Berburu Kuliner dan Pernak-pernik ala Pasar Senggol di Kota Cologne, Jerman

Berburu Kuliner dan Pernak-pernik ala Pasar Senggol di Kota Cologne, Jerman
info gambar utama

Kota Cologne di Jerman, mendadak kental dengan suasana Indonesia pada Sabtu (9/9/2023). Hadirnya jajaran stand yang menjajakan berbagai produk khas Nusantara, seakan membawa pengunjung ke suasana pasar senggol yang ada di Indonesia.

Dilansir dari Antara, Selasa (12/9), “Pasar Senggol” itu merupakan perayaan tahunan yang digelar oleh Konsulat Jenderal RI Frankfurt dan lembaga persahabatan Indonesia-Jerman (Deutsch Indonesische Gesellschaft-DIG).

Adapun tujuan dari perhelatan yang diadakan di kawasan Alte Feuerwache dan Sudirman Platz Cologne tersebut adalah untuk mendekatkan warga Indonesia dengan masyarakat jerman sekaligus mempromosikan budaya Tanah Air.

Hadirkan kuliner dan kerajinan tangan

Pasar Senggol Cologne menghadirkan beragam seni dan budaya Nusantara. Kerajinan ukir kayu, anyaman bambu, dan aksesori dengan tema daerah di Indonesia juga tak ketinggalan mejeng dalam gelaran tersebut.

Selain itu, beberapa stand dikabarkan menggugah selera dengan berbagai kuliner khas Tanah Air seperti bakso, soto, nasi padang, nasi campur Bali, dan es cendol yang dijualnya.

“Acara ini memang selalu diwarnai dengan pertunjukan, bazar makanan, dan kerajinan asli Indonesia. Semua lengkap tersaji di sini dan dapat terlihat bahwa antusiasme masyarakat dari kedua negara sahabat besar sekali.” kata Plt. KJRI Frankfurt Toary Fransiskus Worang.

Kemeriahan Pasar Malam yang Menghibur Masyarakat dari Zaman Belanda

Mendapatkan respons positif

Toary mengungkapkan perhelatan “Pasar Senggol” di Cologne yang diadakan setiap tahun selalu mendapatkan respons positif, baik dari diaspora Indonesia yang ada di jerman maupun warga Jerman itu sendiri.

Pihaknya juga menekankan pentingnya menumbuhkan pemahaman dan kerja sama antarnegara. Pasar Senggol Cologne ini menjadi pengingat akan kekuatan diplomasi budaya dalam membangun persahabatan, toleransi, dan sikap saling menghormati.

Setidaknya 500 pengunjung dikabarkan memadati area pasar itu. Hal ini menjadi wujud kuatnya pertukaran budaya dalam menjalin hubungan dan membangun dunia yang lebih beragam, namun tetap inklusif.

Melepas Rindu Kampung Halaman di Pasar Rakyat Brunei Darussalam

Referensi:

Antara. Gelaran Pasar Senggol Koln Jadi Ajang Promosi Budaya Indonesia. https://www.antaranews.com/berita/3719652/gelaran-pasar-senggol-koln-jadi-ajang-promosi-budaya-indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini