Cerita Rakyat : Asal Usul Nama Surabaya

Cerita Rakyat : Asal Usul Nama Surabaya
info gambar utama

Kota Surabaya dikenal juga dengan nama kota pahlawan. Ibu kota provinsi Jawa Timur ini dikenal juga sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia. Orang yang tinggal di kota ini kebanyakan berasal dari suku Jawa, Tionghoa dan Madura.

Surabaya termasuk kota yang padat penduduknya. Selain itu kota ini juga menyimpan daya tarik tersendiri berupa cerita rakyat mengenai asal-usul kota Surabaya. Ingin tahu seperti apa? Simak pembahasan berikut sampai selesai agar Kawan mendapat keseluruhan insight-nya!

Cerita Rakyat : Asal Usul Nama Surabaya

Apabila diamati nama kota Surabaya berasal dari dua kata. Adapun kata tersebut adalah sura atau suro yang mempunyai arti "berani" dan baya atau boyo yang artinya "bahaya". Konon cerita rakyat yang populer mengenai asal usul nama Surabaya ini sendiri mengisahkan bila nama kota ini berasal dari pertarungan antara ikan hiu yang bernama Sura dan buaya yang bernama Baya.

Pertarungan antara keduanya dilatarbelakangi oleh perebutan wilayah. Keduanya bahkan berkelahi sangat sengit hingga menerkam dan menerjang satu sama lainnya. Nah, dalam pertarungan itulah Baya sang Buaya digigit pada pangkal ekornya oleh sang hiu.

Sebaliknya sang hiu yang bernama Sura juga mendapat gigitan dari Baya pada bagian ekor juga sampai hampir putus. Setelah perkelahian akhirnya kedua hewan tersebut terluka parah hingga membuat air di sekitarnya berwarna merah karena darah. Luka itulah yang akhirnya juga membuat keduanya berakhir tewas.

Cerita rakyat mengenai asal usul nama Surabaya mengenai ikan Sura dan Buaya baya ini sangat berkesan dan populer dikalangan Masyarakat. Oleh karenanya asal usul nama kota ini seringkali dikaitan dengan peristiwa pertarungan kedua hewan tersebut.

Bahkan kedua hewan tersebut akhirnya dijadikan simbol kota Surabaya. Jadi wajar bila landasan landmark dari kota Surabaya mempunyai ukiran patung Hiu dan Buaya. Menariknya lagi simbol ikan Hiu Sura dan Buaya Baya ini juga menjadi sebuah lambang dari keberanian para pemuda Surabaya dalam mempertahankan wilayahnya sekalipun harus menentang bahaya.

Asal Usul Kota Surabaya Berdasarkan Sejarah

Terlepas dari cerita rakyat yang populer akan asal usul kota Surabaya, pada dasarnya kota ini juga memiliki sejarah panjang yang tak terlupakan. Adapun Sejarah ini sendiri dimulai dari peristiwa pertempuran yang terjadi antara Raden Wijaya yang berasal dari Kerajaan Majapahit dan pasukan Mongol yang berasal dari Cina pada tahun 1293 lalu.

Awal mula dari pertempuran tersebut adalah saat tentara Tartar atau pasukan kekaisaran mongol yang bermaksud menghukum Raja Kertanegara. Akan tetapi pada kenyataanya raja Kertanegara sudah tewas terbunuh duluan hingga akhirnya Jayakatwanglah yang kemudian dijadikan sasaran oleh tentara Tartar tersebut.

Jayakatwang pun akhirnya juga kalah dan meninggal. Setelah itu tentara Tartar menjadi tak terkendali dan bertindak sesuka hati. Mereka menjarah harta benda dan gadis cantik yang semuanya dibawa ke Cina.

Menyaksikan kejadian tersebut akhirnya Raden Wijaya yang merupakan raja pertama Majapahit tak terima dan tak bisa tinggal diam. Bahkan Rajen Wijaya memanfaatkan kecerdasannya untuk menyerang pasukan Tartar di Pelabuhan Galuh.
Dengan berani Raden Wijaya menghadapi tentara Tartar. Pertarungan antara keduanya bahkan berlangsung sangat sengit. Kendati demikian akhirnya pertarungan dimenangkan oleh raden Wijaya.

Nah, kemenangan itulah yang akhirnya dijadikan sebagai hari jadi atau kelahiran kota Surabaya. Adapun tanggal kemenangan tersebut ialah 31 Mei. Setiap tahunnya pada tanggal tersebut kota Surabaya selalu merayakannya.

Itulah pembahasan tentang asal usul Kota Surabaya. Memang tak dapat dipungkiri jika kota yang satu ini memiliki asal-usul yang menarik. Bahkan sejarah asal usulnya juga sangat kental akan kepahlawanan yang membuatnya terkenal dengan sebutan kota pahlawan hingga saat ini.

Baca juga : Cerita Rakyat dari Riau: Bawang Merah dan Bawang Putih

Sumber:

  • https://www.mengerti.id/edukasi/pr-6645339599/cerita-rakyat-asal-usul-nama-surabaya-dan-hikmahnya-populer-di-jawa-timur
  • https://dongengceritarakyat.com/cerita-rakyat-jawa-timur-asal-usul-kota-surabaya/
  • https://www.ivoknews.com/sejarah/pr-4445911440/asal-usul-kota-surabaya-yang-harus-kamu-tahu-cerita-rakyat-jawa-timur
  • https://kabarmegapolitan.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-1744611002/cerita-rakyat-sejarah-kota-surabaya-persaingan-sura-ikan-hiu-dan-baya-buaya
  • https://www.kompasiana.com/www.theheavenoflight.com/5ffb29598ede4822807cdec2/pesan-moral-dibalik-cerita-rakyat-asal-usul-nama-surabaya
  • https://kumparan.com/berita-terkini/cerita-rakyat-asal-usul-surabaya-20sYlvmnNBa
  • https://regional.kompas.com/read/2022/06/04/225021778/asal-usul-nama-surabaya-pertarungan-sura-dan-baya?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini