Pesona Ngarai Sianok dengan Panorama Indahnya yang Ikonik Bukittinggi

Pesona Ngarai Sianok dengan Panorama Indahnya yang Ikonik Bukittinggi
info gambar utama

Bicara soal daya tarik Sumatra Barat ada sebuah lembah bernama Ngarai Sianok. Nama Ngarai Sianok sendiri tentu sudah tidak asing lagi di kalangan para traveler sebagai sebuah keajaiban alam yang hadir di Ranah Minang. Lokasinya sendiri berada di perbatasan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, jaraknya kurang lebih sekitar 90 kilometer dari Kota Padang.

Mari kita ketahui lebih lanjut soal tujuan wisata ikonik di Sumatra Barat ini.

Kisah Bung Hatta dalam Perjalanan Kereta Api dari Bukittinggi

Sejarah Terbentuknya Ngarai Sianok

Ngarai Sianok adalah lembah yang indah dan unik yang terbentuk oleh proses alamiah yang menakjubkan. Lembah ini memiliki panjang sekitar 15 kilometer, lebar 2 kilometer, dan kedalaman 100 meter.

Pemandangan di Ngarai Sianok adalah hasil dari jutaan tahun proses alam yang kompleks. Saat lempeng bumi bergeser dan terjadi patahan, jurang curam yang memukau tercipta, menghadirkan keajaiban alam yang menakjubkan dan khas bagi kawasan ini.

Ngarai Sianok terbentuk akibat turunnya sebagian lempengan bumi yang memicu patahan dengan wujud jurang curam. Proses ini berlangsung selama jutaan tahun dan menghasilkan pemandangan yang menakjubkan seperti yang kita lihat sekarang.

Ngarai Sianok juga merupakan bukti nyata dari aktivitas pergerakan lempeng bumi di Pulau Sumatera. Patahan di Sianok merupakan bagian dari Patahan Semangko, yang membelah Pulau Sumatera menjadi dua bagian dan membentuk Pegunungan Bukit Barisan. Patahan Semangko adalah salah satu patahan yang termasuk aktif di Indonesia dan terus bergerak hingga saat ini.

Jam Gadang Bukittinggi, Big Ben Versi Indonesia

Panorama Ngarai Sianok

Kawasan Ngarai Sianok Bukittinggi dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi. Saat tiba di Ngarai Sianok, pesona alamnya langsung menghipnotis mata Kawan GNFI yang berkunjung dengan embah hijau yang menakjubkan terbentang luas di bawah langit biru.

Di kedua sisinya, tebing-tebing ini berwarna coklat kemerahan dan terlihat sangat indah, dihiasi oleh berbagai macam tanaman hijau yang tumbuh subur, menjulang tinggi, menciptakan pemandangan dramatis yang memukau. Hutan-hutan rimbun di sekeliling lembah menambah kesan alami yang menyejukkan pikiran.

Selain pesona lembah, Ngarai Sianok juga menawarkan keindahan khas saat matahari terbenam. Warna-warni langit senja yang memantulkan cahaya di antara tebing-tebing curam menciptakan suasana

Di dasar lembah, terdapat Sungai Sianok yang mengalir deras. Sungai ini merupakan sumber air bagi masyarakat sekitar dan juga merupakan salah satu objek wisata yang menarik.

Selain keindahan alamnya, Ngarai Sianok juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Di sekitar Ngarai Sianok ini juga terdapat beberapa situs peninggalan sejarah, seperti Benteng Fort de Kock dan Goa Jepang.

Sebagai rekomendasi, bila berangkat dari Kota Padang, sebelum berkunjung ke Ngarai Sianok bisa singgah sejenak ke Air Terjun Lembah Anai agar jalan-jalan kalian di Ranah Minang bisa semakin lengkap. Air terjun setinggi 35 meter ini terletak di tepi Jl. Raya Padang-Bukittinggi.

Jadi, apakah kawan GNFI tertarik untuk melancong ke Ngarai Sianok Bukittinggi?

10 Oleh-Oleh yang Wajib Kawan Bawa Pulang Saat Liburan ke Bukittinggi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini