Elon Musk Ubah Logo Twitter, Selamat Tinggal Burung Biru!

Elon Musk Ubah Logo Twitter, Selamat Tinggal Burung Biru!
info gambar utama

Elon Musk telah mengambil alih kepemilikan Twitter secara resmi sejak bulan Oktober 2022 lalu. Lantas, baru-baru ini CEO Tesla tersebut mulai menunjukkan perubahan nyata dengan mengubah logo Twitter.

Kawan tentu sudah sangat familiar dengan logo burung biru yang selama ini menjadi ciri khas Twitter. Logo tersebut sudah menemani lika-liku Twitter dan penggunanya selama lebih dari satu dekade.

Kini, logo Twitter berubah menjadi huruf X berwarna putih dengan latar belakang hitam. Perubahan logo ini tampaknya merupakan awalan dari rebranding besar yang Musk rencanakan bagi salah satu media sosial terbesar di dunia ini.

Larry Bird, Si Burung Biru Twitter

Logo burung Twitter | Foto: The New York Times
info gambar

Logo burung biru Twitter pertama kali muncul tahun 2012. Sebelumnya Twitter menerapkan logo berbasis nama (name-based logo) sehingga logonya berupa tulisan twitter diikuti burung kecil di ujungnya.

Lebih lanjut, pihak Twitter menamai ilustrasi burung biru yang akhirnya menjadi logo resminya dengan sebutan Larry. Penamaan ini merupakan bentuk penghormatan kepada Larry Bird, salah satu atlet basket terbaik Amerika Serikat.

Untuk desain finalnya sendiri, Martin Grasser selaku desainer menggambar puluhan ribu burung hingga akhirnya mendapat gambar dengan proporsi yang pas, seperti yang kita kenal sekarang. Selain Grasser, Todd Waterbury dan Angy Che turut tergabung dalam tim untuk mendesain si burung biru.

Keseluruhan bentuk logo tersebut mereka desain dengan sederhana, tetapi penuh makna. Kepala burung yang tampak sedikit melongok ke atas melambangkan harapan, kebebasan, dan pengembangan. Melansir dari Spiel Times,makna logo tersebut sejalan dengan misi Twitter sebagai wadah informasi dan aspirasi bagi para penggunanya.

Logo burung biru Twitter ini begitu melekat dengan persona brand dari media sosial ini sendiri. Banyak orang menjuluki Twitter dengan sebutan “aplikasi burung” dan menggunakan kata “cuitan” yang merujuk pada aktivitas menulis di dalamnya. Tentu, tak mudah bagi para pengguna media sosial untuk melupakan logo ini begitu saja.

Baca juga: Makin Tren, Ini 5 Akun Menfess Twitter yang Menarik Diikuti

Elon Musk Ubah Twiiter Jadi X

Elon Musk | Foto: Bloomberg
info gambar

Terkait penggantian logo baru Twitter menjadi huruf X, Musk dengan bangga mengumumkannya di akun pribadinya, @elonmusk, “Soon we shall bid adieu to the twitter brand, and, gradually, all the birds.

Tak lama setelahnya, dirinya mengunggah foto bagian depan kantor pusat Twitter yang telah berganti logo menjadi X. Perubahan-perubahan tersebut menunjukkan komitmen Musk untuk melakukan rebranding. Lambat laun, Twitter akan diubah menjadi sebuah super app andalan.

Linda Yaccarino selaku CEO baru dari media sosial ini mengatakan bahwa X (yang nantinya akan jadi nama baru Twitter) akan menawarkan pengalaman berkomunikasi yang tak pernah dibayangkan sebelumnya–mulai dari audio, visual, layanan perpesanan, hingga perbankan.

Reaksi Warganet tentang Perubahan Logo Twitter

Logo X di gedung kantor pusat Twitter. | Foto: France 24
info gambar

Perubahan logo Twitter memunculkan berbagai reaksi para warganet. Sebagian besar pengguna Twitter percaya bahwa logo burung biru sebagai logo original Twitter merupakan bagian dari keunggulan dari Twitter selama ini, sehingga ada ketakutan bahwa pergantian logo akan memusnahkan brand value dari Twitter sendiri.

Di sisi lain, beberapa orang mengapresiasi logo baru yang dicetuskan Elon Musk beserta tim. Meski logo X tersebut masih interim alias bersifat sementara, tetapi wujudnya telah cukup baik dan menjanjikan.

Baca juga: Apa Itu Fitur Twitter Circle dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Telah menemani “petualangan” berselancar di media sosial selama kurang lebih sebelas tahun, logo burung biru Twitter pastinya akan senantiasa terkenang di hati para penggunanya. Kini, kita mungkin perlu bersiap untuk segala perubahan dan inovasi baru yang ditawarkan para pengembang media sosial untuk menyambut fase kehidupan dan kegiatan berkomunikasi yang lebih futuristik.

Sumber referensi:

  • https://www.bbc.com/news/business-66284304
  • https://www.theverge.com/2023/7/24/23805415/twitter-x-logo-rebrand-bird-farewell-to-birds
  • https://www.spieltimes.com/news/twitter-is-now-x-the-history-of-the-bird-logo/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini