Go Internasional, Pertamina Bawa Oli Kelas Dunia ke Pasar Afrika

Go Internasional, Pertamina Bawa Oli Kelas Dunia ke Pasar Afrika
info gambar utama

PT Pertamina Lubricants memperkuat keberadaannya di industri global dengan memperluas pangsa pasar hingga ke Afrika. Sejak 2014, anak usaha PT Pertamina ini meneruskan misi go-internasional dengan memboyong bermacam produk oli kelas dunia ke Afrika Selatan, seperti Fastron, Enduro, Meditran, hingga Mesran.

VP Sales Overseas Pertamina Lubricants Syafaat Jajuli mengungkapkan, pihaknya terus mengembangkan strategi kemitraan dengan berbagai jaringan toko suku cadang yang memiliki ratusan gerai di seluruh wilayah Afrika Selatan. Tak hanya itu, dia bersama timnya turut membangun jaringan bengkel own-channel Pertamina Lubricants.

“Kami juga melakukan sponsorship ke berbagai event motorsport di Killarney International Raceway yang kerap menjadi area balap motocross, karting, drag race, dan truck race,” terang Syafaat dalam siaran pers yang diterima GNFI, Kamis (7/9/2023).

Pertamina Pasok Oli Mobil Balap Lamborghini Squadra Corse hingga 2025

Dia menyebut strategi untuk masuk ke pasar Afrika sebagai bagian dari rencana jangka panjang Pertamina Lubricants dalam pengembangan pasar luar negeri. Salah satu caranya dengan membangun hubungan distributor yang kuat melalui country distributor Indolube Pty Ltd.

Dengan oli berkualitas dunia, tambah dia, Pertamina Lubricants memiliki pengalaman, kompetensi dan kapabilitas untuk masuk dan tumbuh di 14 negara lainnya di dunia. Beberapa di antaranya: Australia, Thailand, Bangladesh, Jepang, Myanmar, dan masih banyak lagi.

“Hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk terus berekspansi dan semakin go global,” imbuhnya.

Afrika memiliki peluang bisnis yang cocok serta dibutuhkan oleh Pertamina. Itulah yang mendorong holding BUMN ini memberikan peluang kerja sama yang saling menguntungkan. Menurut Mordor Intelligence, potensi pertumbuhan industri oli di benua Afrika masih tinggi dan diprediksi akan meningkat 4 persen atau naik menjadi 1,24 miliar liter pada 2026.

Gandeng Perusahaan Afrika, Pertamina Kembangkan Panas Bumi di Kenya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini