Anti Lemot! RI Siapkan Internet Kecepatan 10 Gbps dan BTS 5G di KTT ke-43 ASEAN

Anti Lemot! RI Siapkan Internet Kecepatan 10 Gbps dan BTS 5G di KTT ke-43 ASEAN
info gambar utama

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan sejumlah infrastruktur telekomunikasi untuk mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Rabu (6/9), Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong mengatakan pihaknya telah menyiapkan jaringan internet dan frekuensi, sekaligus keamanan siber pada jaringan tersebut.

Kominfo juga melakukan komunikasi publik dengan menyediakan media center serta diseminasi informasi sehingga substansi dari penyelenggaraan KTT ASEAN bisa sampai ke masyarakat. Dalam hal ini, pihaknya menggunakan semua instrumen komunikasi publik, mulai dari media TV, radio, hingga musik.

Jaringan internet kilat

Pemerintah Indonesia memanjakan peserta KTT ASEAN dengan internet serba cepat. Media center yang menjadi pusat kerja jurnalis KTT ASEAN bahkan memiliki internet kecepatan 10 Gbps.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengungkapkan penyediaan internet kecepatan 10 Gbps itu ditujukan agar jurnalis bisa dengan cepat mengirim informasi ke negara masing-masing mengenai gelaran KTT ke-43 ASEAN.

Sementara itu, Telkomsel turut memperkuat jaringan internet dengan mengoptimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan di 2.590 BTS, menambah 149 BTS 4G/LTE, serta mengerahkan 5 BTS bergerak untuk mengantisipasi kepadatan trafik di sekitar lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.

KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Resmi Dibuka

Diliput ribuan wartawan

Usman Kansong menyebutkan setidaknya akan ada 2.500 orang wartawan yang meliput gelaran KTT ke-43 ASEAN melalui media center yang telah disiapkan Pemerintah Indonesia.

Hampir 1.800 orang tersebut dikabarkan merupakan wartawan asing. Untuk itu, Direktur Network Telkomsel Nugroho menilai konektivitas digital sangat penting untuk mendukung penyelenggaraan konferensi internasional seperti KTT ASEAN.

Selain optimalisasi jaringan internet, pihaknya pun menyediakan kartu prabayar khusus edisi KTT ASEAN 2023 bagi pengunjung dari luar negeri dengan kuota data hingga 200 GB.

Amankan KTT ASEAN, TNI AL Kerahkan 6 KRI hingga 2 Kapal Patroli Cepat

Referensi:

  • CNBC Indonesia. Peran Kominfo di KTT ASEAN 2023, Siapkan Internet 5G dan AI. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230905185653-37-469579/peran-kominfo-di-ktt-asean-2023-siapkan-internet-5g-dan-ai
  • CNBC Indonesia. Super Ngebut, Ada Internet 10 Gbps dan BTS 5G di KTT ASEAN. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230904083557-37-468753/super-ngebut-ada-internet-10-gbps-dan-bts-5g-di-ktt-asean

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini