Vivek Ramaswamy, Kandidat Presiden Amerika Berasal dari India?

Vivek Ramaswamy, Kandidat Presiden Amerika Berasal dari India?
info gambar utama

Pada tahun yang sama dengan Indonesia, yaitu tahun 2024, Amerika akan melangsungkan pemilu presiden. Untuk tahun ini, ada beberapa orang yang mendapaftarkan diri sebagai kandidatnya.

Salah satunya adalah Vivek Ramaswamy. Sebagai seorang entrepreneur yang sukses di Amerika, Vivek Ramaswamy memberanikan diri untuk mencalonkan diri sebagai kandidat presiden 2024.

Vivek merupakan satu-satunya kandidat yang memiliki garis keturunan India. Orang tuanya merupakan imigran dari distrik Kerala, India.

Dia merupakan kandidat termuda dengan umurnya yang masih 38 tahun. Vivek sangat viral di internet setelah mendaftarkan diri menjadi kandidat presiden Amerika. Dia digadang-gadang dapat menggeser kandidat Donald Trump yang akan bersaing kembali pada pemilihan nanti.

Keliling Eropa, Goyang Gandrung dan Musik Tradisional Indonesia Kini Pukau Publik Roma

Siapa Vivek Ramaswamy?

Pria tersebut lahir dan besar di negara bagian Ohio, Amerika Serikat pada tanggal 9 Agustus 1985. Marganya adalah Ramaswamy, yang merupakan keluarga yang bisa di bilang berada dan berpendidikan.

Dengan latar belakang yang cukup beruntung, Vivek ingin membanggakan orang tuanya. Diketahui dia berhasil lulus dengan gelar Summa Cumlaude-nya di Sarjana Seni bidang Biologi Universitas Harvard.

Sejak di Harvard, ia menunjukkan ketertarikannya terhadap dunia politik. Hal itu dibuktikan dari Vivek yang selalu mengikuti kegiatanorganisasi yang berbau politik.

Di Harvard juga ia masuk ke perkumpulan Phi Beta Kappa, yaitu perkumpulan kehormatan bagi mahasiswa paling berprestasi di Seni dan Sains Liberal di seluruh universitas yang ada di Amerika dan paling elite.

Berkunjung ke Hutan Pong Dode NTT yang Dijaga Warga karena Takut Kutukan

Keluarga yang Berpendidikan

Ayahnya yang bernama V. Ganatpany Ramaswamy, merupakan insinyur dan pengacara paten di perusahaan General Electric. Ganatpany juga pernah menempuh kuliah di National Institute Institute of Technology Calicut (NIT Calicut) di negara India.

Sedangkan ibunya yang bernama Geetha Ramaswamy adalah seorang psikiater geriatri dengan lulusan Mysore Medical College & Research Institute, India.

Mereka berdua menikah, lalu pergi meninggalkan negaranya dan menetap di Amerika hingga saat ini.

Kekayaannya di Usia Muda

Pada saat ini, tercatat kekayaan Vivek sangatlah fantastis. Menurut data Forbes, kekayaannya sebesar 15 Juta USD atau jika dirupiahkan mencapai 225 Miliar.

Kekayaan tersebut didapatkan dari perusahaannya di industri keuangan, farmasi dan bioteknologi. Dia juga merupakan pendiri dari Roivant Sciences perusahaan farmasi yang terkenal di sana.

Vivek pernah membuat sebuah buku dengan judul "Nation of the Victim" yang populer dan menjadi buku best seller sejak penerbitannya.

Masuknya Vivek ke Politik

Sangat kritis dan berani terhadap pemerintahan Amerika adalah sifat dari Vivek sendiri. Hal itulah yang juga mengantarkan pria berdarah India itu untuk masuk ke Perkumpulan Politik Harvard.

Dalam rangka mendalami ilmu politik lebih dalam, akhirnya dia mengambil gelar doktornya di Universitas Yale. Sejak kekayaan Vivek meningkat, dia melakukan kontribusi ke sejumlah partai di Amerika.

Vivek pernah menyumbangkan dana sebesar $2.700 di tahun 2016 ke Partai Demokrat. Ia juga secara berkala mendanai Partai Republik sebesar $30.000 pada tahun 2020 hingga 2023.

Vivek pernah berkeinginan dan mendaftar menjadi calon senat Amerika Serikat tahun 2022 di Ohio. Akan tetapi, dia mengurungkan niatnya karena sahabatnya juga mengikuti pemilihan senat tersebut dan sekarang sudah menjabat.

Kampanye Vivek Ramaswamy yang perdana dideklarasikan pada tanggal 21 Februari 2023. Sejak saat itu, namanya booming dan menjadi bahan perbincangan di internet.

Pengikutnya merupakan anak muda rentang usia 17 sampai 35 tahun yang rata-rata sudah melek teknologi. Banyak yang penasaran dengan pemilihan nanti di 2024 akan bagaimana.

Vivek dianggap membuat gebrakan baru dan mengikuti langkah 'para pendahulunya', seperti Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, yang juga merupakan keturunan India.

Kisah Bhrisco Jordy yang Menggerakkan Asa Bagi Literasi dan Pendidikan di Tanah Papua

Referensi:

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Vivek_Ramaswamy

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

FA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini