Kabar Baik, Bayi Gajah Sumatra Lahir di Taman Nasional Tesso Nilo

Kabar Baik, Bayi Gajah Sumatra Lahir di Taman Nasional Tesso Nilo
info gambar utama

Pada Kamis, 31 Agustus 2023, sekitar waktu subuh pukul 05.00 WIB, Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) menjadi saksi kelahiran seorang anak Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) yang istimewa. Anak gajah ini lahir dari induk gajah bernama Lisa, yang telah berusia 41 tahun. Kelahiran ini terjadi di camp Elephants Flying Squad SPTN Wilayah I Lubung Kembang Bunga Balai Taman Nasional Tesso Nilo, yang berlokasi di Desa Lubuk Kembang Bungo, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Bayi gajah yang baru lahir ini merupakan jenis kelamin betina, dan ia adalah anak keempat dari Gajah "Lisa". Kelahirannya merupakan hasil dari program breeding dengan gajah liar. Sebelumnya, gajah Lisa telah melahirkan tiga ekor anak gajah lainnya, yang diberi nama Imbo, Rimbani, dan Ryu.

Proses kelahiran anak gajah berlangsung dengan lancar dan normal, dengan baik induk maupun bayi dalam keadaan sehat. Untuk memastikan kesehatan mereka, tim medis dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau akan terus melakukan pemeriksaan medis secara seksama.

"Dalam kurun waktu enam tahun terakhir, Elephants Flying Squad Taman Nasional Tesso Nilo telah mengalami empat kali kelahiran anak gajah dari dua induk gajah jinak, yaitu Lisa dan Ria," ujar Heru Sutmantoro selaku Kepala Balai Taman Nasional Tesso Nilo.

Fosil Gading Gajah Purba Berusia 800.000 Tahun Ditemukan di Sragen

TN Tesso Nilo Jadi Habitat Penting

Heru juga menambahkan bahwa kelahiran-kelahiran anak gajah Sumatera di Elephants Flying Squad Taman Nasional Tesso Nilo merupakan bukti nyata tentang pentingnya kawasan hutan Taman Nasional Tesso Nilo sebagai habitat yang berkontribusi signifikan terhadap peningkatan populasi Gajah Sumatera.

"Kelahiran-kelahiran bayi gajah di elephants flying squad Taman Nasional Tesso Nilo telah meningkatkan optimisme dan semangat Taman Nasional Tesso Nilo sebagai pusat konservasi Gajah Sumatera di Riau dalam melestarikan kembali populasi Gajah Sumatera," tutur Heru.

Gajah Sumatra merupakan salah satu jenis mamalia yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018.

Balai Taman Nasional Tesso Nilo berharap bahwa kelahiran anak gajah Sumatera di Elephants Flying Squad TN Tesso Nilo akan mewujudkan visi, misi, dan tujuan pengelolaan Taman Nasional Tesso Nilo.

Dengan bertambahnya bayi gajah ini, jumlah total gajah di kamp Elephants Flying Squad TNTN kini mencapai 10 ekor, terdiri dari 4 ekor gajah dewasa, 3 ekor gajah remaja, dan 3 ekor gajah anak.

Terakhir Terlihat 1980, Dua Gajah Sumatra Kembali Muncul Di Hutan Sumbar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini