5 Contoh Batik Bermotif Burung dari Berbagai Daerah di Indonesia

5 Contoh Batik Bermotif Burung dari Berbagai Daerah di Indonesia
info gambar utama

Batik memiliki banyak motif yang kaya akan makna. Motif-motif ini mencerminkan kekayaan budaya dan sejarah Indonesia. Salah satu motif yang cukup populer adalah batik bermotif burung. Batik ini sering kali digunakan sebagai pakaian tradisional, sarung, baju kurung, kain hiasan, hingga upacara adat.

Motif burung dalam kain batik menggambarkan berbagai jenis burung yang memiliki makna atau simbol tertentu dalam kebudayaan Indonesia. Motif ini memiliki bentuk sayap-sayap yang indah. Berikut ini daftar contoh batik bermotif burung dari berbagai daerah di Indonesia.

Batik Motif Burung Cendrawasih

Batik burung cendrawasih

Batik motif burung Cendrawasih ini berasal dari Papua dan merupakan identitas masyarakat Papua dan Papua Barat.

Burung Cendrawasih dianggap sebagai burung surga yang menghubungkan kehidupan bumi dengan surga. Selain batik, Papua Barat juga dikenal memiliki tradisi pembuatan tas Noken multifungsi yang menjadi Warisan Budaya Takbenda UNESCO pada tahun 2012.

Baca juga : 5 Motif Batik Papua, Coraknya Yang Khas Kian Diminati Hingga Ke Mancanegara

Batik Motif Burung Merak Kasmaran

Batik motif burung merak kasmaran

Burung merak atau peacock merupakan salah satu jenis burung yang menampilkan keindahan sayapnya. Kepala atau mahkota burung merak sering kali dianggap sebagai kebajikan, sayapnya adalah tanggung jawab, punggung adalah perbuatan baik, dada adalah kemanusiaan, dan perut melambangkan sifat terpercaya.

Dalam kebudayaan Indonesia, burung merak memiliki simbol keindahan sehingga dijadikan motif dalam karya yang melambangkan cinta kasih dan kebaikan, salah satunya adalah motif burung merak kasmaran.

Batik motif burung merak kasmaran terdapat gambar sepasang burung merak dengan ekornya yang menjuntai, mereka berdua bercengkrama di atas dahan mungil untuk saling melindungi dan mencintai. Motif burung yang satu ini sangat melambangkan arti kedamaian dalam hati.

Batik Motif Burung Hong

Batik Burung Hong

Burung hong atau yang sering kali disamakan dengan burung phoenix merupakan penyeimbang naga dalam mitologi China. Naga menggambarkan kaisar yang perkasa dan burung hong adalah permaisurinya yang lembut. Keduanya bagaikan simbol Yin dan Yang karena diciptakan untuk berpasangan. Batik bermotif burung hong memiliki makna kebahagiaan dalam rumah tangga dan kelanggengan dalam berpasangan, layaknya hong dan sang naga.

Selain itu, dalam kepercayaan Jawa kuno, burung hong adalah menjadi simbol penolak bala.

Batik burung hong biasanya memiliki bentuk stilasi yang bergaris-garis dengan gambar burung hong yang hadir dalam beberapa warna.

Burung hong berwarna hitam biasanya digambarkan sebagai simbol kesetiaan, merah yang melambangkan keberanian, putih yang melambangkan kejujuran, hijau menggambarkan keadilan, dan kuning sebagai simbol kemurahan hati.

Batik Motif Burung Enggang

Batik Motif Enggang

Masyarakat suku Dayak Kalimantan sangat erat kaitannya dengan burung enggang. Burung ini sangat sering tampil di cerita rakyat masyarakat Dayak. Masyarakat setempat meyakini bahwa burung enggang merupakan panglima di antara para burung. Ia memiliki kekuatan supernatural yang membuatnya muncul hanya saat berperang.

Di Kalimantan, burung enggang dianggap sakral dan dilarang untuk diburu oleh masyarakat. Burung ini juga dijadikan sebagai motif batik oleh masyarakat Kalimantan. Motif burung enggang melambangkan kedekatan masyarakat Dayak dengan alam Indonesia.

Setiap bagian tubuh burung enggang ini melambangkan keagungan suku dayak, perdamaian, dan persatuan. Selain itu, sayapnya melambangkan seorang pemimpin yang melindungi rakyatnya, dan ekornya yang panjang melambangkan tanda-tanda kemakmuran.

Baca juga : Yuk Kenali Motif Batik Kalimantan dan Filosofinya!

Batik Motif Burung Elang

Batik Motif Elang

Burung Elang memiliki karakter yang kuat dibandingkan burung lainnya. Elang juga merupakan burung yang sangat fokus dengan tujuan saat menyergap mangsanya. Ia sangat percaya diri dengan kemampuannya, sangat mandiri, dan mampu mengatasi masalah, Motif burung elang dengan kepakan sayap yang lebar dan sorot mata yang tajam ini melambangkan kegagahan dan keberanian.

Nah, itu dia lima contoh batik bermotif burung dari berbagai daerah di Indonesia. Setiap motif burung dalam batik ini memiliki makna dan arti yang berbeda tergantung budaya di berbagai wilayah Indonesia.

Referensi:

https://www.iwarebatik.org/burung-cendrawasih-agr/?lang=id

https://www.infobatik.com/batik-indonesia-motif-elang/

https://kumparan.com/berita-update/makna-motif-burung-hong-pada-batik-dan-penjelasannya-1wdUryq8cr3

https://www.karyakreatifindonesia.co.id/umkm/alfa-shoofa/26392

https://www.iwarebatik.org/enggang-dayak-suc/?lang=id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Zihan Berliana Ram Ghani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Zihan Berliana Ram Ghani.

ZG
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini