Ada Misi Khusus dari Jokowi untuk Timnas U-17 Indonesia di Piala Dunia U-17 2023, Apa Itu?

Ada Misi Khusus dari Jokowi untuk Timnas U-17 Indonesia di Piala Dunia U-17 2023, Apa Itu?
info gambar utama

Timnas U-17 Indonesia diberi misi khusus dari Presiden Joko Widodo di Piala Dunia U-17 2023.

Seperti diketahui, Timnas U-17 Indonesia dipastikan akan tampil di Piala Dunia U-17 2023. Ini sehubungan dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah ajang sepak bola level internasional itu.

Awalnya, Piala Dunia U-17 2023 direncanakan digelar di Peru, tetapi ada pergantian tuan rumah di mana Indonesia kemudian terpilih. Berdasarkan jadwal, ajang ini akan diselenggarakan pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Menyambut Piala Dunia U-17 2023, Indonesia pun melakukan sejumlah persiapan. Setelah mengangkat Bima Sakti sebagai pelatih kepala, kini Indonesia sedang berburu pemain baik itu melalui seleksi yang diikuti pemain dari berbagai daerah di Indonesia serta luar negeri.

Geliat RANS di Dunia Sportainment: Bukan Sekedar Konten Olahraga Selebritis

Misi dari Jokowi

Piala Dunia U-17 2023 adalah hajatan besar negara. Oleh karena itu, Presiden Jokowi turut memberi perhatian terhadap ajang ini, termasuk kepada Timnas U-17 Indonesia yang akan ikut berlaga mewakili negara.

Jokowi bahkan memberi misi penting bagi Timnas U-17 Indonesia. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi seleksi tim di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung pada Rabu (12/7) lalu. Misi apakah itu?

Ternyata misi itu adalah Timnas U-17 Indonesia harus lolos dari babak penyisihan grup. Dengan kata lain, itulah target yang harus dipenuhi oleh tim.

"Ya pertama bisa lolos babak penyisihan. Syukur bisa ke final dan syukur-syukur bisa juara," ujar Jokowi seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Tentu saja, misi tersebut tidak akan mudah. Maklum saja, ajang sebesar Piala Dunia U-17 tentunya akan diwarnai oleh kehadiran para bintang-bintang muda dari berbagai penjuru dunia.

Deretan Fakta Menarik Piala Dunia Bola Basket, Ajang yang Digelar di Indonesia Tahun Ini

Seleksi Terus Berjalan

Guna menjaring pemain-pemain terbaik, PSSI memang telah menggelar seleksi pemain. Seleksi diselenggarakan di 12 kota dengan diikuti banyak pemain muda.

Pemain yang terpilih dari setiap kota akan kembali diseleksi di Jakarta pada Agustus mendatang. Selain pemain lokal, turut dipanggil pula enam pemain keturunan atau pemain yang tinggal di luar negeri. Namun, mereka pun tetap harus menjalani seleksi dulu seperti pemain lainnya.

"Kalau memang mereka bagus dibandingkan anak-anak yang sudah ada, ya akan saya ambil. Kalau enggak, lebih baik kita ambil anak-anak lokal yang telah berjuang di akademi dan SSB (Sekolah Sepak Bola). Kita sudah sampaikan bahwa kriteria utama pasti kualitas. Kemudian sesuai posisi, (misalnya) postur tubuh harus seperti bek. Kiper mutlak (tingginya) 180 cm ke atas," kata Bima Sakti sebagaimana diwartakan laman resmi PSSI.

Ganti Rumput Rp6 M, Pemerintah Renovasi JIS dalam 3 Bulan Biar Sesuai Standar FIFA

Referensi:

  • https://www.kemenpora.go.id/detail/3877/jelang-piala-dunia-u-17-tahun-2023-ini-target-realistis-presiden-jokowi-untuk-timnas-u-17
  • https://www.pssi.org/news/tim-u-17-indonesia-terus-dipoles



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini