Pelayanan Media Center KTT ASEAN ke-43 Diapresiasi Para Jurnalis Asing

Pelayanan Media Center KTT ASEAN ke-43 Diapresiasi Para Jurnalis Asing
info gambar utama

Jurnalis media asing memberikan pujian terhadap pelayanan yang mereka terima di Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Salah satu ungkapan apresiasi datang dari Nguyen, seorang jurnalis yang mewakili Vietnam News Agency (VNA), yang menyatakan bahwa Media Center ini telah sangat membantu dalam melaksanakan tugasnya, terutama berkat beragam fasilitas yang disediakan.

"Media Center di KTT ke-43 ASEAN ini sangat luas. Kami jadi nyaman bekerja," katanya dikutip dari keterangan tertulis.

Hamdi, seorang jurnalis dari Radio Televisi Brunei di Brunei Darussalam, juga mengungkapkan kepuasannya terhadap kecepatan internet yang tersedia di Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.

Selain fasilitas internet yang memadai, Hamdi juga menyoroti bahwa para petugas di Media Center telah memberikan pelayanan yang sangat membantu dan ramah selama acara berlangsung.

"Internet di Media Center sangat cepat dan cukup membantu pekerjaan kami," katanya.

Tak hanya itu, Kouch Vengsrun, seorang jurnalis dari Kamboja, juga mengungkapkan bahwa fasilitas yang disediakan di Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) sangat lengkap dan bahkan melebihi ekspektasinya.

Lebih lanjut, jurnalis asal Kamboja ini merasa bahwa media dan para jurnalis diperlakukan dengan istimewa dengan berbagai jenis pelayanan yang memenuhi semua kebutuhan dan memberikan akses kepada berbagai informasi yang mereka butuhkan di pusat media tersebut.

“Fasilitasnya sangat bagus, semua tertata baik. Saya sangat mengapresiasinya. Media Center ini sangat nyaman dan semua yang ada di sini sangat ramah pada kami,” ujar Kouch.

Ia juga sangat menikmati berbagai hidangan yang disajikan secara berkelanjutan, untuk mendukung kinerja awak media. Ia mengungkapkan bahwa rasa makanan di Media Center sesuai dengan selera lidahnya.

Agenda Terakhir Jelang Penutupan KTT ke-43 ASEAN Hari Ini, 7 September 2023

Fasilitas yang lengkap

Selama periode 2 hingga 8 September 2023, Media Center KTT ke-43 ASEAN menjadi pusat aktivitas jurnalis selama seminggu penuh. Fasilitas ini mampu menampung sekitar 2.500 individu sekaligus. Ruang Media Center disesuaikan dengan kehadiran sekitar 1.300 jurnalis terdaftar, dan juga menampung staf media resmi yang mendampingi delegasi KTT ke-43 ASEAN.

Menuju Media Center KTT ke-43 ASEAN, awak media dapat menggunakan layanan shuttle bus yang beroperasi dengan rute dari berbagai hotel dan halte kendaraan umum di sekitar JCC.

Seluruh fasilitas di Media Center ini beroperasi selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan para profesional media. Selain Media Center, tersedia 240 workstation komputer LAN dengan jaringan internet super cepat hingga 1,5 Gbps yang disediakan oleh Telkom.

Ada pula pusat distribusi siaran internasional yang dikhususkan untuk media, 10 stan media partner dengan kantor berukuran 5 x 3 meter, dan stan-stan khusus untuk editing audio dan video. Semua ini dirancang untuk mendukung para jurnalis dalam melaksanakan tugas mereka dengan efisien dan efektif.

Media Center ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap, termasuk studio khusus untuk wawancara satu lawan satu, kemampuan konversi siaran ke berbagai format, ruang media briefing, ruang konferensi pers yang mampu menampung hingga 300 orang dengan lima penerjemah, dua posisi untuk peliputan berdiri, serta fasilitas webcast/live streaming.

Selain itu, Media Center menyediakan media lounge yang nyaman, ruang darurat medis yang siap digunakan, dan fasilitas penyimpanan yang aman.

Selain fasilitas fisik, Media Center Kemenkominfo juga menawarkan berbagai konten seperti rilis dwibahasa, foto-foto, paket video dalam dua bahasa, siaran clean feed, buletin, sesi briefing, dan panduan teknis bagi jurnalis. Semua ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan kualitas liputan selama acara berlangsung.

Anti Lemot! RI Siapkan Internet Kecepatan 10 Gbps dan BTS 5G di KTT ke-43 ASEAN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini