Mengenal Hidrokarbon, Harta Karun di Afrika yang Akan Dinikmati Indonesia

Mengenal Hidrokarbon, Harta Karun di Afrika yang Akan Dinikmati Indonesia
info gambar utama

Hidrokarbon adalah salah satu wujud kekayaan alam Afrika. Apa manfaatnya hingga Indonesia bakal ikut menikmatinya?

Belum lama ini, Indonesia dan Tanzania mencapai babak baru dalam kerja sama antara kedua negara. Keduanya bersepakat untuk bersama-sama bekerja sama di bidang energi, yang mana salah satu wujudnya adalah pemanfaatan hidrokarbon yang dimiliki Tanzania.

Kesepakatan tersebut terjadi saat Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengunjungi kota Dar es Salaam pada Selasa (22/8/2023) lalu. Adapun dalam kerja sama ini, Pertamina menjadi wakil pihak Indonesia sementara Petroleum Development Company (TPDC) mewakili Tanzania.

Kedua perusahaan telah megesahkan kerja sama ini melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di mana Pertamina dan TPDC akan menggarap proyek eksplorasi hidrokarbon dan value chain; Pertukaran pengetahuan, pengalaman, data teknis, laporan & informasi di vidang hidrokarbon; serta Penjajakan area potensial untuk memberikan keuntungan bersama di subsektor minyak dan gas di Tanzania.

"Indonesia ingin meningkatkan investasi di tanzania termasuk pengelolaan Blok Gas Mnazi Bay oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia, serta pengelolaan gas alam menjadi bahan kimia dan pupuk," ujar Jokowi.

Dengan demikian, Indonesia akan ikut menikmati hidrokarbon yang terkandung di Afrika. Lantas, apa itu hidrokarbon dan apa manfaatnya?

Mengenal Biodiesel, Minyak dari Tumbuhan Pengganti Solar

Mengenal Hidrokarbon

Parning, Horale, dan Tiopan dalam Kimia 1B terbitan Yudhistira menjelaskan bahwa hidrokarbon adalah senyawa kimia yang terdiri dari unsur hidrogen dan karbon. Salah satu cirinya adalah apabila dibakar, maka akan ada gas karbon dioksida dan uap air yang tercipta.

Sumber utama hidrokarbon adalah minyak bumi dan gas alam. Sebagaimana banyak diketahui, keduanya dihasilkan dari fosil yang biasa dimanfaatkan sebagai sumber energi meski kini banyak negara telah berupaya mengurangi penggunannya dan beralih ke sumber energi yang lebih bersih dan terbarukan.

Produk yang dibuat dari pengolahan hidrokarbon banyak ditemui dan biasa dimanfaatkan manusia sehari-hari. Gas elpiji dan bensin kendaraan bermotor adalah contohnya. Pelumas kendaraan juga termasuk produk yang dibuat dari hidrokarbon.

Selain sebagai sumber energi, hidrokarbon juga banyak digunakan dalam pertanian. Salah satunya adalah pupuk urea yang mana bahan baku utamanya yakni karbon dioksida dan amoniak yang berasal dari gas alam, air dan udara.

Kemudian, hidrokarbon juga penting bagi industri petrokimia. Produk yang dihasilkan dari hidrokarbon di industri ini adalah aneka peralatan dari plastik, nilon, dan karet sintetis.

Melihat Pengolahan Minyak Klasik dan Kontemporer di Kota Bojonegoro

Referensi:

  • Parning, Horale, & Tiopan. (2006). Kimia 1B. Yudhistira.
  • https://www.esdm.go.id/en/media-center/news-archives/-sambangi-tanzania-presiden-jokowi-ingin-tingkatkan-nilai-investasi-di-bidang-energi



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini