Kenyang Seharian Kuliner di Sragen

Kenyang Seharian Kuliner di Sragen
info gambar utama

Lelah berjalan-jalan? Saatnya memanjakan lidah dan mengisi perut dengan kuliner lezat yang wajib dikunjungi saat mampir ke Bumi Sukowati, julukan Kabupaten Sragen. Penasaran apa saja ya, tempat yang akan Kawan datangi? Yuk, simak artikel berikut!

Menu Sarapan

1. Soto Sragen

Soto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Soto-soto di Sragen lebih banyak menggunakan daging sapi sebagai lauknya, berwarna kuning, dan bercita rasa gurih.

Porsinya yang kecil cocok untuk mengisi perut di waktu sarapan. Ada 4 warung soto yang sangat ramai dikunjungi, apalagi saat moment hari raya Kawan dapat melihat antrian yang penuh, di antaranya:

Soto Girin

Sumber: Muhammad Tahir
info gambar

Dilansir dari Tempo.co, ketenaran Soto Girin sudah dibangun sejak 1953 hingga menjadikannya sebagai warung soto legendaris di Sragen. Kuahnya berwarna keruh dan kental merupakan cita rasa khasnya yang segar dan pas. Satu porsi soto dihargai Rp10.000. Kawan juga dapat menambah lauk yang disediakan seperti tempe, tahu, empal daging, dan aneka jeroan. Untuk minuman, Kawan dapat memesan teh atau jeruk.

Soto Girin berlokasi di Jl. Brigjen Katamso No.8, Kebayan 3, Sragen Kulon, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen. Kawan dapat mengunjungi dari pukul 06.00 - 16.00.

Mie Tiaw Apollo dan Mie Tiaw Polo, Persaingan Kuliner Peranakan Legendaris di Pontianak

Soto Gimo

Sumber: Innanda Rizqiani
info gambar

Dilansir dari Tribun.com, soto yang dibangun sehak tahun 1975 adalah milik Sugimo, anak dari pemilik soto legendaris, Girin. Rasanya tak jauh berbeda tetap memiliki perbedaan pada kuahnya. Soto Gimo lebih bening dan berwarna kuning.

Jika Soto Girin memiliki rasa rempah yang kuat, Soto Gimo memiliki rasa yang lebih gurih. Satu mangkok kecil dihargai Rp9.000. Kawan juga dapat mencicipi lauk tambahan yang disediakan seperti tahu, tempe, perkedel, empal daging, dan aneka jeroan.

Soto Gimo berlokasi di Jalan Letjend Panjaitan No.1, Kebayan 3, Sragen Kulon, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen. Kawan dapat mengunjungi dari pukul 06.00 - 15.00, warung biasanya istirahat sebentar lalu buka kembali hingga pukul 20.00.

Soto Cimplis

Soto Cimplis | Sumber: Aris Ristyanto
info gambar

Dilansir dari Tribun.com, soto yang merupakan turunan dari Soto Sapi Pak Kardi di Pasar Sragen telah berjalan sejak 1956, lalu dilanjutkan oleh Sang Anak, Muryanto, sejak 2012. Yang membedakan Soto Cimplis dengan soto lainnya adalah kuahnya yang bening, juga harganya yang sangat murah Rp5.000 untuk satu mangkok kecil. Tambahan lauk disini juga disediakan sangat banyak dari berbagai macam gorengan, telur, hingga aneka daging dan jeroan.

Saat ini Soto Cimplis memiliki 7 cabang di Sragen. Salah satu pusatnya berlokasi di Jl. Gatot Subroto No.120-89, Kebayan 3, Sragen Kulon, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen. Kawan dapat menikmatinya dari pukul 06.00 - 12.00 dan di sore hari dari pukul 16.00 - 20.00.

Kampung Lebah Multiflora: Dari Wisata Kuliner Hingga Wisata Alam Edukasi

2. Pecel Tumpang

Pecel Tumpang Mbok Jami

Sumber: Andika Hermawan
info gambar

Pasar biasanya dikenal untuk transaksi jual beli bahan masak, namun salah satu kios di Pasar Bunder ini justru terkenal dengan pecel tumpengnya yang memiliki bumbu kental dan nikmat selalu ramai dikunjungi. Pecel tumpang ini terdiri dari nasi, sayuran rebus seperti daun bayam, daun pepaya, tauge dan kacang panjang. Lalu, di atasnya akan disiram dengan sambal tumpang atau sambal pecel. Pecel tumpang ini sudah berjalan sejak 1970-an lalu dikelola turun menurun.

Kawan dapat memilih lauk seperti telur, pindang atau tahu/tempe bacem. Selain itu, Rasa gorengannya yang kriuk, meski sudah dingin tetap renyah. Untuk pembelian, warga biasanya membungkus saat datang langsung lalu dimakan di rumah masing-masing atau Kawan juga dapat duduk di bangku panjang yang disediakan.

Kawan dapat menikmati dengan harga mulai dari Rp6.000 untuk seporsi pecel dengan lauk tambahan tahu. Kawan dapat datang dari subuh hingga pukul 7, karena saat ramai biasanya pukul 8 atau 9 sudah habis. Pecel ini berlokasi di Pasar Bunder, tepatnya di Jl. Diponegoro, Magero, Sragen Tengah, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen.

Menu Makan Siang

3. Bothok Mercon Mbah Wiro

Sumber: Klik Times
info gambar

Bothok Mercon Mbah Wiro berisi ayam atau ikan patin yang diolah dengan sambal yang khas dan sangat pedas kemudian dibalut dalam bungkusan daun pisang yang telah dikukus. Dilansir dari Pemkab Sragen, Bothok ini berdiri sejak tahun 1980an dikelola turun menurun.

Kawan dapat menikmati bothok yang berlokasi di Jalan Pungkruk Gemolong RT. 3 RW. 2 Desa Nglombo-Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen mulai pukul 08.00 -16.00.

4. Warung Makan Prasmanan Bu Djar

Sumber: Rico Ramada
info gambar

Kalau kawan ingin mencoba restoran yang menyediakan berbagai menu, warung makan ini solusinya. Adapun aneka masakan jawa dengan menu populer yang banyak disukai seperti bestik sragen, bola-bola daging, nasi merah, olahan sayur, dan lain-lainnya. Warung makan ini juga memiliki cabang di Kabupaten Ngawi.

Kawan dapat menikmati berbagai menu dengan harga yang pas dikantong mulai pukul 07.00-16.00. Warung makan ini berlokasi di Jl. Sukowati No.470, Dusun Kebayanan Sragen Manggis, Sragen Wetan, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen.

Menu Makan Malam

5. Nasi Trancam Mbah Pine

Sumber: Restaurant Guru
info gambar

Makanan khas Jawa Tengah yang dikenal sebagai lauk menyehatkan dengan isi sajian nasi disertai daun kenikir, mentimun, kemangi, kacang panjang, kecambah, petai cina, lalu dicampur dengan parutan kelapa berbumbu nikmat dan pedas. Warung ini telah dibuka sejak tahun 1991 yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Kutorejo, Sragen Tengah, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen.

Menurut Tribun.com, satu porsi nasi trancam hanya dihargai Rp5.000. Selain itu, warung ini juga menediakan menu lainnya seperti nasi tumpang, bubur, dan aneka bakaran. Kawan dapat mengunjungi mulai dari pukul 18.00 hingga pukul 21.00.

Seharian jalan-jalan di Sragen pastinya sudah tidak perlu pusing-pusing lagi mau makan apa di mana. Kalau menurut Kawan, menu makanan apa yang paling Kawan suka?

Pelaku Bisnis Kuliner Indonesia di Luar Negeri Dapat Akses Pembiayaan

Sumber:

  • https://solo.tribunnews.com/2023/02/18/kuliner-sragen-nasi-trancam-mbah-pine-sudah-30-tahun-berjualan-menu-sehat-hanya-rp-5000-per-porsi?page=2
  • https://sragenkab.go.id/jelajah-sukowati/bothok-mercon-mbah-wiro-jadi-kuliner-pedas-wajib-di-sragen.html
  • https://solo.tribunnews.com/2022/10/18/kuliner-sragen-ada-soto-cimplis-talang-rejo-pakai-mangkuk-kecil-rempahnya-sangat-terasa?page=2
  • https://solo.tribunnews.com/2023/02/25/kuliner-sragen-soto-daging-sapi-sgimo-jualan-sejak-1975-jadi-langganan-para-pejabat-hingga-artis
  • https://travel.tempo.co/read/1587959/soto-girin-di-sragen-jawa-tengah-porsi-mungil-sedapnya-legendaris-rp-10-ribu

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini