KTT ke-43 ASEAN Ditutup, Keketuaan Resmi Berpindah ke Laos

KTT ke-43 ASEAN Ditutup, Keketuaan Resmi Berpindah ke Laos
info gambar utama

Konferesi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta resmi ditutup. Tongkat keketuaan ASEAN kini berpindah ke Republik Demokratik Rakyat Laos setelah Presiden RI Joko Widodo menyerahkan palu secara simbolis kepada Sonexay Siphandone, Perdana Menteri (PM) Laos.

“Kita harus menjadi nahkoda di kapal kita sendiri dan ini saatnya tongkat keketuaan diserahkan ke Laos. And now, we pass the button to Lao PDR,” ucap Jokowi dalam pidatonya sebelum penutupan, dikutip dari siaran langsung Sekretariat Kabinet.

Upacara Penutupan KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya dibuka dengan penampilan paduan suara Gita Bumi Voices yang menyanyikan lagu ASEAN Anthems. Kemudian, Jokowi berdiri di podium dan memulai pidatonya dengan memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh pemimpin serta undangan yang hadir.

Kamala Harris Akan Bangun US-ASEAN Center Pertama di Washington D.C.

Dia mengatakan, selama 3 hari ini, 12 pertemuan KTT telah terselenggara dan menghasilkan 90 outcomes documents juga sejumlah kesepakatan konkret dengan negara mitra.

“Selama pertemuan, saya mengangkap optimisme dan energi yang positif dari seluruh yang hadir. Jujur sya katakan ini menguatkan harpan ini menguatkan semangat untuk terus melajutkan perjuangan, mewujudkan kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera.,”

Jokowi mengajak semua hadirin untuk mengukuhkan kawasan Indo-Pasifik sebagai teater perdamaian dan inklusivitas. Kata dia, inilah esensi yang dibangun oleh keketuaan Indonesia, mejadikan ASEAN Matters sebagai Epicentrum of Growth. Pondasi kunci yang akan mengantarkan ASEAN ke masa depan yang lebih baik.

“Tapi, tugas kita belum selesai, pekerjaan besar ASEAN tidak mungkin selesai dalam satu keketuaaan saja. Kita akan terus menghadapi beragam dinamika dan kompleksitas tantangan global. Untuk itu, kita harus bahu-membahu, menavigasi tantangan menjadi peluang, rivalitas menjadi kolaborasi, dan eksklusifitas menjadi inklusivias,” pungkasnya.

Agenda Terakhir Jelang Penutupan KTT ke-43 ASEAN Hari Ini, 7 September 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini