Cetak Rekor Dunia, Freeport Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Grasberg

Cetak Rekor Dunia, Freeport Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Grasberg
info gambar utama

PT Freeport Indonesia (PTFI) mengukir sejarah baru dengan memecahkan Guinness World Records (GWR) untuk pembentangan bendera terbesar di gunung, Senin (14/8/2023). Bendera merah putih seluas 3.431,25 meter persegi dibentangkan di lereng tambang terbuka Grasberg Overlook, Pegunungan Sudirman, Mimika, Papua Tengah.

Menurut catatan GWR, rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh Kuwait tiga kali berturut-turut. Terakhir, negara ini mengibarkan bendera sebesar 2.773 meter persegi di Gua Lubang Ketujuh, Salmah Plateau, Oman, pada Sabtu (25/2/2023).

Pemecahan rekor dunia oleh PTFI dilakukan pada ketinggian 4.285 meter di atas permukaan laut (mdpl). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-78 RI dengan tema “Kita Satu, Melaju untuk Indonesia Maju.”

Hadirkan 15.110 Peserta, Pertunjukkan Angklung di GBK Pecahkan Rekor Dunia

Penghargaan dari GWR diterima langsung oleh Presiden Direktur PTFI Tony Wenas pada Rabu (16/8/2023).

“Pembentangan bendera ini menggambarkan semangat kami dalam merayakan HUT ke-78 RI, semangat kita satu, memberikan yang terbaik untuk Indonesia Maju,” ungkap Tony dalam keterangan tertulis.

Tony mengatakan, semangat kemerdekaan terus berkobar meski berhadapan dengan semua risiko yang ada di ketinggian 4.285 mdpl. Menurutnya, kolaborasi dan kekompakan anggota tim memiliki peran utama dalam meraih kesuksesan pemecahan rekor dunia ini.

“Semangat itu akan membawa kami untuk terus berdedikasi, bekerja sama, dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” imbuhnya.

Acara HUT ke-78 RI ditutup dengan konser musik KITA SATU yang juga meraih rekor MURI sebagai konser musik tertinggi di Indonesia.

Sebelumnya, kata Tony, PTFI telah meraih rekor MURI pada 2022 untuk pertunjukan musik yang digelar di lokasi terdalam, yakni 1.220 meter di bawah permukaan tanah. Lebih tepatnya di area Grasberg Block Caving (GBC) tambang bawah tanah PTFI.

Indonesia Boyong Medali dan Torehkan Rekor di Kejuaraan Asia Atletik Indoor 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini