Mahasiswa KKN-T UNDIP Berikan Edukasi Digital Marketing Melalui Google Business

Mahasiswa KKN-T UNDIP Berikan Edukasi Digital Marketing Melalui Google Business
info gambar utama

SRAGEN – Terletak di Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Desa Sukorejo merupakan salah satu desa yang memiliki potensi wilayah yang menjanjikan untuk kegiatan bisnis UMKM.

Salah satu diantaranya adalah Wedang Uwuh yang terkenal dengan bahan-bahan dasar dalam pembuatannya, seperti jahe merah, kunyit, gula pasir pilihan, dan rempah-rempah lainnya yang tentu memiliki banyak manfaat.

Namun, dalam hal ini masih terdapat permasalahan dalam pemasaran produk yang dilakukan. Beberapa UMKM di wilayah ini masih menggunakan metode pemasaran secara tradisional yaitu dari mulut ke mulut, sehingga kurang efektif dalam menjangkau masyarakat secara luas.

Sementara itu, di era yang serba daring, penting bagi pelaku usaha UMKM untuk mengimplementasikan sistem digital marketing sebagai salah satu faktor kunci untuk mengembangkan bisnis mereka.

Baca Juga: Mahasiswa KKN UNDIP Adakan Pelatihan Microsoft Word dan Excel Dukung Pengembangan Desa Digital

Digital marketing merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para pengusaha untuk memasarkan produk atau merek mereka menggunakan teknologi informasi digital, seperti media elektronik dan internet.

Keuntungan besar dari digital marketing adalah penghematan biaya promosi dan kemampuan untuk menjangkau pasar target dengan lebih luas, membuatnya menjadi strategi pemasaran yang sangat menjanjikan untuk diadopsi dan terus dikembangkan.

Dengan begitu, setiap pengguna internet yang terpapar informasi dapat memberikan rekomendasi dari produk UMKM di Desa Sukorejo. Hal ini dapat mengangkat potensi kuliner yang ingin dipublikasikan oleh Desa Sukorejo, sehingga mampu menjangkau sekaligus diketahui oleh banyak orang.

Berkaitan dengan hal tersebut, Charles Nicolas Sitanggang, mahasiswa KKN Tematik UNDIP 2023 dari program studi Akuntansi membantu para pelaku UMKM dalam memberikan edukasi terkait pemahaman tentang digital marketing. Program ini bertujuan agar produk UMKM lebih dikenal oleh masyarakat luas, baik skala lokal maupun dari luar wilayah.

Kegiatan edukasi pengoptimalan digital marketing merupakan program dari IDBU-KKN Tematik Universitas Diponegoro dengan Ketua Pelaksana Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt., M.Si., IPM dalam menyelenggarakan sosialisasi dan edukasi untuk memperkenalkan sistem digital marketing kepada para pelaku UMKM di Desa Sukorejo.

Sosialisasi dan edukasi terkait digital marketing tersebut dilaksanakan mulai pada tanggal 4 Agustus 2023 dengan menggunakan katalog sebagai media edukasi dan praktik secara langsung menggunakan smartphone dari pelaku UMKM.

Materi sosialisasi dan edukasi tersebut meliputi penjelasan mengenai pengertian digital marketing, manfaat dari digital marketing, pembuatan akun dan profil Google Business, pengoptimalan pemasaran, panduan pemanfaatan setiap fitur di dalamnya, serta manfaat dari penerapannya.

Baca Juga: Pengabdian Sambil Wisata, Hiu Paus Botubarani Gorontalo Disambangi Mahasiswa KKN UGM

Selain itu, mahasiswa KKN Tematik UNDIP juga memberikan panduan dan cara efektif yang dimana dalam hal ini adalah menggunakan media digital untuk memasarkan produk UMKM.

Program ini sangat membantu saya dalam melakukan pemasaran secara digital, karena sebelumnya saya hanya menjual produk ini melalui mulut ke mulut dan dibantu promosikan oleh tetangga melalui media chat, bahkan tak jarang hanya dilakukan pemasaran melalui media WhatsApp” ujar Pak Supriono, salah seorang pelaku UMKM Desa Sukorejo.

Dalam hal ini, ada banyak hal yang harus diselesaikan dalam permasalahan UMKM, dan harus terus dilakukan inovasi dalam mengatasi setiap permasalahan yang ada.

Dengan demikian, diharapkan melalui sosialisasi dan edukasi ini, setiap dari para pelaku UMKM di Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen dapat memperoleh wawasan yang berguna untuk meningkatkan penjualan atas produknya dan dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Pengimplementasian digital marketing diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk dan pada akhirnya ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini