Papua Street Carnival menjadi bukti bahwa industri ekonomi kreatif di tanah Papua memiliki material atau potensi kekuatan yang besar.

Pemerintah berharap Papua Street Carnival membuka kesempatan bagi anak-anak muda Papua guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Dengan demikian, target 4,4 juta lapangan kerja dapat terwujud.

Seperti diketahui, pembangunan di Indonesia saat ini memang diarahkan menyeluruh, tidak hanya berpusat di Pulau Jawa. Dalam hal ini, daerah Papua juga tengah menjadi prioritas pemerintah. Mulai dari aksesibilitas, hingga infrastruktur pendukung industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Mengapa Ibu Kota RI Tak Pindah ke Papua? Ini Jawaban Jokowi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini