Manfaat Kayu Bajakah, Baik untuk Kesehatan

Manfaat Kayu Bajakah, Baik untuk Kesehatan
info gambar utama

Akar Bajakah merupakan tumbuhan yang tumbuh di Kalimantan. Akar bajakah selalu diidentikkan dengan akar misterius yang tumbuh di Kalimantan Tengah. Pada zaman dahulu, masyarakat adat Dayak menggunakan akar bajakah secara turun-temurun. Akar bajakah tidak bisa dibudidayakan karena kandungannya berbeda dengan tanaman asli bajakah yang tumbuh di lahan gambut pedalaman Kalimantan dan batangnya seperti benang.

Bajakah tumbuh seperti tanaman rambat, meski batangnya cukup kuat. Berasal dari Kalimantan, tanaman rambat setinggi lima meter ini bisa tumbuh menjadi pucuk pohon lain tempatnya tumbuh. Tanaman yang satu ini juga ada buahnya, namun manfaatnya tidak sepopuler akar atau batangnya.

Bentuk buahnya mirip dengan bentuk buah kakao atau kelapa kecil dan dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperyi kanker,kista dan ambeien. Penyebab tumbuhan bajakah tidak bisa tumbuh adalah karena akar bajakah yang hanya bisa tumbuh di kawasan hutan lebat dan tidak banyak mendapat sinar ang tidak banyak mendapat sinar matahari karena ditumbuhi hutan lebat. makanannya berbeda.

Akar bajakah mengandung 40 zat antikanker yang berbeda, antara lain saponin, fenol, steroid, terpenoid, tanin, alkaloid dan terpenoid. Tanin dan flavonoid melepaskan senyawa hidroksil yang mengikat senyawa kanker dan menghambat pertumbuhan kanker. Akar bajakah dapat menyembuhkan penyakit kanker dan tumor. Dan sudah teruji lab bahwa ekstrak akar bajakah bisa mencegah dan mengobati tumor serta kanker.

Merti Dusun, Tradisi Kesenian dan Doa untuk Keselamatan Warga di Dusun Genito Kidul

Pengertian Kayu Bajakah

Nama latin dari pohon bajakah adalah Spatholobus littoralis Hassk yang merupakan pohon dari pedalaman kalimantan Tengah. Tanaman tersebut sudah lama dimanfaatkan oleh Suku Dayak untuk mengobati berbagai penyakit. Spatholobus adalah genus tanaman merambat berkayu dalam keluarga Phaseoli. Keluarga ini ditemukan pada tahun 1842 oleh ahli botani Jerman, Justus Karl Hasskarl.

Terdapat 29 spesies dalam genus Spatholobus Hassk dan kebanyakan ditemukan di hutan tropis Indonesia (The Genus Spatholobus Hassk in Thai, Journal of Tropical Natural History, 2014, hlm. 87). Namun, tanaman ini tidak pernah dibudidayakan karena banyak orang yang tidak mengetahui manfaatnya. Berkat penelitian, manfaat kayu bajak laut untuk melawan kanker menjadi perhatian dalam semalam. Setelah itu, masyarakat mulai mempelajari manfaat kayu bajak laut dalam pengobatan penyakit lainnya.

Jenis-Jenis Kayu Bajakah

  1. Bajakah Tampala

Bajakah tampala atau Spatholobus littoralis Hassk adalah salah satu tumbuhan herbal yang digunakan di semua bagiannya atau akar bajakah yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dan dikenal dapat menyembuhkan luka. Akar bajakah ini juga mempunyai senyawa fenolik, flavonoid, tanin, dan saponin mampu mempercepat tumbuhnya kolagen dan membentuk epitel baru.

  1. Bajakah Kalalawit

Bajakah kalalawit atau Uncaria Gambir Roxb adalah jenis pohon yang mempunyai zat antibakteri dan fenolik di dalam kayu ini terdapat juga ekstrak gambir yang mempunyai katekin yang tinggi. Kandungan katekin sendiri diduga dapat membantu mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, dan pembentukan kolagen. Sementara itu senyawa ini juga bisa membantu mencegah nya kerusakan kulit yang terpapar sinar matahari.

  1. Bajakah Lamei

Bajakah Lamei merupakan tanaman yang hidup di hutan hujan tropis dan tumbuh di tempat lembab di hutan hujan tropis. Orang Kalimantan Tengah biasanya mengumpulkan cairan atau ekstrak dari tanaman ini untuk tujuan pengobatan. Setelah itu, mereka mengkonsumsinya secara rutin. Ini karena ekstrak tanaman Bajakah jenis lamei membantu mengobati diare dan beberapa penyakit lainnya.

5 Pameran di Yogyakarta yang Buka Selama Musim Liburan, Super Nyeni!

Manfaat Kayu Bajakah

  1. mengurangi resiko kanker.
  2. mencegah berbagai penyakit kronis.
  3. pengurangan resiko penyakit hati.
  4. menghambat resiko diabetes.
  5. Menghambat peradangan.
  6. mengobati infeksi jamur.

Kandungan Kayu Bajakah

Pohon bajakah merupakan tanaman yang banyak terdapat di hutan Kalimantan yang dapat digunakan sebagai obat tradisional. tumbuhan itu menjadi sorotan setelah penelitian mahasiswa Indonesia meraih medali emas di World Invention Olympiad 2019.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tanaman ini berpotensi untuk mengobati kanker pada hewan laboratorium. Kekuatan pohon Bajakah ini didasarkan pada senyawa bioaktif alami yang bersifat antioksidan, anti kanker, anti luka, dan anti bakteri. Menurut Asian Journal of Health Research (2022), fitokimia dalam ramuan ini meliputi:

  • flavonoid
  • tanin
  • saponin
  • polifenol
  • alkaloid
  • steroid

Karena kandungan zat aktifnya, tanaman bernama latin Spatholobus littoralis Hassk ini banyak digunakan sebagai obat alternatif.

KKN-T IPB Mengedukasi Peternak di Desa Giriyoso Melalui Penyuluhan Manajemen Ternak

Referensi:

  • Agustin, Sienny. 2022. "Fakta tentang Klaim Manfaat Kayu Bajakah untuk Kanker" , https://www.alodokter.com/fakta-tentang-klaim-manfaat-kayu-bajakah-untuk-kanker, diakses pada 30 Juni 2023 pukul 13.00 wib
  • Marliah, Siti. 2022. "12 Manfaat Kayu Bajakah Bagi Tubuh dan Cara Mengomsumsinya!" , https://www.gramedia.com/best-seller/manfaat-kayu-bajakah/, diakses pada 27 Juni 2023 pukul 20.30 wib
  • Goentoro, Patricia Lukas. 2022. "5 Manfaat Kayu Bajakah sebagai Obat Herbal" , https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/kayu-bajakah/, diakses pada 29 Juni 2023 pukul 15.00 wib

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SZ
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini