Stadion Manahan, Bekas Tempat Pacuan Kuda yang Jadi Panggung Final Piala Dunia U-17 2023

Stadion Manahan, Bekas Tempat Pacuan Kuda yang Jadi Panggung Final Piala Dunia U-17 2023
info gambar utama

Mengenal lebih dekat Stadion Manahan, sarana olahraga yang bakal jadi tempat laga final Piala Dunia U-17 2023.

Stadion Manahan merupakan sarana olahraga yang terletak di Solo, Jawa Tengah. Stadion ini terletak di jantung kota Solo yang sekaligus menjadi salah satu bangunan ikonik di sana.

Secara administratif, Stadion Manahan berada di Jl. Adi Sucipto, Kecamatan Banjarsari. Lokasinya juga tak jauh dari Stasiun Purwosari dan Stasiun Balapan serta Terminal Tirtonadi sehingga stadion ini cukup mudah diakses menggunakan berbagai moda transportasi.

Stadion Manahan dapat menampung hingga 20 ribu penonton. Selain itu, di sekitarnya terdapat berbagai sarana olahraga lain mulai dari velodrome, lapangan tenis, lapangan voli indoor, serta fasilitas penunjang seperti tempat parkir dan taman.

Menariknya lagi, lokasi di mana Stadion Manahan berdiri adalah tempat yang bersejarah. Ternyata, area Stadion Manahan dulunya adalah tempat untuk pacuan kuda.

Seperti dicatat laman resmi Pemerintah Kota Surakarta, adalah Kadipaten Mangkunegaran yang pada masa lampau menggunakan pacuan kuda tersebut. Ini bisa dipahami mengingat jarak antara Stadion Manahan dengan Istana Mangkunegaran yang juga bisa dibilang cukup dekat.

Ya, Stadion Manahan dan Istana Mangkunegaran hanya berjarak tidak sampai 3 km. Untuk dketahui, Kadipaten Mangkunegaran adalah semacam monarki otonom yang berada di bawah Kasunanan Surakarta.

Frank Wormuth, Pelatih Jebolan Liga Jerman dan Belanda yang Gabung Timnas U-17 Indonesia

Panggung Final Piala Dunia U-17 2023

Stadion Manahan biasa digunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola mulai dari skala nasional hingga internasional. Stadion ini digunakan klub Persis Solo untuk menggelar pertandingan Liga 1, lalu Timnas Indonesia juga pernah berlaga di sana.

Pada 2023 ini, Stadion Manahan juga bakal menggelar ajang internasional besar di kancah sepak bola. Ajang tersebut adalah Piala Dunia U-17 2023.

Spesialnya lagi, Stadion Manahan mendapat kehormatan untuk menjadi lokasi gelaran pertandingan semifinal dan final. Artinya, Stadion Manahan akan menjadi saksi pertarungan pamungkas untuk menjadi tim terbaik di Piala Dunia U-17 2023.

"Stadion untuk semifinal dan final Piala Dunia U-17 di Surakarta. FIFA akan hadir akhir bulan mengecek seluruh fasilitas stadion yang diusulkan," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir seperti dilansir laman resmi PSSI.

Piala Dunia U-17 2023 akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Ajang ini akan diikuti 24 negara dari 6 konfederasi.

Mengenal 5 Stadion Piala Dunia U-17 di Indonesia, Ada Sejarahnya!

Referensi:

  • https://surakarta.go.id/?p=23867
  • https://www.pssi.org/news/stadion-manahan-jadi-venue-semifinal-dan-final-piala-dunia-u-17



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini