Marcos Sorato, Pelatih Juara Dunia yang Kini Membesut Timnas Futsal Indonesia

Marcos Sorato, Pelatih Juara Dunia yang Kini Membesut Timnas Futsal Indonesia
info gambar utama

Timnas Futsal Indonesia punya pelatih baru, namanya Marcos Aurelio Sorato.

Marcos didatangkan oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI) untuk menggantikan Mohammad Hashemzadeh. Sebagaimana diketahui, Hashemzadeh sebelumnya melatih Timnas Futsal Indonesia sejak Maret 2022 hingga mengundurkan diri pada Juli 2023.

Marcos diperkenalkan oleh Ketua Umum FFI Hary Tanoesoedibjo pada Sabtu (5/8/2023). Lewat akun Instagram miliknya, Hary menyatakan bahwa perekrutan Marcos adalah bagian dari upaya untuk membangun futsal Indonesia agar lebih baik lagi.

"Kita berikan yang terbaik untuk futsal Indonesia dengan menghadirkan Marcos Aurelio Sorato Zapelini." tulis Hary dalam unggahan Instagram-nya.

Kedatangan Marcos bisa dibilang spesial. Sebab, ia adalah pelatih kelas wahid dengan pencapaian luar biasa, bahkan pernah jadi juara dunia.

Tijjani Reijnders, Pemain AC Milan yang Ternyata Keturunan Indonesia

Dari Brasil ke Pentas Dunia

Marcos Aurelio Sorato lahir di Criciúma pada 5 November 1970. Sebelum menjadi pelatih, ia aktif sebagai pemain futsal dan menghabiskan karier profesionalnya di Spanyol dan Brasil hingga 2003.

Di Spanyol pula Marcos memulai karier kepelatihannya dengan melatih klub ssbelum kemudian direkrut untuk Timnas Futsal Brasil. Di sana, ia menjadi asisten pelatih bagi PC de Oliveira.

Saat menjabat asisten pelatih inilah Marcos mampu membawa Brasil meraih beragam gelar bergengsi. Dari gelar-gelar tersebut, yang paling prestisius adalah juara Piala Dunia Futsal 2008.

Pada 2009, Marcos naik jabatan menjadi pelatih kepala seiring dengan perginya PC de Oliveira. Saat menjadi pelatih kepala ini, ia terus mempersembahkan gelar bagi Brasil. Pada 2012, Marcos bahkan lagi-lagi membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia Futsal.

Perjalanan Marcos bersama Brasil berakhir pada Januari 2013 setelah ia terlibat konflik dengan petinggi federasi terkait pemecatan dua stafnya. Setelah meninggalkan Brasil, Marcos hijrah ke Eropa dan melanjutkan karier di Italia dan Rusia.

Berikutnya, Marcos menjajal peruntungannya di Asia dengan melatih di Uni Emirat Arab. Selain itu, ia juga pernah melatih klub di China. Bisa dibilang, Marcos adalah pelatih sarat pengalaman yang telah membuktikan kemampuannya di berbagai belahan dunia.

Kini di Indonesia, Marcos memulai kiprahnya dengan target tinggi. Tak tanggung-tanggung, sebagaimana disampaikan Hary Tanoesoedibjo, target tersebut adalah lolos ke Piala Dunia Futsal.

Tak hanya itu, ada pula misi lain yang juga tak mudah. Marcos diharapkan bisa mengantar Indonesia menjadi juara Piala Asia.

Frank Wormuth, Pelatih Jebolan Liga Jerman dan Belanda yang Gabung Timnas U-17 Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini