Gelontorkan Rp110 Miliar, Pemerintah Kebut Perbaikan Jalan Penyangga IKN

Gelontorkan Rp110 Miliar, Pemerintah Kebut Perbaikan Jalan Penyangga IKN
info gambar utama

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai memperbaiki jalan rusak di kawasan penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). Tak tanggung-tanggung, total anggaran yang digelontorkan untuk proyek ini mencapai Rp110 miliar.

Adapun ruas jalan yang diperbaiki itu antara lain jalan daerah akses wisata Goa Batu Tapak Raja di Kabupaten Penajam Paser Utara sepanjang 9,7 kilometer. Jalan ini terhubung dengan Jalan Nasional Samboja—Sepaku menuju kawasan IKN dengan Destinasi Wisata Goa Batu Tapak Raja. Jalan ini juga mengaktifkan transmigran Semoi—Sepaku di Desa Wonosari.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa jalan tersebut milik Kabupaten Penajam Paser Utara yang melayani jalur transmigrasi. Di sana banyak perkebunan, pertanian, dan peternakan. Jika jalan telah diperbaiki, masyarakat akan mudah membawa hasil panen.

Dia pun mengatakan, perbaikan jalan penyangga IKN ditargetkan selesai Desember 2023

"Saya berharap nantinya dari kawasan ini bisa menghasilkan dan mengirimkan dengan mudah seperi telur, ayam, hingga sayuran, ke kawasan IKN," kata Basuki saat kunjungan kerja di kawasan IKN, Jumat (28/7/2023).

Penanganan jalan daerah yang rusak di IKN sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Inpres ini telah dimulai secara serentak di seluruh Indonesia pada akhir Juli 2023.

IKN Bakal Jadi Kota Netral Karbon Pertama di Indonesia

Menurut keterangan resmi Kementerian PUPR, perbaikan jalan akses wisata Goa Batu Tapak Raja digarap oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, setelah terkontrak pada 25 Juli 2023 lalu.

Perbaikan akses Wisata Goa Batu Tapak Raja dikerjakan dalam 2 paket pekerjaan. Pertama, paket sepanjang 4,8 km digarap oleh kontraktor PT Duta Mega Perkasa dengan nilai kontrak Rp34 miliar. Paket kedua, sepanjang 3,5 km ditangani oleh kontraktor PT Pesona Jaya senilai Rp33,2 miliar.

Selain akses Wisata Goa Batu Tapak Raja , perbaikan juga dilakukan di Jalan Riko Balikpapan ke Maridan Penajam Paser Utara sepanjang 6,5 km dengan nilai kontrak Rp43 miliar. Ruas ketiga tersebut juga termasuk jalan daerah pada kawasan penyangga IKN.

"Saya tidak ingin kalau kawasan inti IKN maju, tapi jalan daerah di sekitarnya tidak terawat atau tidak diperbaiki. Nanti bisa jomplang," sambung Basuki.

Pada kesempatan yang sama, Kasiyono, Kepala Desa Wonosari Kecamatan Sepaku, mengucapkan ucapan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas perbaikan jalan daerah menuju Wisata Goa Batu Tapak Raja.

“Di sini, kami punya hasil pertanian yang bisa mudah diangkut dan dijual ke Pasar Sepaku, serta potensi sektor pariwisata. Bagi masyarakat yang berkunjung ke IKN, bisa lebih mudah mampir ke Goa Batu Tapak Raja yang ada di desa kami,” tutur Kasiyono.

Terowongan Bawah Laut di IKN Mulai Dibangun 2024, Buat Apa?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini