Kehebatan dari Akar Banir, Penopang Kekokohan Sebatang Pohon

Kehebatan dari Akar Banir, Penopang Kekokohan Sebatang Pohon
info gambar utama

Ketika memandang sebuah pepohonan, biasanya orang akan fokus kepada kecantikan bunga dan juga daunnya. Tetapi jarang sekali, orang melihat kehebatan dari akar pohon itu.

Padahal ada sebuah akar bernama akar banir yang merupakan bukti keajaiban alam. Akar ini tumbuh di bawah pohon besar dengan ukuran yang sangat besar. Akar ini juga berbeda dengan struktur akar pada umumnya.

Akar tunggang tumbuh memanjang dan menghujam ke dalam tanah. Di sekitarnya biasanya dilengkapi dengan cabang-cabang akar yang sebagian dilengkapi juga dengan rambut akar.

Tanaman Hotong, Panganan Lokal Simbol Jati Diri Masyarakat Pulau Buru

Sementara itu akar tunggang bagian tengahnya berukuran lebih besar dan lebih panjang daripada cabang-cabang akarnya. Sedangkan akar serabut mempunyai struktur yang seragam, baik dalam ukuran panjang maupun diameter.

Akar banir berupa penonjolan akar menyamping yang berbentuk lempengan-lempengan pipih. Akar banir juga memiliki ukuran bervariasi dari besar dan juga tingginya.

“Biasanya akar banir dapat kita temukan pada pohon-pohon besar di hutan,” ucap Nurrohmah Puji Mastuti dalam Akar Banir Pesona Alam.

Fungsi akar banir

Nurrohmah menjelaskan bahwa akar banir memiliki beragam fungsi, mulai dari menyerap air dan mineral, selain itu juga mengokohkan tegaknya tumbuhan. Hal ini terbukti dari akar banir yang sangat besar.

“Akar banir yang tumbuh di bawahnya biasanya juga besar dengan lempengan yang panjang,” jelasnya.

Manfaat Kayu Bajakah, Baik untuk Kesehatan

Akar banir terbentuk karena penyesuaian dengan lingkungan atau adaptasi di tempat tumbuhnya yakni di hutan tropis. Bagian dari pohon yang mengakar kuat membuat pohon lebih kuat.

Akar yang kuat itu dapat menopang pohon yang ukurannya makin besar dengan daun dan ranting yang lebat. Akar yang jangkauannya luas itu juga memudahkan untuk mendapatkan nutrisi di hutan.

Berada di hutan tropis

Salah satu akar banir yang cukup besar adalah di wilayah hutan di Kecamatan Ngluyu, Jawa Timur. Tepatnya di dekat tempat wisata Goa Margo Trisno yang dikenal dengan para kelelawarnya.

Dikatakan oleh Nurrohmah, akar banir ini mempunyai ukuran lebih dari tiga depa. Sedangkan untuk tingginya melebihi dari ukuran 160 cm. Sehingga ini cukup besar daripada akar yang umumnya.

Tanaman Hotong, Panganan Lokal Simbol Jati Diri Masyarakat Pulau Buru

Tetapi tidak semua pohon yang berkembang mempunyai akar banir. Hanya beberapa jenis pohon yang akan tumbuh besar dan mempunyai akar banir, seperti kenari, meranti, dan ulin.

Bila wisatawan ingin melihat pohon banir bisa datang ke hutan-hutan tropis di Indonesia. Salah satunya berada di Kebun Raya Bogor yang menyimpan banyak pohon besar dengan akar banirnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini