Kenali Mata Kuliah Wajib Untuk Mahasiswa Akuntansi!

Kenali Mata Kuliah Wajib Untuk Mahasiswa Akuntansi!
info gambar utama

Kawan GNFI pasti sudah tidak asing lagi kan dengan akuntansi? Akuntansi sudah cukup populer dan banyak diketahui oleh orang-orang, baik itu pelajar maupun mahasiswa. Selain sebagai terkenal sebagai bentuk pekerjaan, akuntansi juga merupakan salah satu jurusan pendidikan yang dapat diambil pada saat sekolah menengah kejuruan ataupun berkuliah.

Pembelajaran seputar akuntansi yang dipelajari pada saat bersekolah hanya garis besarnya saja, apabila Kawan GNFI berniat untuk memperdalam ilmu akutansi maka dapat melanjutkan pendidikan dengan mendaftar ke jurusan akuntansi. Kawan GNFI akan dapat materi yang banyak dan mendalam seputar ilmu akuntansi.

Mata kuliah untuk jurusan akuntansi sangatlah banyak, semuanya terbagi menjadi mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Mata kuliah wajib merupakan mata kuliah yang wajib untuk diambil, dipahami dan dikuasai oleh mahasiswa akuntansi selama masa perkuliahan. Kira-kira apa saja ya mata kuliah wajib yang dipelajari oleh mahasiswa akuntansi? Yuk, langsung simak di bawah ya!

1. Pengantar Akuntansi Bagian I dan II

Sesuai dari namanya, yaitu pengantar akuntansi yang menjelaskan tentang dasar-dasar akuntansi. Mata kuliah ini biasanya dibagi menjadi 2 bagian, untuk bagian ke-I tentang pengenalan siklus akuntansi, persamaan akuntansi, 5 akun utama akuntansi dan jenis-jenis laporan keuangan. Sedangkan untuk bagian ke-II adalah pendalaman materi dari bagian ke-1.

2. Akuntansi Keuangan Menengah dan Lanjutan

Mata kuliah ini berfokus untuk membedah laporan keuangan suatu perusahaan dengan menganalisa laporan keuangan bulanan maupun tahunan, apakah sudah sesuai dengan aturan SAK yang ada di Indonesia dan termasuk ke dalam Pilar SAK yang mana, karena SAK di Indonesia terdiri dari 4 pilar, yaitu SAK Umum, SAK ETAP, SAK EMKM dan SAK Syariah.

3. Sistem Informasi Akuntansi

Mata kuliah ini biasanya disebut dengan SIA. SIA mempelajari tentang sistem akuntansi yang digunakan dalam penugasan umum dan khusus. SIA merupakan susunan sistem atau prosedur dalam sistem akuntansi yang dapat berupa kebijakan, bagian yang terlibat, formulir/dokumen, prosedur dan pelaksanaan internal control.

4. Akuntansi Perpajakan

Dalam perpajakan juga terjadi kegiatan pembukuan akuntansi, yaitu perhitungan pajak yang harus dibayarkan oleh wajib pajak dan pencatatan jurnal atas pembayaran pajak tersebut. Semua uang yang masuk ke lembaga pajak dicatat oleh bagian keuangan pajak,itu semua dapat dipelajari dengan mata kuliah akuntansi perpajakan.

5. Akuntansi Syariah

Mata kuliah wajib tentang prinsip akuntansi dan perlakuan pencatatan secara syariah yang terjadi di lembaga syariah, seperti perbankan syariah, lembaga asuransi syariah, pasar modal syariah, lembaga keuangan mikro syariah dan organisasi pengumpul zakat yang sesuai dengan aturan-aturan syariat islam.

6. Pemeriksaan Keuangan atau Audit

Pemeriksaan keuangan dapat dikatakan juga dengan audit keuangan. Pada mata kuliah ini, kita diajarkan tentang bagaimana cara mengaudit laporan keuangan suatu perusahaan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menjalankan perusahaannya, serta menemukan kelemahan dan kelebihan yang terjadi di dalam perusahaan guna mengambil keputusan untuk masa yang akan datang.

7. Metodelogi Penelitian

Metodelogi penelitian merupakan mata kuliah yang ada hampir di semua jurusan dan wajib dipelajari. Metodelogi penelitian mempelajari tentang bagaimana memulai penelitian, dari mulai jenis penelitian (penelitian kuantitatif atau kualitatif), metode penelitian yang dipakai, hipotesis, pengujian dan lainnya seputar dengan penelitian, singkatnya adalah metodelogi penelitian merupakan simulasi untuk membuat skripsi.

Nah, gimana nih Kawan GNFI? sudah ada gambaran kan tentang mata kuliah wajib apa saja yang harus diambil, dipahami dan dikuasai pada saat berkuliah di jurusan akuntansi.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini