Tabungan Pelajar RI Tembus Rp29 Triliun, Setara Biaya Bangun 600 Km Jalan Tol!

Tabungan Pelajar RI Tembus Rp29 Triliun, Setara Biaya Bangun 600 Km Jalan Tol!
info gambar utama

Sekitar 80 persen atau 52 juta pelajar Indonesia tercatat sudah memiliki rekening tabungan di bank. Tak tanggung-tanggung, total tabungan dari para pelajar itu dikabarkan mencapai Rp29 triliun.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (21/8), Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengungkapkan jumlah yang fantastis itu, jika digunakan bisa untuk membiayai pembangunan jalan tol 600 kilometer atau setara delapan kali Tol Jakarta-Bandung.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak para pelajar Indonesia untuk membuka rekening tabungan sejak dini. Kebiasaan baik ini akan terbawa sampai dewasa dan bisa menjadi sumber pendanaan pembangunan nasional dari perbankan.

“Bayangkan kalau mereka ini akan terus menabung saat dewasa punya karir pekerjaan mesti apa yang kita butuhkan untuk pendanaan pembangunan, apakah itu untuk infrastruktur, industri, UMKM, itu bisa semakin banyak untuk dipenuhi sendiri,” kata Mahendra.

Masyarakat Indonesia Semakin Pandai Kelola Keuangan

Dorong budaya menabung

Selain mengeluarkan program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar), OJK juga akan bekerja sama dengan Kwarnas Pramuka untuk menyusun revisi Syarat Kecakapan Khusus (SKK) Penabung dan SKK Cakap Keuangan guna mendorong budaya menabung.

Dalam rangka Hari Indonesia Menabung yang dirayakan bersamaan dengan kegiatan Pramuka Raimuna Nasional XII 2023 pada 20 Agustus lalu, OJK berharap Pramuka Indonesia memiliki keterampilan untuk menabung serta merencanakan dan mengelola keuangan dengan baik melalui dua SKK tersebut.

Seperti dilansir dari Katadata, Senin (21/8), Mahendra menilai Pramuka sangat tepat untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan karena berlandaskan disiplin dalam mencapai suatu target serta memiliki fungsi dan kewajiban sosial yang tinggi. Harapannya, ini sekaligus dapat memberikan manfaat yang luas dan nilai dari akses dan jasa industri keuangan kepada masyarakat.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa pun menilai peningkatan jumlah penabung penting dalam menjaga stabilitas sektor keuangan nasional. Menurutnya, semakin banyak orang yang menabung, maka dana di LPS akan semakin banyak sehingga sistem keuangan menjadi stabil.

Artefak Celengan: Bukti Tradisi Menabung Masyarakat Indonesia Sejak Zaman Majapahit

Referensi:

Katadata. 80% Pelajar Punya Rekening Tabungan di Bank, Nilainya Capai Rp29 T. https://katadata.co.id/lonaolavia/finansial/64e22346c9458/80-pelajar-punya-rekening-tabungan-di-bank-nilainya-capai-rp-29-t

Kompas.com. Jumlah Tabungan Pelajar di Bank Capai Rp29 T, Ketua OJK: Setara Bangun 600 Km Jalan Tol. https://www.kompas.tv/ekonomi/436696/jumlah-tabungan-pelajar-di-bank-capai-29-t-ketua-ojk-setara-bangun-600-km-jalan-tol?page=2

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini