Berkenalan dengan Ikan Guppy, Ciri dan Jenis Makanannya

Berkenalan dengan Ikan Guppy, Ciri dan Jenis Makanannya
info gambar utama

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang hobi memelihara hewan terutama ikan untuk menghiasi rumah? Jika iya, kamu bisa memelihara salah satu jenis ikan yang kecil lincah dan imut satu ini. Namanya adalah Ikan Guppy.

Ikan Guppy (Poecilia reticulata) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di kalangan pecinta akuaristik. Mereka dikenal dengan sejumlah nama umum, termasuk "millionfish" dan "rainbow fish".

Memelihara ikan guppy tidaklah sulit, ini karena mereka memang termasuk jenis ikan omnivora yang bisa memakan apapun dan hidup di manapun. Bahkan di Jepang, ikan Guppy bisa hidup di saluran air seperti parit dan selokan.

Gimana? kamu tertarik untuk memeliharanya di rumah? Sebelum itu, ketahui dulu yuk ciri-ciri dan jenis makanan ikan Guppy ini. Supaya nanti tidak kesulitan dalam merawat mereka.

Ciri-ciri Ikan Guppy

  1. Dari segi ukuran: Ikan Guppy biasanya memiliki panjang sekitar 3-4 sentimeter untuk betina dan sekitar 2-3 sentimeter untuk jantan, meskipun ada variasi ukuran antara individu.
  2. Warna tubuh: Mereka memiliki berbagai warna yang cerah dan mencolok, termasuk merah, biru, kuning, hijau, dan berbagai campuran warna lainnya.
  3. Motif tubuh: Ikan guppy dicirikan memiliki motif bintik-bintik atau garis-garis yang tak beraturan dan beraneka warna. Ini menambah keunikan mereka sebagai salah satu spesies ikan hias.
  4. Bentuk tubuh: Ikan Guppy memiliki sirip yang indah dan panjang, terutama pada jantan. Sirip ekor Guppy jantan sering kali lebih besar dan lebih berwarna daripada betina. Beberapa varietas Guppy bahkan memiliki ekor yang berbentuk seperti kipas atau bendera.
  5. Ikan Guppy cenderung sangat aktif, suka berkelompok dan berenang secara terus menerus. Berbeda dengan ikan hias lain, misalnya cupang yang tenang dan pendiam. Untuk itu, kamu perlu untuk memberikan wadah / tempat hidup yang cukup agar mereka bisa aktif dan tidak mudah stress.

Jenis Makanan Ikan Guppy

Sebagai informasi, ikan Guppy termasuk dalam jenis ikan yang mampu hidup di alam liar dan ini menjadikan mereka sebagai hewan omnivora. Mereka bisa memakan hewan kecil, tumbuhan hingga ganggang.

Namun, perlu hati-hati dalam memberikan makan, karena jika terlalu banyak mereka bisa kekenyangan dan meninggal. Tapi jika terlalu sedikit, malah membuat mereka memakan apa saja yang ada di kolam / akuarium. Ini sangat membahayakan bagi pencernaannya. Berikut daftar makanan yang direkomendasikan untuk Ikan Guppy:

  1. Pelet Ikan Kecil
    Pelet ikan khusus untuk ikan Guppy tersedia dalam berbagai ukuran dan formulasi. Pilih pelet dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran mulut ikan Guppy.

  2. Hewan kecil / makanan hidup
    Ikan Guppy juga membutuhkan makanan hidup seperti artemia, cacing mikro, dan kutu air. Makanan hidup memberikan variasi dalam diet mereka dan merangsang perilaku alami seperti berburu.

  3. Serbuk Spons
    Serbuk spons adalah mikroorganisme yang bisa dijadikan makanan untuk ikan Guppy, terutama untuk Guppy fry (anak-anak ikan Guppy yang baru lahir). Serbuk spons sangat kaya nutrisi dan cocok untuk perkembangan cepat anak-anak ikan.

  4. Sayuran Segar
    Kadang-kadang, ikan Guppy juga dapat diberi makan sayuran segar yang telah dihaluskan, seperti bayam atau selada. Pastikan untuk memberikan jumlah yang kecil dan pastikan sayuran itu telah dicuci dengan baik.

  5. Makanan Kering Alternatif
    Selain pelet ikan, kamu dapat memberikan makanan kering alternatif seperti tablet tumbuhan yang mengandung spirulina atau makanan serangga kering.

Terakhir, ketika memutuskan untuk merawat ikan Guppy. Pastikan untuk selalu memonitoring kebiasaan akuarium ikan Guppy dan menghapus sisa makanan yang tidak dimakan, agar tidak menimbulkan penyakit bagi mereka.

Sumber:
https://www.gramedia.com/best-seller/budidaya-ikan-guppy/
https://petpintar.com/ikan/makanan-ikan-guppy
https://rimbakita.com/ikan-guppy/
https://www.pinhome.id/blog/ikan-hias-guppy/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini