Jelajahi Keunikan Alun Alun Bawah Tanah Surabaya

Jelajahi Keunikan Alun Alun Bawah Tanah Surabaya
info gambar utama

Surabaya menyuguhkan beragam destinasi yang menarik bagi para wisatawan salah satunya yaitu Alun Alun Bawah Tanah Surabaya. Tidak seperti alun-alun biasanya tempat wisata ini menyajikan pengalaman yang unik dan tak terlupakan.

Tersembunyi di bawah gemerlapnya kota, alun-alun ini menjadi destinasi unik yang mengundang para traveler untuk merasakan pesona bawah tanah yang belum pernah dialami sebelumnya.

Bagi Kawan yang ingin mengenalnya lebih jauh, mari simak ulasan mengenai alun-alun di Kota Pahlawan ini hingga selesai!

Apa Itu Alun Alun Bawah Tanah Surabaya?

Alun alun bawah tanah surabaya
info gambar

Alun Alun Bawah Tanah Surabaya hadir sebagai sebuah terobosan kreatif yang menggabungkan seni, budaya, dan teknologi dalam satu destinasi wisata yang ikonik.

Alun-alun ini seakan mengajak pengunjung untuk menjelajahi dimensi baru, menjauh sejenak dari hiruk-pikuk kota di permukaan, dan memasuki dunia bawah tanah yang penuh dengan kejutan.

Luas Alun Alun Bawah Tanah Surabaya sendiri kurang lebih mencapai 1,46 hektar. Di mana dalam hal ini mencakup beberapa area publik, ruang terbuka, dan ruang bawah tanah. Mulai dari sekitar Balai Pemuda, area di bawah tanah Jalan Yos Sudarso, dan lahan di sekitar Persil Pemuda 17 dengan total luas sekitar 8.570 meter persegi.

Setelah diresmikan pada 17 Agustus 2020 alun-alun ini pertama kali dibuka untuk umum dengan akses terbatas karena situasi pandemi Covid-19 pada waktu itu. Meskipun demikian, minat masyarakat dan pengunjung untuk melihat langsung alun-alun ini sangat tinggi. Apalagi terkenal dengan konsepnya yang unik sebagai alun-alun bawah tanah pertama di Indonesia.

Lokasi, Cara Masuk, dan HTM Alun Alun Bawah Tanah Surabaya

Bagi Kawan yang ingin menjelajahi destinasi unik yang berlokasi di Jalan Gubernur Suryo No. 15 ini, terdapat beberapa ketentuan yang perlu Kawan ketahui.

Mengingat, pemerintah Kota Surabaya telah mengubah peraturan mengenai kunjungan alun-alun ini. Di mana keputusan ini didasarkan pada pemberlakuan PPKM Level 2 yang berlaku di Kota Surabaya.

Sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 16 Tahun 2022 beberapa fasilitas seperti area publik, taman, hingga tempat wisata umum diizinkan untuk dibuka. Di mana hal ini tentunya juga dibatasi dengan kapasitas 75 persen saja.

Saidatul Ma’munah selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Museum dan Gedung Seni Balai Budaya menjelaskan bahwa Alun-Alun Surabaya akan dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Jika Kawan ingin memasuki area alun-alun bawah tanah ini maka harus terlebih dulu melakukan skrining melalui aplikasi Peduli Lindungi. Selain itu anak-anak di bawah usia 6 tahun perlu didampingi oleh orang tua yang sudah menerima vaksinasi dosis 2.

Sebagai tambahan informasi, area outdoor Alun Alun Bawah Tanah Surabaya memiliki batas maksimal 200 pengunjung sedangkan ruangan basement sendiri dibatasi hingga 100 orang saja. Kapasitas pengunjung yang telah diatur ini tak lain untuk menjaga keamanan dan kenyamanan.

Nantinya para pengunjung bisa langsung mengunjungi area wisata outdoor alun-alun tanpa harus memesan tiket terlebih dahulu. Di mana jam bukanya sendiri beroperasi setiap hari Senin hingga Minggu dari pukul 07.00 hingga 21.00.
Sementara itu area wisata basement alun-alun ini hanya akan beroperasi pada hari Selasa hingga Minggu dengan jam buka mulai pukul 09.00 hingga 19.00.

Untuk, tiket masuk, Kawan tidak perlu khawatir harus merogoh kocek dalam-dalam, karena alun-alun ini dapat dinikmati tanpa harus melakukan pembelian tiket alias gratis.

Dengan demikian tak mengherankan jika destinasi ini menjadi begitu populer terutama di kalangan anak muda yang ingin mengeksplorasi keunikan kota Surabaya. Jika Kawan ingin mengabadikan momen dengan foto-foto yang menakjubkan tentunya cukup memotretnya lewat kamera atau smartphone saja, bukan?

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Alun Alun Bawah Tanah Surabaya

aktivitas di alun alun bawah tanah surabaya
info gambar

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh para wisatawan ketika mengunjungi alun-alun ini, beberapa di antaranya yaitu :

Menikmati Pameran Seni di Area Basement

Area basement Alun Alun Bawah Tanah Surabaya memiliki magnet tersendiri karena terdapat pameran seni di area ini. Pengunjung memiliki kesempatan untuk berfoto atau menikmati berbagai karya seni yang dipamerkan di sini. Tentu ini merupakan kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan nuansa seni lokal dan mengapresiasi kreativitas para seniman.

Bermain Skateboarding

Di Alun Alun ini terdapat area yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung yang gemar bermain skateboard atau papan seluncur. Tentunya tempat ini sangat cocok untuk menunjukkan sekaligus mengasah keterampilan dalam olahraga tersebut serta untuk bersenang-senang dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama.

Eksplorasi Sejarah di Balai Pemuda

Bagi para wisatawan yang tertarik dengan sejarah, Balai Pemuda adalah destinasi yang menarik. Didirikan pada tahun 1907 bangunan ini dulunya dikenal sebagai Simpangsche Societeit tempat hiburan bagi kalangan atas Eropa, terutama warga Belanda. Keindahan arsitektur dan sejarahnya menciptakan latar belakang yang sempurna untuk berfoto menjadikan pengalaman mengunjungi Alun-Alun lebih berkesan.

Wisata Outdoor dan Monumen Kapal Selam

Selain aktivitas di Alun Alun Bawah Tanah itu sendiri, para pengunjung nantinya juga dapat menjelajahi tempat wisata outdoor di sekitarnya. Salah satu yang dapat Kawan kunjungi adalah Monumen Kapal Selam Surabaya. Monumen ini menawarkan pengalaman yang mendalam mengenai sejarah maritim Indonesia.

Hal ini tentunya bisa menjadi kesempatan bagi Kawan untuk belajar lebih banyak tentang industri kelautan dan peran kapal selam dalam sejarah bangsa. Menariknya lagi, ternyata Kawan juga dapat bersantai sambil menikmati kuliner lezat dari berbagai gerai makanan dan kafe yang ada di sekitar Alun-Alun. Dengan begitu, Kawan bisa mengeksplorasi cita rasa khas Surabaya sambil menikmati suasana yang unik dan nyaman.

Daftar Online Kunjungan Art Gallery Alun Alun Bawah Tanah Surabaya

Khusus, bagi pengunjung yang ingin masuk ke area basement alun-alun untuk melihat pameran karya seni diharuskan melakukan pendaftaran online melalui laman web tiketwisata.surabaya.go.id.

Proses registrasinya sendiri pada dasarnya begitu mudah, di mana Kawan bisa memulainya dengan mengisi formulir secara digital melalui situs web tersebut.

Setelah pengisian formulir selesai, maka langkah selanjutnya adalah mengunduh atau mengambil tangkapan layar sebagai bukti bahwa pendaftaran telah berhasil dilakukan. Bukti pendaftaran ini kemudian perlu ditunjukkan kepada petugas sebelum pengunjung diizinkan memasuki area galeri alun-alun.

Persyaratan pendaftaran ini diterapkan untuk memastikan bahwa wisatawan yang ingin mengunjungi pameran seni di Alun Alun Bawah Tanah Surabaya telah terdaftar dengan benar dan memenuhi persyaratan sebelum memasuki area tersebut. Tujuan dari perubahan aturan ini juga berguna agar kunjungan lebih terorganisir, pemantauan jumlah pengunjung lebih mudah, dan tentunya peningkatan pengalaman kunjungan bagi para wisatawan agar lebih baik lagi.

Alun Alun Bawah Tanah Surabaya merupakan destinasi wisata yang dapat menggabungkan seni, kreativitas, dan inovasi untuk menciptakan pengalaman unik bagi warganya. Jika Kawan mencari petualangan baru lewat destinasi unik di tengah-tengah Kota Surabaya, alun-alun ini adalah tempat yang tak boleh Kawan lewatkan.

Sumber :

Sumber:

  • https://www.rumah.com/areainsider/surabaya/article/alun-alun-bawah-tanah-surabaya-16796
  • https://travel.kompas.com/read/2023/01/23/060600627/alun-alun-surabaya--jam-buka-aktivitas-dan-tiket-masuk?page=all
  • https://travelspromo.com/htm-wisata/alun-alun-surabaya/
  • https://kanalberita.co/2023/01/24/bermain-di-alun-alun-surabaya-ini-jam-buka-aktivitas-dan-tiket-masuk/
  • https://www.rancakmedia.com/travel/30480/cara-masuk-alun-alun-surabaya-bawah-tanah/
  • https://www.surabaya.go.id/id/berita/65720/alun-alun-surabaya-kembali-dibu
  • https://www.surabaya.go.id/id/berita/72002/digunakan-sebagai-lokasi-syuting-film-alun-alun-surabaya-tutup-sementara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini