Levy Madinda, Rekan Setim Aubameyang yang Menjajal Sepak Bola Indonesia bersama Persib

Levy Madinda, Rekan Setim Aubameyang yang Menjajal Sepak Bola Indonesia bersama Persib
info gambar utama

Inilah profil Levy Madinda, pemain baru Persib Bandung yang juga biasa bermain satu tim dengan Pierre-Emerick Aubameyang.

Nama Madinda masuk ke dalam daftar pemain Persib untuk mengarungi Liga 1 2023-2024. Ini adalah musim pertamanya menjajal sepak bola Indonesia.

Madinda diperkenalkan Persib pada Kamis (20/7/2023) lalu. Pihak klub mengumumkan bahwa ia didatangkan dengan status pinjaman dari klub Malaysia Johor Darul Ta'zim sebagai pengganti Tyronne Gustavo del Pino yang cedera dan dipastikan tidak bisa bermain untuk waktu yang cukup lama.

"JDT meminjamkan pemain ini hingga bulan Desember 2023," kata Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono seperti dilansir laman resmi klub.

Tijjani Reijnders, Pemain AC Milan yang Ternyata Keturunan Indonesia

Profil Levy Madinda

Madinda adalah pesepak bola yang berasal dari Gabon, sebuah negara yang berada di Benua Afrika bagian tengah. Ia lahir di Libreville pada 22 Juni 1992.

Di lapangan, Madinda biasa menempati posisi gelandang serang. Ia juga ternyata merupakan pemain yang berpengalaman main di Eropa, bahkan pernah merasakan beraksi di La Liga Spanyol.

Karier senior Madinda diawali di negara asalnya bersama klub AS Stade Mandji. Pada 2010, ia direkrut klub Spanyol Celta Vigo dan bermain di sana hingga 2017. Di sana pula Madinda mendapatkan kesempatan tampil di La Liga.

Setelah meninggalkan Celta Vigo pada 2017, Madinda secara berturut-turut membela Asteras Tripoli di Yunani, lalu ke Turki untuk bergabung dengan Ümraniyespor, Keçiörengücü, dan Giresunspor.

Madinda berkarier di Turki hingga 2021. Setelahnya, ia hijrah ke Malaysia untuk bergabung dengan Sabah FA, lalu ia pindah lagi ke Johor Darul Ta'zim di mana di klub tersebut ia juga dipinjamkan ke Negeri Sembilan dan kini ke Persib.

Menariknya lagi, Madinda juga pernah menjadi salah satu andalan Timnas Gabon. Ia pun kerap bermain bersama penyerang beken yang pernah membela Arsenal, Barcelona, dan Chelsea, yakni Pierre-Emerick Aubameyang.

Terakhir kali Madinda dan Aubameyang bersama di Timnas Gabon adalah saat mereka menghadapi Libya dalam laga Kualifikasi Piala Dunia pada 12 November 2021. Saat itu, Madinda hanya duduk di bangku cadangan sementara Aubameyang mencetak gol kemenangan 1-0 bagi Gabon.

Kini, Madinda menyambut petualangan barunya bersama Persib. Ia pun berjanji akan tampil maksimal.
"Bergabung dengan Persib adalah kesempatan yang sangat baik dan saya siap mengerahkan kemampuan 100 persen untuk tim," katanya.

Stadion Manahan, Bekas Tempat Pacuan Kuda yang Jadi Panggung Final Piala Dunia U-17 2023

Referensi:

  • https://persib.co.id/berita/madinda-tak-sabar-gabung-persib
  • https://persib.co.id/berita/wilujeng-sumping-madinda



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini