Mengenal Masakan Khas Provinsi Bengkulu, Ikan Pais

Mengenal Masakan Khas Provinsi Bengkulu, Ikan Pais
info gambar utama

Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman rempah-rempah yang kaya akan cita rasa untuk suatu makanan. Hal itu pula yang menjadikan keunikan dari bangsa Indonesia yang tercinta ini. Memiliki keragaman budaya dan panorama alam yang indah, menjadikan Indonesia tempat pilihan untuk para wisatawan luar maupun dalam negeri untuk berlibur.

Selain panorama alam yang indah serta keunikan lainnya, Indonesia juga memiliki beragam macam kuliner yang akan manjakan lidah para wisatawan. Kali ini akan membahas makanan khas dari salah satu provinsi yang ada di pulau Sumatera, tepatnya di provinsi Bengkulu.

Base Genep, Rahasia Kenikmatan di Balik Masakan Tradisional Bali

Mengenal Provinsi Bengkulu

Provinsi Bengkulu yang biasa dikenal sebagai rumah bagi salah satu jenis flora langka yang dilindungi, yaitu bunga Rafflesia arnoldi. Tak hanya itu, Bengkulu merupakan kampung halaman bagi penjahit bendera Sang Saka Merah Putih, yaitu Ibu Fatmawati, istri dari Bapak Proklamator Ir. Soekarno dan juga merupakan Presiden RI yang pertama.

Ikan Pais: Kuliner Khas Bengkulu

Salah satu kuliner khas Bengkulu yang patut dicicipi adalah Ikan Pais atau biasa disebut Pendap. Makanan ini merupakan olahan dari ikan Gebu dan ikan Buli. Keduanya adalah ikan yang populer di wilayah tersebut. Ikan Pais menjadi makanan khas dari Kabupaten yang berada di provinsi Bengkulu, tepatnya di Kabupaten Bengkulu Selatan. Rasanya yang lezat membuatnya menjadi hidangan yang wajib dicoba bagi siapa pun yang mengunjungi Bengkulu.

Perbedaan Ikan Pais dan Pendap

Ikan Pais memiliki kesamaan dalam bentuk dengan makanan ikan pepes. Namun, perbedaan utamanya terletak pada cara pengolahannya. Ikan Pais dibungkus dengan daun talas, sementara Pendap dibungkus dengan daun pisang. Inilah yang membuat kedua hidangan berbahan dasar ikan tersebut memiliki perbedaan dalam cita rasa dan tekstur.

Pendap: Kuliner Sehari-hari di Bengkulu

Makanan Pendap sudah menjadi bagian dari kuliner lokal sehari-hari di Bengkulu. Biasanya, satu porsi Pendap cukup untuk makan satu keluarga. Di beberapa rumah makan di Bengkulu, Pendap juga tersedia dengan harga terjangkau. Namun, bagi ibu-ibu rumah tangga yang hobi memasak, membuat Pendap tidaklah sulit. Bahan-bahannya tersedia setiap saat di lingkungan sekitar, sehingga Pendap bisa menjadi menu istimewa dalam acara keluarga.

Dilansir dari infobudaya.net, Pendap atau babatuk adalah makanan khas tradisional Krui, Lampung Barat dan Kaur Bengkulu Selatan. Karena rasanya yang unik, pedas, dan gurih, masakan ini sangat disukai oleh presiden pertama RI Soekarno selama menjalani masa pengasingan di Bengkulu sejak 1938 hingga 1942.

Berkat Orang Spanyol, Tanaman Cabai Membakar Masakan Minahasa

Lagu Daerah Bengkulu untuk Ikan Pais

Tidak hanya menjadi hidangan lezat, kuliner Ikan Pais juga telah diabadikan dalam lagu daerah Bengkulu. Lagu tersebut menampilkan kelezatan dan popularitas Ikan Pais di tengah masyarakat.

"Ikan pais kelaponyo mudo dibungkus daun talas rapih-rapih diikek tali meisyang. Ikan pais enak rasonyo, makan kek nasi putih pane pane, ulam kek jering mudo.."

Resep Masakan Ikan Pais

Bagi Kawan GNFI yang ingin mencoba membuat Ikan Pais sendiri, berikut adalah resep sederhana untuk hidangan lezat ini:

Bahan:

- 4 ekor (1 kg) ikan layang, bersihkan, kerat badannya;

- 6 lembar daun jeruk, iris tipis;

- 1 lembar daun salam;

- 1 batang serai, memarkan;

- Daun pisang untuk membungkus;

- 50 g daun kemangi.

Bumbu:

- 100 g kelapa parut;

- 10 butir bawang merah;

- 8 siung bawang putih;

- 6 buah cabai merah keriting;

- 3 buah cabai rawit merah;

- 2 cm jahe;

- 2 cm lengkuas;

- 1 cm kunyit;

- 1 sdt garam;

  • 1 sdt gula pasir.

Cara membuat:

1. Haluskan semua bahan bumbu dengan menggunakan blender, sisihkan;

2. Ambil 2 lembar daun pisang, letakkan ikan layang di dalamnya, tambahkan bumbu halus dan irisan daun jeruk. Ratakan;

3. Tambahkan daun salam, batang serai, dan daun kemangi. Bungkus dengan rapat. Sematkan kedua ujungnya dengan menggunakan tusuk gigi atau lidi;

4. Kukus Ikan Pais dalam dandang dengan api sedang sampai matang;

5. Keluarkan Ikan Pais dari kukusan, sajikan dengan sepiring nasi hangat.

Masakan Padang Jadi Menu Favorit di Festival Kuliner Filipina

Referensi:

  • https://www.infobudaya.net/2019/12/pendap-bengkulu-makanan-kesukaan-presiden-pertama-republik-indonesia/#:~:text=Pendap%20atau%20babatuk%20adalah%20makanan,Bengkulu%20sejak%201938%20hingga%201942
  • https://endeus.tv/resep/pais-ikan-layang-pedas-khas-bengkulu-yang-gurih

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

TH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini