Mengenal Fitur Warna (Color) Canva, Solusi Cepat Memilih Warna

Mengenal Fitur Warna (Color) Canva, Solusi Cepat Memilih Warna
info gambar utama

Dalam dunia desain grafis, keberadaan warna bukan hanya sekadar elemen visual semata, tetapi juga bahasa yang dapat mengomunikasikan emosi, pesan, dan identitas merek. Setiap desainer tahu betapa pentingnya memilih dan menggabungkan warna dengan tepat untuk menciptakan dampak visual yang kuat.

Namun sering kali pemilihan warna adalah salah satu aspek yang memakan waktu lama saat mendesain. Perbedaan preferensi warna berdasarkan latar belakang budaya, emosi, dan preferensi pribadi sering kali menjadi tantangan desainer agar dapat meyakinkan klien atau atasan bahwa warna yang telah mereka pilih tepat dan cocok.

Untuk mengatasi tantangan ini, beberapa langkah yang bisa dicoba adalah belajar lebih banyak tentang teori warna, eksperimen dengan palet warna yang berbeda, menggunakan alat bantu seperti color picker atau generator palet warna, serta melibatkan pandangan rekan tim atau mengikuti tren desain yang relevan.

Alih-alih bereksperimen satu-satu untuk mencari warna yang tepat akan memakan waktu yang cukup lama, Canva menyediakan fitur "Warna" yang dapat membantu desainer sebagai alat dan sumber daya warna yang sempurna untuk proyek Kawan GNFI.

Canva adalah platform desain grafis yang populer dan mudah digunakan, cocok untuk membuat berbagai jenis konten seperti poster, logo, presentasi, media sosial, dan banyak lagi. Dengan beragam template dan alat desain yang intuitif, Canva memungkinkan pengguna dengan berbagai tingkat keahlian untuk menghasilkan karya visual yang menarik.

Selain digunakan untuk membuat konten, Canva juga menyediakan beberapa fitur "Warna" yang jarang digunakan namun memiliki banyak manfaat. Adapun beberapa bagian dari fitur tersebut, yaitu:

Pembuat Palet Warna (Color Pallete Generator)

Sumber: Canva
info gambar

Pada fitur ini, Kawan GNFI dapat mengunggah gambar ataupun menggunakan gambar demo untuk membuat palet warna yang berisi 4 warna dominan.

Ide Palet Warna (Color Pallete Ideas)

Sumber: Canva
info gambar

Jika Kawan GNFI ingin mulai memberi warna pada desain, Kawan GNFI dapat menggunakan Ide Palet Warna sebagai inspirasi yang dapat membantu dalam menentukan warna.

Roda Warna (Color Wheel)

Sumber: Canva
info gambar

Dilansir dari Smithsonian Library, roda warna ditemukan pada tahun 1666 oleh Isaac Newton, saat melakukan percobaan dengan sinar matahari dan prisma lalu memetakan spektrum warna ke dalam sebuah lingkaran. Dalam roda warna, ada tiga kategori, yaitu primer, sekunder, dan tersier.

Roda warna merupakan dasar dari teori warna, karena menunjukkan hubungan antar warna. Warna yang terlihat serasi disebut harmoni warna. Kawan GNFI dapat menggunakan roda warna untuk menemukan harmoni warna dengan menggunakan aturan kombinasi warna.

Canva membagi fitur palet warna dalam 5 skema kombinasi warna skema yaitu Complementary, Monocrhromatic, Analogous, Triadic, dan Tetradic.

Complementary (Saling Melengkapi)

Palet ini berisi dua warna yang berada di sisi berlawanan dari roda warna. Kombinasi ini memberikan warna yang kontras dan menonjol.

Monochromatic (Monokromatik)

Palet ini berisi dua warna yang berada pada shade, tone, dan tint dari satu warna dasar. Kombinasi ini memberikan tampilan yang halus dan konservatif.

Analogous (Sejalan)

Palet ini berisi tiga warna yang berdampingan pada roda warna. Untuk menyeimbangkan skema warna, gunakan satu warna sebagai dominan dan warna lainnya sebagai aksen.

Triadic (Triadik)

Palet warna ini berisi tiga warna yang ditempatkan merata membentuk segitiga sama sisi pada roda warna. Kombinasi ini memberikan skema warna yang kontras tetapi tetap seimbang. Ini adalah pilihan yang baik jika Kawan GNFI ingin menciptakan tampilan yang dinamis dan berani.

Tetradic (Tetradik)

Palet warna ini berisi empat warna yang ditempatkan merata membentuk segiempat pada roda warna. Dalam palet warna tetradik, dua pasang warna komplementer ditempatkan secara berurutan, menciptakan kontras yang kuat dan seimbang.

Kombinasi warna yang kaya dan beragam, memungkinkan Kawan GNFI untuk menciptakan tampilan yang menarik dan dinamis dalam desain Kawan GNFI. Namun, karena ada banyak warna yang terlibat, penting untuk menggunakan warna dengan bijak dan menjaga keseimbangan antara warna-warna yang berbeda.

Makna Warna dan Simbollisme (Color Meanings and Symbolism)

Sumber: Canva
info gambar

Selain menyediakan alat untuk membuat palet warna, Canva juga menyediakan edukasi tentang makna warna yang digunakan.

Dalam dunia desain yang semakin kompleks, alat-alat seperti Color Palette adalah penyelamat. Mereka membantu desainer mengatasi tantangan dalam memilih dan menggabungkan warna yang sesuai, menciptakan harmoni visual, dan memastikan konsistensi dalam berbagai proyek.

Baca juga : 30 Macam-Macam Warna Hijau dan Kode Warnanya

Sumber:

  • https://library.si.edu/exhibition/color-in-a-new-light/science
  • https://www.canva.com/colors/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KD
KO
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini