Investor 'Zombie' Bermunculan, Jangan Sampai Menghantui RI!

Investor 'Zombie' Bermunculan, Jangan Sampai Menghantui RI!
info gambar utama

Fenomena ‘Perusahaan Ventura Zombie’ belakangan ini bermunculan di tengah ketidakstabilan perekonomian global. Oleh karenanya, pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan fokus melakukan pengawalan agar tak menghantui Indonesia.

Istilah Venture Capital (VC) Zombie diberikan ketika kondisi dana pengelolaan modal ventura (VC) atau investor semakin tipis. Mereka yang berstatus seperti ini ibarat ‘hidup segan mati tak mau’. Fenomena ini pun diprediksi bakal meningkat hingga 50 persen dalam beberapa tahun ke depan.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Kamis (10/8), Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Agusman mewaspadai agar fenomena VC Zombie yang membahayakan di berbagai negara, jangan sampai terjadi di Indonesia.

Siapkan rangkaian kebijakan

OJK yang berada di bawah kendali Kementerian Keuangan RI disebut tengah mempersiapkan aturan turunan yang akan tertuang dalam Peraturan OJK (POJK) tentang modal ventura. Salah satu yang diatur adalah terkait permodalan dan kelayakan bisnis modal ventura.

Meskipun begitu, sampai saat ini OJK belum bisa menjelaskan lebih lanjut, baik terkait batas permodalan yang akan ditetapkan maupun target waktu peluncurannya. Namun yang jelas, kebijakan ini digegas sesuai pipeline yang sudah ditetapkan.

Lima Startup Dekarbonisasi di Indonesia

Tak terjadi di Indonesia

Sementara itu, para pelaku industri modal ventura optimistis fenomena VC Zombie tidak akan terjadi di dalam negeri. Alih-alih kesulitan pendanaan, para investor ini mengaku tengah fokus mengalirkan pendanaan ke perusahaan rintisan secara selektif.

Mengutip dari Fortune Indonesia, Kamis (10/8), Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca justru membeberkan bahwa tahun lalu modal ventura di Asia Tenggara mampu menghimpun dana hingga 4 miliar dolar AS.

Sejalan dengan itu, Ketua Asosiasi Modal Ventura Untuk Startup Indonesia (Amvesindo) Eddi Danusaputro menyatakan fenomena VC Zombie yang terjadi di tingkat global belum tentu terjadi di Asia Tenggara atau Indonesia.

Namun demikian, respons pemerintah untuk mengawal kondisi modal ventura merupakan langkah baik yang diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya VC Zombie. Sebab dengan ketidakpastian ekonomi global, perusahaan rintisan yang bergantung kepada pemodal akan terkena imbasnya.

Dapat Dana, Rp1,6 Triliun, Startup Akuakultur eFishery Resmi Berstatus Unicorn

Referensi:

  • CNBC Indonesia. Banyak Modal Ventura Zombie di RI, Bos OJK Pakai Jurus Ini. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230809140632-17-461467/banyak-modal-ventura-zombie-di-ri-bos-ojk-pakai-jurus-ini
  • Fortune Indonesia. Fenomena VC Zombie Tak Terjadi di RI, Ini Kata Pelaku Industri. https://www.fortuneidn.com/tech/luky/fenomena-vc-zombie-tak-terjadi-di-ri-ini-kata-pelaku-industri?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini