Sepatu dari Bahan Bekas Karya Eren Rivan Dapat Apresasi dari Kemenparekraf

Sepatu dari Bahan Bekas Karya Eren Rivan Dapat Apresasi dari Kemenparekraf
info gambar utama

Eren dan Rivan di jagat maya kian menjadi perbincangan hangat karena kreasi sepatu mereka dari bahan-bahan yang tidak terpakai.

Perjalanan mereka dalam usaha sepatu dimulai pada Februari 2023. Eren belajar membuat sepatu dari seorang teman, memahami seluk-beluk pembuatan upper sepatu, pemasangan sol, teknik menjahit, hingga strategi pemasaran.

Kreativitas mereka mendapat pengakuan, walaupun Eren mengakui bahwa tidak semua langkah dalam usaha ini berjalan mulus. Saat mencoba mempromosikan produknya melalui live di TikTok, jumlah penontonnya masih terbatas.

Apresiasi pun datang dari Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, yang mengakui inovasi luar biasa yang dihasilkan oleh kakak-beradik Eren dan Rivan dengan menciptakan sepatu ekonomi kreatif dari bahan-bahan bekas, seperti baju bekas, plastik, hingga karung.

Penyampaian apresiasi ini dilakukan dalam acara Creative Talkshow Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 yang berlangsung di Mega Mall Batam pada tanggal 28 Juli 2023 yang juga turut mengundang kakak beradik tersebut.

“Jadi bahan-bahan yang sudah menjadi limbah diolah akhirnya menjadi berkah gitu ya,” kata Menparekraf Sandiaga dikutip dari keterangan tertulis Kemenparekraf.

Deretan Brand Sepatu Lokal yang Mendunia

Terus berusaha dan membuahkan hasil

Karena gigihnya upaya dari Eren, Rivan memberikan bantuan dan berhasil menarik perhatian banyak penonton. Berkat upaya tersebut, dengan modal awal sebesar Rp100 ribu, saat ini omzet mereka mencapai Rp10-15 juta dalam sebulan.

Menparekraf Sandiaga menyatakan bahwa kisah ini menjadi inspirasi bahwa dengan modal yang terbatas, yaitu Rp100 ribu, mereka kini mampu menghasilkan pendapatan sebesar Rp10 juta per bulan. Mereka diberi peluang dan kini menghadapi tantangan dari banyak pesanan yang masuk.

Namun, kendala mereka saat ini adalah terbatasnya modal untuk memenuhi pesanan yang demikian banyak.

Menparekraf juga mendorong Evan dan Rivan untuk memanfaatkan berbagai program dari Kemenparekraf/Baparekraf yang dapat membantu meningkatkan kualitas produk dan pemasaran, serta memberikan akses permodalan yang lebih baik. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat berkembang lebih maju di masa yang akan datang.

Eren menyatakan bahwa saat ini banyak public figure yang tertarik dan memesan produk sepatunya, termasuk Raffi Ahmad.

Eren bahkan berbagi momen ketika ia membuatkan sepatu khusus untuk Raffi Ahmad yang akan digunakan dalam acara peringatan anniversary salah satu program televisi. Namun, konten yang dia unggah mendapatkan berbagai macam reaksi dari netizen.

"Dari komentar negatif, banyak juga yang mendukung kami,” ujar Eren.

Rivan, sang adik, juga memiliki pandangan yang sama dengan Eren. Dia tidak memperdulikan komentar negatif dari netizen dan tetap fokus pada usahanya menciptakan sepatu dari bahan-bahan bekas yang kreatif.

“Sama netizen itu yang penting jangan patah semangat, harus rendah hati dan terpenting harus semangat bikin konten dan harus berjuang sampai sukses ke depannya,” tutur Rivan.

Node, Jenama Sepatu Lokal yang Memanfaatkan Limbah Produksi Pertanian

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini