Festival Nasional Reog Ponorogo Akan Menjadi Acara Berskala Internasional

Festival Nasional Reog Ponorogo Akan Menjadi Acara Berskala Internasional
info gambar utama

Festival Nasional Reog Ponorogo adalah sebuah acara festival yang menampilkan pertunjukan seni Reog Ponorogo dan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah. Festival Reog Ponorogo 2023 juga berhasil masuk ke dalam daftar Top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf/Baparekraf).

Festival Nasional Reog Ponorogo 2023 baru-baru ini sukses diselenggarakan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mendorong festival ini serta acara Grebeg Suro menjadi bagian yang kuat dalam rangkaian pesta rakyat Ponorogo.

Tujuannya adalah untuk terus meningkatkan kualitas dan penyelenggaraan festival tersebut, sehingga dapat menjadi acara yang memiliki reputasi internasional di tahun mendatang.

"Kami melihat geliat dari Festival Nasional Reog Ponorogo ini sudah layak untuk dijadikan festival internasional. Tadi kita bertemu dengan para peneliti dari Polandia, Inggris, dan Australia yang sangat tertarik untuk memperkenalkan lebih jauh Reog Ponorogo di dunia internasional," kata Menparekraf Sandiaga saat hadir di Festival Nasional Reog Ponorogo 2023, Sabtu (15/7/2023) malam di Aloon-Aloon Ponorogo, Jawa Timur dikutip dari keterangan tertulis Kemenparekraf.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan terus memberikan dukungan, termasuk dalam hal promosi dan penyediaan paket perjalanan melalui kerjasama dengan industri pariwisata. Bila memang menjadi acara berskala internasional, pelaksanaan festival ini akan menjadi prioritas untuk pengembangannya.

GWK Bali Bakal Punya Saingan, Monumen Reog Ponorogo Setinggi 126 Meter Siap Dibangun

Memberikan dampak ekonomi besar

Sebagai bagian dari perayaan rakyat yang mengangkat nilai budaya Ponorogo, acara ini juga berfungsi sebagai promosi sektor pariwisata dan menjadi showcase untuk produk ekonomi kreatif.

Selain sebagai bentuk promosi, pelaksanaan acara ini juga menjadi vitrine untuk memperlihatkan kehidupan UMKM dan bagaimana ekonomi masyarakat bisa sejahtera. Banyak peluang kerja yang tercipta sebagai bagian dari target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024.

Dalam satu kelompok kesenian Reog, terlibat banyak pelaku ekonomi kreatif. Mulai dari penari, pengiring musik, pembawa acara, pembuat kostum, dan berbagai peran lainnya.

Penghargaan juga diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Ponorogo atas komitmennya yang tinggi dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Ponorogo sedang membangun Museum Reog Ponorogo yang akan termasuk pembangunan patung Reog Ponorogo terbesar.

Seperti yang diungkapkan oleh Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, keberadaan kesenian ini juga memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat.

“Reog Ponorogo memberikan efek domino yang tinggi, menghidupi UMKM, menghidupi para pemain reog, hingga para pengrajin. Oleh karena itu untuk mendampingi pertanian, Kota Ponorogo akan menjadi kota pariwisata yang dituntun oleh Reog Ponorogo,” tuturnya.

Ponorogo Mewakilkan Indonesia di Jejaring Kota Kreatif Dunia UNESCO

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini