Main Ke Palembang? Inilah 3 Rekomendasi Tempat Mie Celor Palembang

Main Ke Palembang? Inilah 3 Rekomendasi Tempat Mie Celor Palembang
info gambar utama

Palembang tidak cuma punya pempek. Selain itu, masih ada banyak lagi makanan khas ibu kota Sumatra Selatan ini yang wajib dicoba dan pastina enak-enak. Salah satunya adalah mie celor Palembang.

Makanan yang satu ini pasti menjadi rekomendasi warga lokal Palembang kalau ada orang yang mampir ke kota ini. Apalagi kalau bagi para pecinta kuliner mie, tentunya menyantap mie celor bisa memberikan pengalaman baru karena cita rasanya yang unik dari mie khas daerah lain.

Pempek, Dijajakan oleh Orang Tionghoa Hingga Menjadi Makanan Rakyat Palembang

Apa itu mie celor?

Mie celor adalah suatu olahan mi dari Palembang dengan kuah yang kental. Terkait asal-usulnya, makanan ini diperkirakan tercipta dari perpaduan budaya kuiner Melayu dan Tionghoa. Nama celor sendiri berasal dari bahas Palembang, yaitu proses mencelup-celup mi ke air panas.

Mie yang digunakan sendiri adalah mie yang berukuran besar, menggunakan mie lurus dengan ukuran hampir seperti udon khas Jepang tetapi tidak sekecil spageti. Teksturnya cenderung kenyal ketika dikunyah.

Isiannya terdiri atas mie, telur rebus, kucai, tauge, serta bawang goreng sebagai pelengkap.

Nah, yang istimewa dari mie celor sendiri adalah pengolahan serta kuah dan bumbu-bumbunya. Yang mana, kuahnya menggunakan terbuat dari ebi sebagai bahan utama, dicampur dengan santan, susu, tepung terigu, serta berbagai bumbu seperti merica, garam, gula, dan bumbu-bumbu lainnya.

Mengapa Banyak Orang Palembang yang Mirip Orang Tionghoa?

Rekomendasi Mie Celor Palembang

Berikut adalah beberapa rekomendasi mie celor Palembang yang bisa kawan GNFI coba :

1. Mie Celor 26 Ilir Hm. Syafei

Warung mie celor pertama ini namanya sudah sangat terkenal di seantero Kota Palembang. Tempat yang sudah buka sejak 1953 ini juga disebut-sebut sebagai pelopor kepopuleran mie celor. Bahkan, tempat ini juga sudah punya beberapa cabang.

Alamat : Jl. Merdeka No.54, Talang Semut, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang.

2. Mie Celor Poligon

Selain Mie Celor 26 Ilir Hm. Syafei, Mie Celor Poligon juga kerap jadi rekomendasi. Cita rasanya yang otentik dan pas di lidah membuat tempat ini selalu ramai oleh pembeli.

Alamat : Jalan Raya Bukit Sejahtera Blok BA No. 23, Karang Jaya, Kec. Gandus, Kota Palembang

3. Mie Celor Cek Gaia

Rekomendasi ketiga ini cocok bila kalian ingin mencoba mie celor di malam hari. Sebab, biasanya warung mie celor lain buka dari pagi hingga sore hari. Buka sampai dengan jam 8 malam, rasanya juga tidak kalah lezat.

Alamat : Jl. Srijaya Negara No.2, Bukit Lama, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang.

Untuk kawan GNFI yang berkunjung ke Palembang, selamat mencicipi nikmatnya mie celor Palembang, ya!

Ratu Sinuhun: Tonggak Lahirnya Undang-Undang Ramah Perempuan di Palembang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini