Deretan Brand Sepatu Lokal yang Mendunia

Deretan Brand Sepatu Lokal yang Mendunia
info gambar utama

Kawan GNFI, tau ga sih? Indonesia menjadi salah satu produsen alas kaki ke-4 terbanyak di dunia. Ada banyak sekali sepatu lokal yang kualitasnya tidak kalah bagus dengan buatan luar negeri, bahkan beberapa dari sepatu lokal ini sudah bisa menembus pasar global, loh!

Hal ini patut menjadi sebuah kebanggan, karena produk Indonesia sudah mampu bersaing di pasar global. Baik dari segi kualitas maupun desain. Nah, daripada penasaran, yuk, kita simak ulasannya di bawah ini!

Sagara Bootmaker

Siluet dari sepatu Sagara | Sumber foto: Digination.id
info gambar

Brand satu ini jangan diragukan lagi kalau ditanya soal kualitas, sudah banyak media asing yang mengekspos kemampuan industri sepatu Indonesia dalam menghasilkan boots yang berkualitas dan bisa bersaing dengan produk kelas dunia.

Bahkan pasar utama dari brand Sagara ini adalah Amerika Serikat, sekitar 80 persen dari produksi. Sisanya disebarkan di Eropa dan Asia. Dengan pemilihan bahan kulit yang terbaik dan seluruh produksi dilakukan secara manual dengan tangan, membuat harga dan kualitas sepatu ini menjadi mahal.

Brand ini juga sudah mengekspor sepatunya ke negara-negara lain lain, seperi Jepang, Prancis, bahkan Italia.

Baca juga: Indonesia Jadi Salah Satu Produsen Alas Kaki Terbanyak di Dunia

Mario Minardi

Beberapa koleksi sepatu dari Mario Minardi | Sumber foto: www.mariominardi.com
info gambar

Mario Minardi merupakan sebuah brand sepatu lokal Indonesia yang tembus pasar global. Didirikan pertama kali di tahun 1982 oleh Kakek Handiman, kini Mario Minardi dipegang oleh generasi ketiga.

Banyak yang mengira brand satu ini berasal dari Italia, karena memiliki kualitas internasional. Padahal, Mario Minardi adalah brand asal Indonesia. Dengan material kulit yang diimpor dari berbagai negara, dan didukung dengan tenaga kerja yang terampil, brand ini mampu menghadirkan koleksi sepatu yang berkualitas dan elegan.

Pijakbumi

Sepatu ramah lingkungan dari Pijakbumi | Sumber foto: lifestyle.bisnis.com
info gambar

Brand satu ini memiliki ciri khas dengan bahannya yang ramah lingkungan. Dengan bahan yang terbuat dari kulit natural dan ekstrak tumbuhan, menjadi daya tarik tersendiri dari sepatu ini.

Pijakbumi didirikan oleh Rowland Asfales dengan konsep orisinalitas desain, kearifan lokal, dan bahan material yang ramah lingkungan guna mengurangi emisi karbon. Dengan memadupadankan bahan baku pilihan, brand ini mampu menghasilkan produk sepatu yang berkualitas.

Dengan kualitasnya yang bagus, serta kampanyenya dalam menjaga lingkunga Pijakbumi berhasil menarik perhatian pasar global. Bahkan, produk dari Pijakbumi telah diekspor ke 20 negara di dunia.

Baca juga: Pertama di Dunia, Sepatu dari Kulit Ceker Ayam Asal Bandung

Piero

Dukung gaya hidup dengan sepatu Piero | MediaIndonesia
info gambar

Dilihat dari namanya, brand sepatu lokal Piero identik dengan nama Italia. Padahal brand sepatu ini asli buatan Indonesia yang berasal dari Solo, Jawa Tengah.

Piero ternyata berasal dari kata urip yang artinya '"idup". Dalam ejaan lama Jawa ini bisa ditulis oerip. Jika dibalik maka jadilah nama Piero. Dan ini memang sesuai dengan filosofi pendirinya yang ingin terus menghidupi karyawannya.

Brand satu ini memiliki kualitas dan desain yang tidak kalah saing dengan buatan luar negeri. Bahkan, Piero menarik perhatian pecinta sneakers, lantaran rilisan seri premiumnya. Selain itu, sepatu ini juga pernah bekerja sama dengan Indonesia Sneakers Team.

Compass

Cerita di balik desain sepatu Compass | Sumber foto: Kompas.com
info gambar

Didirikan pada tahun 1998, perusahaan sepatu Compass sempat mengalami keterpurukan di tahun 2000an. Lantaran minat masyarakat yang lebih memilih produk luar. Lalu, Sepatu Compass mulai bangkit di tahun 2017 lewat model Gazzele Vintage yang begitu digemari hingga saat ini.

Tidak hanya dari segi kualitas dan desain, strategi penjualan dari brand satu ini patut diacungi jempol. Kolaborasi Compass dengan artis dunia, dan brand pakaian terkenal sangat mempengaruhi penjualan sepatu ini.

Keunggulan sepatu ini juga nampak dari desain dan cerita dibaliknya. Compass selalu memberikan makna dari setiap desain sepatunya, sehingga memberikan pengalaman yang unik bagi para penggunanya.

Baca juga: 7 Kisah Unik Kehidupan Bung Hatta: Selevel Wapres Tidak Mampu Beli Sepatu

Berkat inovasi yang dilakukan, serta kualitas produk yang unggul, merek-merek ini berhasil menarik perhatian konsumen di luar negeri. Pencapaian ini tidak hanya mengingkatkan citra sepatu Indonesia di kancah internasional tetapi juga membuka peluang untuk lebih banyak merek lokal lainnya untuk mampu bersaing di pasar lokal.

Sumber referensi:

  • https://ussfeed.com/sepatu-lokal/seo/
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/01/05/indonesia-produksi-1-2-miliar-alas-kaki-inilah-10-negara-produsen-alas-kaki-terbesar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini