Anak Paskibra, Ini Lho Arti Logo dan Lambang Paskibra yang Sarat Makna

Anak Paskibra, Ini Lho Arti Logo dan Lambang Paskibra yang Sarat Makna
info gambar utama

Perayaan 17 Agustus selalu identik dengan upacara bendera. Dalam upacara bendera terdapat petugas upacara yang menjadi pelaksana seluruh rangkaian kegiatan ini. Salah satu petugas yang penting adalah Pasukan Pengibar Bendera atau Paskibra.

Anggota Paskibra terdiri kelompok pelajar atau mahasiswa yang akan menjadi penanggung jawab dalam pengibaran bendera merah-putih. Tidak hanya mengibarkan, tapi termasuk juga menurunkan bendera negara, Indonesia, dengan penuh disiplin, ketelitian, dan kebanggaan. Mereka akan dibagi untuk mengibarkan sang saka Merah Putih di tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi hingga Istana Negara.

Untuk menjadi salah satu dari mereka, para pelajar mulai tingkat SMP hingga SMA dan perguruan tinggi wajib melalui seleksi yang ketat. Karena untuk menjadi seorang Paskibraka haruslah mereka yang memiliki kepribadian kuat, komitmen dan kedisiplinan.

Untuk mempersatukan Paskibra di seluruh Indonesia. Mereka menandai diri dengan sebuah logo yang sama. Tapi, tidak banyak orang yang mengetahui tentang lambang maupun arti logo dalam Paskibra.

Dalam Paskibraka terdapat 2 logo yang berbeda, pertama untuk mereka yang masih aktif bertugas, dengan logo perisai warna hitam. Sedangkan yang sudah menjadi Purna memiliki lambang teratai berwarna hijau. Berikut ulasan detailnya untuk kalian:

Lambang Anggota Aktif Paskibra

Lambang Paskibra mulai digunakan pada tahun 1973. Memiliki desain perisai warna hitam dengan garis tepi berwarna kuning. Di dalam perisai itu terdapat tulisan PASUKAN PENGIBAR BENDERA PUSAKA, kemudian terdapat gambar sepasang anggota Paskibra yang berlatar Bendera Merah Putih.

Lambang Anggota Aktif Paskibra | Foto: paskibraka.bpip.go.id
info gambar

Makna Lambang tersebut adalah

  1. Bentuk Perisai: Melambangkan sikap “Bela Negara” yang bermakna keteguhan dan kepercayaan diri
  2. Garis tepi warna kuning: Berarti sebuah kebanggaan dan keteladanan yang harus menjadi nilai dasar anggota paskibra
  3. Anggota Paskibra: Menunjukan bahwa anggota Paskibra terdiri dari putra putri terbaik bangsa yang memiliki tekad abdi negara dan akan terus memberikan yang terbaik bagi pembangunan Indonesia
  4. Bendera Merah Putih yang berkibar: Melambangkan kebesaran Negara Indonesia yang wajib dijunjung tinggi oleh seluruh elemen masyarakat
  5. Garis horizon bertingkat: Menunjukan tingkatan anggota paskibra tersebut, dari Nasional, Provinsi hingga Kabupaten

Lambang Purna Paskibra

Persatuan Anggota Paskibra tidak hanya ketika mereka bertugas, namun juga ketika menjadi Purna. Hal ini dimaksudkan agar bisa membantu proses regenerasi untuk mencetak anggota-anggota lain. Untuk itu, para Purna ini memiliki lambang sebagai berikut:

Lambang Purna Paskibra | Foto: paskibraka.bpip.go.id
info gambar

Makna lambang tersebut adalah

  1. Bunga Teratai: Bunga teratai identik dengan makna kebangkitan dan kemurnian. Hal ini karena teratai tumbuh di lumpur dan air, tetapi mekar dengan indah di atas permukaan air. Ini melambangkan kemampuan untuk bangkit dan mekar di tengah kesulitan. Sehingga menjadi simbol keberanian, kekuatan, dan harapan bagi bangsa Indonesia
  2. Tiga helai daun teratai yang tumbuh ke atas (mahkota bunga) melambangkan bahwa anggota Paskibra haruslah memiliki kemauan belajar, bekerja dan berbakti
  3. Tiga helai daun teratai yang tumbuh mendatar dan menjulang menunjukan bahwa anggota Paskibra harus aktif, disiplin dan gembira
  4. Mata Rantai di sekeliling bunga Teratai menunjukan bahwa semua anggota Paskibra memiliki persaudaraan yang kokoh dan kuat tanpa membedakan suku, ras dan agama.

Itulah arti Logo dalam Paskibra. Gimana? keren banget kan kegiatan satu ini.

Sumber:

  • https://paskibraka.bpip.go.id/
  • https://paspram.wordpress.com/materi/makna-lambang-paskibra/
  • https://www.suara.com/news/2022/08/16/204659/apa-arti-logo-dan-lambang-paskibraka-ternyata-memiliki-makna-mendalam

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini