Mengenal Buah Langsat, Si Manis Mirip Duku yang Kaya Manfaat

Mengenal Buah Langsat, Si Manis Mirip Duku yang Kaya Manfaat
info gambar utama

Buah Langsat (Lansium domesticum) merupakan buah tropis yang ada di Asia Tenggara. Buah ini memiliki kulit tebal berwarna coklat atau merah muda ketika buah matang dan daging buah yang berwarna putih transparan.

Buah ini memiliki rasa yang manis dengan sedikit rasa asam yang menyegarkan. Daging buahnya berair, kenyal, dan lembut, mirip dengan duku, tetapi kulitnya sedikit lebih tebal.

Memiliki banyak manfaat saat disantap, simak karakteristik dan manfaat buah langsat berikut ini.

Karakteristik Buah Langsat

Buah Langsat

1. Memiliki Warna Kuning dengan Bintik-Bintik Gelap

Buah Langsat memiliki bentuk bulat dan agak lonjong mirip dengan buah duku. Buah ini memiliki warna kekuningan dengan bintik-bintik gelap kecoklatan di sekelilingnya. Untuk bagian isi, langsat memiliki warna bening keputih-putihan yang mengandung cairan pekat, seperti getah. Di dalam daging buahnya juga terdapat biji berwarna hijau yang sangat pahit.

2. Musim dan Pemanenan Buah Langsat

Buah Langsat tumbuh di pohon-pohon yang cukup besar dan hijau. Musim panen buah langsat terjadi saat musim panas hingga awal musim hujan. Karena kulitnya yang tipis dan rentan rusak, pemanenan dilakukan secara manual dengan dipetik.

3. Penyajian Buah Langsat

Kawan dapat menyantap buah langsat secara langsung setelah membuka kulitnya. Kamu bisa menikmati buah langsat secara langsung atau mencampurkannya ke dalam salad, jus, atau makanan lainnya yang penuh nutrisi.

Manfaat Buah Langsat

Buah Langsat

1. Kaya akan Vitamin

Buah Langsat memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Setiap 100 gram buah langsat mengandung 70 kalori, 0,9 zat besi, 0,9 gram fosfor, 13 gram karbohidrat, 0,7 gram mineral, 1,8 gram kalsium, 1 gram protein, dan 0,2 gram lemak.

2. Aman Dikonsumsi oleh Pengidap Diabetes

Buah langsat aman dikonsumsi bagi pengidap diabetes karena memiliki serat yang cukup tinggi. Serat yang tidak larut dapat mencegah berat badan berlebih.

3. Dapat Mengurangi Sembelit

Memiliki banyak serat, buah langsat dapat menjadi sumber serat yang dapat memenuhi 8-11% kebutuhan serat seseorang setiap harinya. Dengan mengonsumsi makanan kaya akan serat seperti buah langsat, sembelit bisa diatasi.

4. Membuat Perut Kenyang!

Selain mengatasi sembelit, buah langsat yang memiliki 57 kalori setiap 100 gramnya ini dapat membuat kamu kenyang lebih lama sehingga asupan makanan tercukupi. Buah ini dapat dijadikan sebagai pengontrol berat badan Kawan agar tidak makan berlebihan.

5. Menjaga Fungsi Saraf Tetap Baik

Buah Langsat memiliki beragam vitamin, mulai dari vitamin B kompleks, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan asam folat yang dapat membantu proses metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat sehingga sistem saraf tetap dapat berjalan dengan baik.

6. Dapat Mencerahkan Kulit

Beberapa produk kecantikan yang ada di Indonesia menjadikan ekstrak buah langsat sebagai formulanya yang kaya akan khasiat kecantikan. Buah langsat dapat melembapkan kulit berkat kandungan antioksidan yang dapat mencegah timbulnya keriput, kulit kering, dan tanda penuaan dini.

Nah, itu dia karakteristik dan manfaat buah langsat, buah tropis yang lezat dan menyehatkan, menawarkan berbagai manfaat nutrisi dan rasa yang nikmat. Jika Kawan memiliki kesempatan untuk mencicipi buah langsat, jangan ragu untuk menikmati kesegarannya!

Sumber:

RSUD Sawahlunto. Diakses pada 2022. 7 Manfaat Buah Langsat, Bisa Cegah Penyakit Kronis!
RS Karanggede. Diakses pada 2022. Manfaat Buah Langsat Bagi Kesehatan!

https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/langsat-buah-sederhana-dengan-manfaat-luar-biasa/

https://www.halodoc.com/artikel/cegah-penyakit-kronis-ini-8-manfaat-buah-langsat-bagi-kesehatan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Zihan Berliana Ram Ghani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Zihan Berliana Ram Ghani.

ZG
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini